Panduan Penggunaan Aplikasi Vicon Cisco Webex SMK


Sobat sekalian, sudah tahukah anda bahwa Ditjen PSMK telah mengeluarkan sebuah buku panduan mengnai penggunaan Aplikasi Vicon Cisco Webex? Apabila sobat belum tahu segeralah buka website psmk segera.

Bagi sebagian kalangan, Aplikasi Vicon Cisco Webex memang terasa asing didengar. Aplikasi ini memang terhitung baru digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah melakukan pelatihan mengenai Aplikasi Vicon Cisco Webex pada Senin, 8 Agustus 2016 lalu.

Pelatihan yang diikut oleh semua Unit Utama di lingkungan Kemendikbud berutujuan untuk pengenalan terhadap salah satu apalikasi yang bisa digunakan untuk melakukan Video Conference.

Anda sekalian pasti masih bertanya-tanya, apa sih yang dinamakan Aplikasi Vicon Cisco Webex itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simaklah penjelasan ini baik-baik.

Panduan Penggunaan Aplikasi Vicon Cisco Webex SMK

Apa itu Aplikasi Vicon Cisco Webex?


Aplikasi Vicon Cisco Webex adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan video conference yang berbasis website service.

Para pengguna (user) nantinya dapat melakukan kegiata teleconference hanya dengan mengunjungi website Cisco Webex di alamat https://www.webex.com/

Aplikasi Vicon Cisco Webex menyediakan layanan yang cukup bagus, anda bisa melakukan video conference hingga 100 orang dalam sebuah pertemuan, membagikan berbagai macam file hingga melakukan perekaman terhadap jalannya pertemuan.

Fitur yang terdapat dalam Aplikasi Vicon Cisco Webex ini bisa dikombinasikan dengan audio, gambar, video. Hal ini menjadikan sebuah jarak tak menjadi masalah lagi untuk melakukan tatap muka, kapanpun dan di manapun.

Satu lagi kelebiha Aplikasi Vicon Cisco Webex adalah bisa diintegrasikan dengan handpone dan telepon yang dihubungkan dengan tampilan layar komputer.


Syarat Menggunakan Aplikasi Vicon Cisco Webex


Ada beberapa hal yang harus anda penuhi jika ingin melakukan Video Conference menggunakan Aplikasi Vicon Cisco Webex. Adapun syarat-syarat tersebu adalah:

1. Mempunyai petugas Operator Video Conference (ia harus bisa mengoprasikan komputer dan internet)

2. Mumpunyai sebuah ruangan khusus Video untuk melakukan Conference (alat yang digunakan tidak boleh dipindah-pindah)

3. Mempunyao Koneksi Internet yang bagus, minimal 512 Kbps

4. Memilik sebuah nomor WhatsApp yang aktif (diperlukan untuk melakukan koordinasi PSMK dengan sekolah)

5. Memiliki sebuah alamat email yang masih aktif

6. Mempunyai sebuah Personal Komputer/Notebook/Laptop

7. Mempunya sebuah Webcame, speaker eksternal dan Microphone untuk digunakan komunikasi selama mengikut video conference


Fitur Utama yang Harus Dikuasai


Supaya proses video conference berjalan dengan lancar, anda harus menguasai beberapa fitur utama dalam Aplikasi Vicon Cisco Webex, yaitu:

1. Fitur Join atau Bergabung ke Aplikasi Vicon Cisco Webex

2. Mengaktifkan Fitur Audio

3. Mengakktifkan Kamera

4. Melakukan Mute/Unmute terhadap Microphone yang digunakan

5. Menguasai Fitur Chat, yang digunakan untuk urutan bertanya

Bergabung/Join Ke Aplikasi Webex


Untuk bergabung ke dalam Aplikasi Webex, anda bisa melakukan dua cara. Anda bisa memilih salah satu di antaranya, yang terpenting adalah anda benar-benar menguasainya.

A. CaraBergabung Aplikasi Webex dengan Menggunakan Number Meeting


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah Aplikasi Web browser Google Crome

2. Masukkan alamat webex pada jendela web browser Google Chrome tersebut (www.webex.com)

3. Klik Menu “Join” yang berada di kanan atas. Fungsinya untuk bergabung ke aplikasi

4. Masukan data Number Meeting dan Password yang telah diberikan oleh admin dari PSMK. Ada 4 data yang harus anda isi, yaitu Number Meeting, Nama SMK, Email dan Password. Isi semua data dengan benar. Kemudian klik tombol Join di bawahnya.

Data Number meeting dan password nantinya akan diberikan oleh admin dari PSMK melalui sebuah Grup WhatsApp dan grup Facebook yang bernama Vicon SMK Rujukan Nasional anda bisa mencarinya sendiri grup facebook ini.

Perlu anda diketahui bahwanya setiap data number meeting yang nanti diberikan akan selalu berbeda di masing-masing sesi video conference yang akan dilakukan.

5. Kemudian Install plugin cisco webex, caranya dengan klik Klik “Add WebEx to Chrome”

6. Klik sebuah menu yang bertuliskan “Tambahkan ekstensi”, ini dilakukan untuk menambahkan sebuah plugin cisco webex

7. Selanjutnya masuklah ke dalam Area Room Video Conference

8. Area Room Video Conference selanjutnya siap digunakan

B. Cara Bergabung Aplikasi Webex dengan Menggunakan “Link Room Webex”


Dengan cara yang kedua ini, nantinya admin dari PSMK akan memberikan sebuah link room webex, misalkan link tersebut adalah sebagai berikut:  https://apj27.webex.com/apj27/j.php?MTID=m4f5f69f888821e9ef045f1a84f3c9752 maka tahap selanjutnya anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Bukalah aplikasi web browser Google Chrome di PC anda

2. Salin link room webex tadi ke jendela web browser Google Chrome tadi

3. Masukanlah data nama dan email SMK anda

4. Masuklah ke dalam Room Video Conference

5. Selesai, Area Room Video Conference siap digunakan

Cara Mengaktifkan Audio Aplikasi Webex


Ketika anda berada di dalam room video conference, menu audio wajib diaktifkan agar bisa melakukan komunikasi dengan para peserta lain. Menu audio ini memiliki dua fitur utama yaitu speaker fungsinya untuk mendengarkan (output) suara yang berasal dari peserta lain. Serta fitur microphone fungsinya untuk masukan (input) suara atau berbicara yang bisa di dengarkan oleh para peserta lain.

1. Cara mengaktifkan Audio Video Conference di Aplikasi Webex adalah: di tampilan Area Room Video Conferen Klik menu Quick Start > selanjutnya pilih Call Using Computer

2. Cara Mengatur Speaker dan Microphone Video Conference, yaitu  Klik Menu Audio > Klik Tombol Computer Audio Settings

Cara Mengaktifkan Kamera Aplikas Webex


Ketika melakukan aktivitas video conference anda harus menggunakan kamera ekternal, tentunya yang memiliki kualitas bagus sehingga bisa dilihat secara jelas oleh peserta lainnya. Caranya mengaktifkannya, anda tinggal klik Ikon Kamera yang berada di sebelah kanan atas. Secara otomatis kamera akan aktif.

Saat kegiatan video conference berlangsung, kamera yang anda gunakan harus diaktifkan, dan video yang muncul harus terlihat dalam satu ruangan video conference (jangan hanya terlihat muka pesertannya saja).

Maka dari itu, gunakanlah kamera eksternal yang memiliki kualitas bagus standar video conference yang bisa menjangkau satu ruangan penuh dan dapat berputar sampai dengan 180 derajat. Tujuananya agar setiap orang yang berada dalam satu ruangan bisa terlihat dan dijangkau oleh satu kamera di depan. Tanpa harus anda berpindah-pindah tempat.

Cara Mute dan Unmute Aplikasi Webex


Fitur microphone aplikasi webex adalah fungsi yang paling penting dalam melakukan video conference. Sebab digunakan oleh peserta dengan narasumber untuk melakukan komunikasi.

Fitur Microphone ditandai dengan ikon mic yang berada di bawah gambar vide anda.

Mute maksudnya adalah Microphone tidak aktif. Sedangkan Unmute maksudnya adalah Microphone aktif.

Ketika video conference sedang berlangsung, seorang Host (Admin) akan bertindak sebagai moderator. Ia bertugas mengatur jalannya proses video conference. Apabila Host menyuruh agar microphone di “mute” maka para peserta wajib mute microphone dan juga sebaliknya.

Menggunakan Fitur Chat Aplikasi Webex


Saat anda sedan video conference, seorang Host/moderator akan memberikan sebuah sesi tanya jawab.  Untuk bertanya, anda harus menuliskan nama SMK anda di fitur Chat. Setiap kesempatan bertanya didasarkan pada urutan nama SMK yang telah muncul pada fitur chat.

Fitur chat ini ditandai dengan ikon surat yang berada di bagian kanan atas Aplikasi Webex.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penggunaan Aplikasi Vicon Cisco Webex SMK"

Posting Komentar