Cara Mengedit Penilaian di e-Rapor SMK

Cara Mengedit Penilaian di e-Rapor SMK. Sobat admin semua, penilaian adalah aspek penting dalam pengelolaan pendidikan. Penilaian ini menjadi dasar penetuan tingkat ketuntasan proses pembelajaran yanag dilakukan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Dalam e-Rapor SMK, penilaian menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Sebab pada dasarnya penilaian menjadi inti dari adanya aplikasi ini. Seorang guru atau admin e-Rapor SMK harus bisa mengelola data penilaian dengan benar. Sehingga rapor yang nanti dicetak bisa sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ada 3 jenis penilaian yang ada di dalam e-Rapor SMK. Ketiganya adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan. Kesemua penilaian ini dibentuk untuk dapat memperoleh hasil penilaian menyeluruh mengenai kemampuan peserta didik.

Cara Mengedit Penilaian di e-Rapor SMK

Agar para guru dan admin bisa mengelola penilaian di e-Rapor SMK dengan benar. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas satu per satu mengenai jenis-jenis penilaian tersebut. Simaklah baik-baik:


A. Penilaian Sikap Peserta Didik


Penilaian Sikap peserta didik adalah penilaian terhadap tingkah laku atau akhlak setiap peserta didik selama berada di dalam maupun di luar kelas. Penilaian sikap ini dilihat dari kebiasaan masing-masing peserta didik

Pada jenis penilaian sikap, di dalam aplikasi e-rapor versi awal ini hanya bisa mengakomodir penilaian sikap utama saja yaitu melalui observasi. Masing-masing guru bisa melakukan penilaian sikap pada seluruh peserta didik dengan menggunakan jurnal sikap yang tersedika di dalam aplikasi e-Rapor SMK.

Apabila anda ingin menambah atau melakukan pengeditan terhadap penilaian sikap, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik Menu Penilaian-Penilaian sikap di halaman utama e-Rapor SMK

2. Di halaman daftar penilaian sikap nanti akan muncul seluruh daftar penilaian sikap yang sudah pernah dilakukan oleh para user atau pengguna.

3. Klik Tombol Tambah Data, fungsinya agar guru bisa melakukan penambahan terhadap data penilaian.

4. Selanjutnya peserta didik sesuai dengan rombel masing-masing kemudian Klik Tambah Data.

5. Silahkan isi kolom Tanggal Kejadian, pilihan butir sikap dan catatan perilaku.

6. Klik tombo simpan untuk menyimpan perubahan.


B. Penilaian Pengetahuan Peserta Didik


Penilaian Pengetahuan adalah penilaian terhadap pengetahuan peserta didik mengenai materi pelajaran yang diberikan selama proses pembelajaran di kelas. Penilaian ini menyangkut semua mapel yang diajarkan oleh guru.

Untuk melakukan penambahan dan pengeditan terhadap penilaian pengetahuan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Klik Menu Penilaian-Penilaian Pengetahuan di halaman utama e-Rapor SMK.

2. Penilaian pengatahuan dari guru bisa dilakukan dengan cara memilik aktivitas sesuai dengan rombongan belajar masing-masing.

3. Para Guru harus melakukan penilaian pengetahuan sesuai dengan kompetensi dasar.

4. Nilai yang dimasukkan di dalam penilaian pengetahuan adalah rentang 0-100 tanpa ada koma.

5. Nilai jumlah atau total per penilaian akan dihitung berdasarkan dengan rerata nilai-nilai pada kompetensi dasar.

6. Lakukan penilaian per aktivitas penilaian.

7. Klik Tombol Simpan untuk menyimpan data penilaian pengetahuan.

C. Penilaian Keterampilan Peserta Didik


Penilaian Ketrampilan adalah penilaian terhadap kemampuan skil peserta didik. Skil yang dimiliki peserta didik adalah bagian dari proses pembelajaran yang perlu dinilai dengan obyektif dan terencana.

Untuk melakukan pnambahan dan pengeditan terhadap penilaian keterampilan, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Klik Menu Penilaian-Penilaian Keterampilan di halaman utama e-Rapor SMK.

2. Penilaian keterampilan dari guru bisa dilakukan dengan cara memilih aktivitas penilaian berdasarkan rombongan belajar masing-masing.

3. Guru melakukan penilaian ketrampilan berdasarkan kompetensi dasar yang ditetapkan.

4. Nilai yang dimasukkan dalam penilaian ketrampilan adalah n rentang 0-100 tanpa ada koma.

5. Lakukan penilaian ketrampilan per aktivitas penilaian.

6. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data penilaian ketrampilan.

D. Deskripsi Setiap Mata Pelajaran


Usai para guru melakukan entri terhadap data penilaian, selanjutnya mereka harus mengentri data deskripsi per mata pelajaran. Deskripsi per mata pelajaran adalah salah satu sarana yang bisa digunakan guru untuk memberikan penjelasan tentang kompetensi dasar (KD) apa yang paling menonjol pengusaannya dari peserta didik serta kompetensi dasar apa yang perlu segera ditingkatkan penguasaannya (artinya paling rendah tingkat pemcapaiannya).

Agar bisa mengetahui penguasaan kompetensi apa saja yang paling bagus dari peserta didik, sistem e-Rapor SMK akan memberikan sebuah opsi bantuan pada guru untuk menulis deskripsi tersebut. Opsi bantuan ini tak hanya bisa digunakan untuk sekedar menyalin dari aplikasi saja melainkan juga sebagai referensi awal dalam melakukan penyusunan terhadap deskripsi per individu peserta didik yang lebih sederhana.

Untuk melakukan penambahan dan pengeditan terhadap deskripsi per mata pelajaran, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Menu Penilaian-Deskripsi Per Mapel di halaman utama aplikasi e-Rapor SMK.

2. Deskripsi per mata pelajaran dari guru bisa dilakukan dengan memilih rombongan belajar masing-masing.

3. Klik Tombol Lamu yang berada di samping deskripsi pengetahuan agar guru bisa memperoleh referensi deskripsi.

4. Masukkanla deskripsi per Mata Pelajarn.

5. Klik Tombol Simpan


EmoticonEmoticon