Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017


Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017 - Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2016/2017 akan dimulai pada awal bulan april mendatang. Berbagai persiapan harus segera dilakukan oleh stakeholder sekolah untuk menyambut dan menyukseskan pelaksanaan “hajatan” tahunan pendidikan nasional ini.

Seperti yang anda ketahui, UN adalah sebuah kegiatan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada beberapa mata pelajaran tertentu yang dilakukan secara rasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Semua sekolah di Indonesia, mulai dari jenjang SMP dan SMA sederajat wajib mengikuti UN. Terlepas dari adanya pro kontra pelaksanaanya, nyatanya UN masih menjadi media untuk melakukan penilaian pendidikan dalam skala nasional.

Pastinya semua sekolah mengingkan agar proses UN berlangsung dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. Maka dari itu perlu dilakukan persiapan sejak dini mungkin.

Supaya persiapan UN yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan terstruktur, maka para panitia UN di tingkat sekolah harus mengetahui Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017.

Tanggal-tanggal yang dimaksud tersebut berkaitan dengan berbagai tahap persiapan, pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan UN berlangsung.

Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017


Perlu anda semuanya tahu bahwa tanggal pelaksanaan UN hanya salah satu bagian dari sekian banyak tahapan yang harus dilalui oleh sekolah.

Berbagai tahapan tersebut mulai dari mempersiapkan data administrasi peserta ujian, simulasi pelaksanaan UN sampai dengan waktu pengiriman jawaban soal UN kepada panitia di tingkat pusat.

Tanggal-tanggal Penting yang berkaitan dengan Pelaksanaan UN wajib untuk diketahui oleh pihak sekolah. Jangan sampai ada satu waktu pun yang terlewat sebab itu akan merugikan sekolah dan peserta didik sendiri.

Baca Juga: Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017

Misalnya, pada tanggal tertentu merupakan batas akhir pengiriman data diri calon peserta UN. Namun karena pihak sekolah (panitia UN) tidak mengetahui informasi itu, akibatnya sekolahnya terlambat dalam mengumpulkan data yang diminta.

Kendati hanya terlambat satu atau dua hari saja, hal ini akan mempunyai akibat yang sangat fatal sekali. Bisa saja, peserta didik di sebuah sekolah akan gagal mengikuti UN pada tahun 2017 karena datanya tidak segera dikumpulkan kepada pihak terkait untuk dilakukan validasi.

Tentunya anda  sekalian tidak menginginkan berbagai akibat buruk itu terjadi pada sekolah anda bukan? Apabila kejadian seperti yang saya contohkan terjadi, pastinya akan membua semua pihak merasa dirugikan terutama dari siswa sendiri. Sebab mereka gagal mengikuti ujian nasional pada tahun ini.

Untuk menghindari hal-hal buruk tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017.

Informasi ini saya ambil dari lampiran Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga kebenarannya sangat bisa dipertanggungjawabkan.

Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017


A. Pengumpulan Data Peserta UN Tahun 2017


1. Jenjang Pendidikan SMA Sederajat

  • Pengumpulan dan Entri Data Peserta UN dilakukan pada tanggal 22 Desember 2016 – 25 Januari 2017.
  • Pencetakan Daftar Calon Peserta (DOP) dilakukan pada tanggal 22 Desember 2016 – 25 Januari 2017.
  • Pengiriman data peserta dari Sekolah Indonesia Luar Negeri ke Panitia UN Tingkat Pusat dilakukan paling lambat tanggal 25 Januari 2017.
  • Cetak, Validasi dan Verifikasi Daftar Nominasi Sementara (DNS) dilakukan paling lambat pada tanggal 25 Januari 2017.
  • Cetak dan Distribusi Daftar Nominasi Tetap (DNT) dilakukan paling lambat pada tanggal 31 Januari 2017.
  • Cetak dan Distribusi Kartu Peserta Ujian ) dilakukan paling lambat pada tanggal 24 Maret 2017.

2. Jenjang Pendidikan SMP Sederajat

  • Pengumpulan dan Entri Data Peserta UN dilakukan pada tanggal 22 Desember 2016 – 25 Januari 2017.
  • Pencetakan Daftar Calon Peserta (DOP) dilakukan pada tanggal 22 Desember 2016 – 25 Januari 2017.
  • Pengiriman data peserta dari Sekolah Indonesia Luar Negeri ke Panitia UN Tingkat Pusat dilakukan paling lambat tanggal 25 Januari 2017.
  • Cetak, Validasi dan Verifikasi Daftar Nominasi Sementara (DNS) dilakukan paling lambat pada tanggal 25 Januari 2017.
  • Cetak dan Distribusi Daftar Nominasi Tetap (DNT) dilakukan paling lambat pada tanggal 31 Januari 2017.
  • Cetak dan Distribusi Kartu Peserta Ujian ) dilakukan paling lambat pada tanggal 25 April 2017.


B. Jadwal Pengumpulan Nilai Sekolah dan Praktik Kompetensi SMK


Jadwal ini hanya diperuntukkan untuk pengiriman nilai praktik Kompetensi SMK/MAK saja. Sementara untuk jenjang sekolah lain tidak.

  • Pengiriman Nilai Praktik Kompetensi SMK/MAK dari sekolah ke Kabupaten/Kota dilakukan paling lambat pada tanggal 17 April 2017.
  • Pengiriman Nilai Praktik Kompetensi SMK/MAK dari Kabupaten/Kota setempat ke Provinsi dilakukan paling lambat pada tanggal 25 April 2017.
  • Pengiriman Nilai Praktik Kompetensi SMK/MAK dari provinsi kepada pusat dilaukan paling lambat pada tanggal 28 April 2017.


C. Jadwal Pengolahan LJUN Tahun 2017


1. Untuk Jenjang SMA Sederajat

  • Kegiatan Pemindaian, untuk SMK/MAK dilakukan pada tanggal 4-9 April 2017. Untuk SMA/MA dilaukan pada tanggal 10-20 April 2017. Sedangkan untuk Susulan dilakukan pada tanggal 17-20 April 2017.
  • Batas akhir pengiriman nilai kompetensi (SMK/MAK) dilakukan paling lambat pada tanggal 21 April 2017.
  • Batas akhir pengiriman hasil pemindaian ke Panitia UN Pusat, untuk SMK/MAK dilakukan pada tanggal 11 April 2017. Untuk SMA/MA dilaukan pada tanggal 21 April 2017. Sedangkan untuk Susulan dilakukan pada tanggal 21 April 2017.
  • Kegiatan Skoring dilakukan pada tanggal 11-26 April 2017.
  • Pengiriman Data Hasil UN ke Provinsi dilakukan pada tanggal 27 April 2017.
  • Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2017.

2. Untuk Jenjang SMP Sederajat

  • Kegiatan Pemindaian, utamanya dilakukan pada tanggal 3-17 Mei 2017. Sedangkan untuk Susulan dilakukan pada tanggal 22-25 Mei 2017.
  • Batas akhir pengiriman hasil pemindaian ke Panitia UN Pusat, utamanya dilakukan pada tanggal 18 Mei 2017. Sedangkan untuk Susulan dilakukan pada tanggal 26 Mei 2017. 
  • Kegiatan Skoring dilakukan pada tanggal 18-26 Mei 2017.
  • Pengiriman Data Hasil UN ke Provinsi dilakukan pada tanggal 27 Mei 2017.
  • Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan dilakukan pada tanggal 2 Juni 2017.

Cukup banyak sekali memang, untuk itu pihak sekolah terutama panitia pelaksana UN harus mengerti betul setiap tanggal yang telah ditentukan.

Jangan sampai ada satu kegiatan atau jadwal yang terlewatkan. Sebab itu bisa menjadi kerugian besar terhadap sekolah tersebut.

Misalnya saja yang saat ini masih berlangsung, yaitu proses Cetak dan Distribusi Daftar Nominasi Tetap (DNT) yang harus dilakukan paling lambat mulai tanggal 31 Januari 2017.

Itu artinya tahap pencetakan dan pendistribusian DNT hanya tinggal beberapa hari mendatang, karena akan berakhir pada hari Selasa.

Usahakan sebisa mungkin DNT harus segera anda cetak, karena prosesnya membutuhkan waktu yang agak lama. Jika dilakukan mendadak dalam satu hari bisa saja pada tanggal terakhir ketetapan DNT belum rampung dicetak atau didistribusikan.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017 pada kesempatan kali ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanggal-tanggal Penting Terkait Pelaksanaan UN 2017"

Posting Komentar