Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta


Sobat proktor Ujian Nasiobal Berbasis Komputer (UNBK), kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta.

Panduan ini sangat penting karena mengatur tentang bagaimana prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan oleh para peserta selama mengikuti UNBK.

Tentu apabila tidak diberikan panduan, para peserta ujian akan kebingungan mengoperasikan dan menjawab soal-soal yang tersedia di dalam komputer.

Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta


Sebab UNBK sangat berbeda dengan Ujian Berbasis Kertas dan Pensil. Selain harus memikirkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan, peserta ujian juga harus mampu mengoperasikan komputer.

Untuk itu, sebelum mengikuti UNBK para peserta didik perlu dipersiapkan sebaik mungkin supaya mereka siap dan menguasai secara teknis pelaksanaan UNBK.

Maka di sini saya akan membantu anda untuk menjelaskan tentang Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta.

Peserta dengan memakai komputer dari klient pada jaringan lokal akan diarahkan untuk bisa mengakses server lokal melalui aplikasi EXamBrowser, sebuah web browser khusus untuk pelaksanaan ujian.

Berikut ini adalah tahap-tahap persiapan pada komputer klient yang akan dipakai untuk UNBK secara Offline:

1. Menggandakan  EXamBrowser ke  semua komputer peserta ujian (EXamBrowser didapatkan dari folder prequisites, silahkan anda ektrak dahulu sampai menjadi 1 folder ). Pilihlah berbasis windows khusus untuk klient OS windows.

2. Silahkan laukan instalasi framework dot net sesuai OS di komputer peserta ujian

3. Atur Setting EXambrowser sesuai petunjuk (Silahkan baca pada artikel terkait di bawah ini

Baca juga: Cara Instalasi Client dan Xambro UNBK

4. Selanjutnya silahkan jalankan ExamBrowser tersebut

5. Usai  EXamBrowser  berhasil dijalankan maka  akan  muncul sebuah  laman  login UNBK. Masukkan data username dan password anda.

6. Sesudah  peserta  ujian memasukkan  username-password masing-masing,  peserta  akan diminta untuk mengklik tombol log in berwarna hijau agar bisa masuk menuju ke laman tes selanjutnya.

7. Apabila  peserta  ujian gagal  melakukan login  dikarenakan salah  dalam mememasukkan  password,  maka username peserta ujian tersebut harus di reset ulang terlebih dahulu agar dapat melakukan login kembali

8. Apabila peserta ujian berhasil melakukan login, maka ia akan di bawa masuk ke sebuah laman Informasi tentang Peserta Tes. Laman tentang Informasi Peserta Tes ini berisikan identitas dan informasi mengenai pelajaran yang akan dikerjakan oleh peserta ujian. Adapun informasi data peserta yang akan tampil meliputi, Kode NIK, Nama Peserta, Jenis Kelamin, Mata Ujian dan Token. (Minta token kepada proktor UNBK)

9. Sesudah para peserta memasukkan token ujian yang diperolehnya dari proktor silahkan kemudian klik tombol Submit di bagian pojok kanan bawah yang berwarna hijau. Maka  peserta ujian selanjutnya akan masuk menuju ke laman Konfirmasi Tes.

10. Laman Konfirmasi Tes berisikan data informasi tes yang akan dikerjakan oleh peserta ujian

11. Sesudah peserta ujian mengecek dan memastikan informasi tes di laman Konfirmasi Tes telah valis, peserta ujian selanjutnya harus klik tombol Mulai dan memasukkan ke laman soal tes. Seperti yang bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta


12. Sesudah  peserta  ujian masuk  ke  dalam laman  tes,  waktu  tes  akan secara otomatis mulai  berjalan, peserta ujian bisa melihat Waktu Sisa dari subtes yang anda kerjakan nanti.

13. Di bagian  kanan  terdapat  sebuah thumbnail  di mana  peserta  ujian  berpindah pindah ke soal-soal yang lainnya.

14. Waktu tes akan berhenti ketika peserta ujian loading pindah ke laman soal tes dan akan berjalan kembali secara normal saat berhasil masuk ke dalam laman soal tes berikutnya.

15. Untuk menjawab soal yang ada, peserta tes bisa menggunakan mouse atau dengan menekan tombol keyboard A, B, C, D, atau E.

16. Apabila peserta ujian ingin mengakhiri pelaksanaan tes kendati waktu tes masih ada, maka peserta ujian harus melakukan klik tombol selesai pada soal terakhir dan mengkonfirmasi notifikasi untuk mengakhiri tes dengan memberikan tanda Checklis.

17. Apabila peserta ujian belum selesai mengerjakan tes, Namun waktu telah habis, maka otomatis laman soal tes tersebut akan tertutup dan akan masuk menuju ke laman ucapan terima kasih.

Baca juga: Jumlah Soal dan Alokasi Waktu UN Tahun 2017

Tata Tertib Peserta UNBK


Selama mengikuti proses UNBK, peserta ujian harus menaati semua tata tertib yang sudah ditentukan. Sebisa mungkin jangan sampai melanggar satu pun aturan yang ada. Sebab hal itu dapat berakibat fatal.

Adapun Tata Tertib Peserta UNBK adalah sebagai berikut:

A. Kewajiban Peserta UNBK


Kewajiban peserta UNBK adalah sejumlah hal atau aktivitas yang harus dilakukan peserta ujian selama pelaksanaan UNBK berlangsung.

Adapun Kewajiban Peserta UNBK adalah sebagai berikut:

1.  Memasuki  ruangan UNBK  sesudah perangkat ujian sudah dipersiapkan oleh teknisi dan proktor/pengawas,  peserta harus masuk ke dalam ruangan secara tertib dan teratur.

2.  Bagi peserta ujian yang terlambat hadir hanya diperbolehkan mengikuti proses Ujian  sesudah memperoleh izin dari proktor sekolah pelaksana UNBK, tanpa diberikan perpanjangan waktu khusus.

3.  Peserta ujian dilarang  membawa  alat  komunikasi  elektronik  (dalam bentuk apapun) dan  kalkulator  ke dalam ruang ujian.

4.  Apabila peserta ujian membawa berbagai kelengkapan seperti buku, tas, dan catatan dalam bentuk apapun juga maka harus dikumpulkan di dalam ruang kelas pada bagian depan.

5.  Peserta ujian membawa alat tulis dan kartu tanda peserta ujian offline masing-masing.

6.  Peserta ujian harus mengisi   daftar   hadir   dengan   menggunakan   pulpen atau bolpoin   yang disediakan oleh para Pengawas ruangan ujian.

7.  Peserta ujian mulai mengerjakan soal sesudah memasukkan TOKEN UJIAN.

8.  Selama proses Ujian Offline sedang berlangsung, peserta Ujian  hanya bisa meninggalkan ruangan setelah mendapatkan izin dan pengawasan dari Proktor setempat.

9.  Peserta ujian yang meninggalkan ruangan sesudah memasukkan TOKEN UJIAN dan tidak segera kembali lagi sampai batas waktu tes berakhir, maka akan dinyatakan telah selesai menempuh atau mengikuti Ujian pada mata pelajaran yang terkait.

10. Peserta Ujian yang sudah selesai mengerjakan soal sebelum batas waktu ujian berakhit, diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan ujian.

11. Peserta Ujian harus berhenti mengerjakan soal sesudah waktu ujian dinyatakan berakhir.

12. Selama Ujian sednag berlangsung, para peserta Ujian dilarang keras:

a. Menanyakan jawaban soal ujian kepada siapa pun.

b. Bekerjasama dengan peserta lain untuk menjawab soal ujian.

c. Memberi atau menerima bantuan dari siapapun dalam menjawab soal ujian.

d. Memperlihatkan pekerjaan sendiri (jawaban) kepada peserta lain atau melihat pekerjaan (jawaban) dari peserta lain.

e. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain untuk mengerjakan soal ujian.

Semua Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta harus dipahami dengan benar oleh para peserta ujian. Jangan sampai karena ketidaktahuan, mereka tidak bisa maksimal dalam mengikuti UNBK.

Di sinilah peran panitia UNBK tingkat sekolah sangat diperlukan. Mereka perlu melakukan sejak jau-jauh haru mengenai Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta tersebut. Supaya dalam pelaksanaanya nanti bisa berjalan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Panduan Pelaksanaan UNBK untuk Peserta"

  1. Bagaimana jika tidak memberi tanda checklist pada notifikasi mengakhiri tes? Apakah jawabannya masih bisa terbaca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya belum pernah nyoba. Tp lebih baik ikuti pedoman yg ada saja

      Hapus
  2. Bagaimana jika tidak memberi tanda checklist pada notifikasi mengakhiri tes? Apakah jawabannya masih bisa terbaca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya belum pernah nyoba. Tp lebih baik ikuti pedoman yg ada saja

      Hapus