Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi


Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi - Sahabat Admin Ujian Nasional Berbasis Komputer yang berbahagia. Bagaimanakah kabar anda sekalian? Semoga selalu diberi kesehatan sehingga dapat menjalankan tugas besar mempersiapakan segala keperluan UNBK.

Tidak dipungkiri lagi, pada tahun 2017 ini UNBK memang menjadi pembahasan yang sangat populer dalam dunia pendidikan.

Memang, UNBK sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Namun yang membuat UNBK tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya adalah kebijakan ini awalnya mewajibkan sekolah pada jenjang SMP dan SMA untuk melaksanakan UNBK.

Baca juga: Cara Download dan Ekstrak VHD

Tentu kebijakan ini menjadi kabar yang sangat mengejutkan sekali. Mengingat belum banyak sekolah yang mempunyai sarana prasarana yang memadai untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Bagi sekolah yang belum mempunyai cukup sarana prasarana, maka harus mengikuti UNBK di sekolah lain yang telah melaksanakannya.

Sekolah tersebut bisa menggabung dengan sekolah pelaksana UNBK terdekat. Penggabungan ini tidak harus dalam satu jenjang melainkan bisa dilakukan lintas jenjang. Misalnya, SMP gabung di SMK, SMA gabung di SMK atau sebaliknya.

Semua itu bisa dilakukan sebab jadwal pelaksanaan UNBk untuk masing-masing jenjang pendidikan berbeda.

Berbicara mengenai proses UNBK yang gabung antara beberapa sekolah, kali ini saya akan membahas tentang Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi Sekolah.

Bagi sekolah yang gabung dan yang akan digabungi harus memahami mekanisme ini. Agar nantinya dalam tahap pelaksanaan tidak ada satupun masalah yang dihadapi.

Perlu anda semuanya ketahui bahwa ID sinkronisasi itu mempunyai peran yang sangat penting sekali. Dengan menggunakan ID tersebut maka anda akan bisa melakukan proses sinkronisasi kepada server pusat. Maka dari itulah simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi


Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi Sekolah


  1.  Jangan lupa berdoa dulu agar semua lancar, Ingat doa itu sangat penting. Maka semuanya harus andaawali dengan berdoa supaya nanti diberi kemudahan
  2. Siapkan minuman dan makanan kecil, besar juga boleh siapa tahu nanti anda merasa kehausan
  3. Tenangkanlah hati dan pikiran anda biar pikiran fresh, santai dan nyaman
  4. Silahkan buka Website UNBK kemudian lakukan Login dengan menggunakan username dan password anda masing-masing
  5. Masuklah ke dalam menu Simulasi II, lalu pilih menu ID Server Sinkronisasi
  6. Gunakanlah ID yang terdapat pada kolom ID Server
  7. Sesuaikanlah dengan server yangg akan digunakan, misalnya saja Id P0405123-DSHP adalah untuk server 1 maka selanjutnya harus dimasukan pada Server 1
  8. Klik Tombol Submit (pastikanlah bahwa statusnya Aktif)
  9. Masuklah ke dalam Menu Backup & Hapus
  10. Lakukan proses Backup (tanpa melakukan download) kemudian klik menu Hapus
  11. Masuk ke dalam menu Status Download
  12. Silahkan Klik refresh sampai dengan muncul notifikasi kotak yang berisi angka-angka pada sebelah kiri dan angka 0 di sebelah kanan
  13. Silahkan close dan tunggu sampai tombol Sync berubah warna menjadi merah
  14. Klik tombol Sync tersebut maka proses syncronisasi akan berjalan dan tunggu sampai prosesnya selesai
  15. Sembari menunggu proses sinkronisasi selesai, silahkan anda bisa menyambinya dengan minum-minuman yang menyegarkan sesuai selera masing-masing. Saya anjurkan minuman kopi saja biar lebih rileks. Jangan lupa makan jajanan yang sudah anda siapkan tadi
  16. Setelah proses sinkronisasi selesai silahka Logout dari CBTSync dan close  dengan cara menekan tombol keyboar Alt+F4
  17. Jalankanlah Ulang aplikasi CBTSync
  18. Proses Syncron dilakukan hanya sekali untuk semua mata pelajaran. Jangan pernah melakukan backup & hapus data sesuadah selesai simulasi pada hari 1
  19. Jangan lupa Backup VHD yg telah di syncronkan dengan cara copas VHD ke dalam folder lain
  20. Selesai. Semua langkah mengenai Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi Sekolah telah berhasil dilakukan dengan baik.
Catatan Penting!!! Bagi sekolah penyelenggara UNBK yang digabungi sekolah lain, setelah proses simulasi berakhir atau selesai maka silahkan backup dulu data hasil simulasi & juga VHD SMK tersebut. Selanjutnya lakukan remove only (hanya hapus),  instal ulang vhd yg masih baru. Lalu masukkanlah Id untuk SMA/SMP & lakukan syncronisasi.

Bagaimana sudah jelaskah mengenai Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi Sekolah yang saya sampaikan di atas.

Jika ada yang belum dipahami anda saya anjurkan untuk menulis pertanyaan di dalam kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Insyaallah secepatnya akan saya respon yang tentunya sesuai dengan pemahaman saya.

Dalam artikel ini saya memang sengaja membuat nuansanya agak santai, supaya anda lebih rileks saja. Sebab dengan pikiran yang rileks, pekerjaan akan terasa menyenangkan. Sehingga meskipun rasanya berat tapi akan tetap merasa nyaman dengan semua kondisi yang dihadapi.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi"

  1. Bang admin, sekolah kami sdh selesai simulasi 1, sekarang ada sekolah lain yang akan gabung. Bagaimana caranya? Suwun

    BalasHapus
  2. Pak, kalo satu server dipake 2 smp apa harus dihapus dulu kyak diatas? atau tetap pake vhd smp laen? smp yang satu udah pernah unbk sedangkan yg satunya minjem server buat unbk tahun ini.

    BalasHapus