Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti



Cara Cek Nomor Ijazah secara Online – Sahabat operator dapodikdasmen, pada artikel kali ini saya tidak akan mengenai aplikasi dapodik ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas operator.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Wensite Dikti.

Tentu anda sudah sangat sekali bahwa ijazah adalah sesuatu yang penting di era sekarang ini. Segala macam jenis pekerjaan biasanya membutuhkan ijazah. Apalagi di dalam dunia pendidikan.

Saat ini seorang guru dituntut minimal harus lulus jenjang D4/S1. Sedangkan bagi guru yang masih lulusan jenjang pendidikan di bawahnya diharuskan untuk bersekolah kembali.

Jika tidak maka ia secara administratif belum bisa dikatakan sebagai guru profesional. Sehingga ia tidak bisa memperoleh dan menerima segala macam program dari pemerintah yang diperuntukkan bagi guru, termasuk juga mengenai sertifikasi.


Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti


Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti


Perlua anda ketahu bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dikti) pada tanggal 9 Januari 2017 lalu mengumumkan bahwa sekarang ijazah TIDAK PERLU LAGI DILEGALISIR.

Pengumuman ini disampaikan oleh Menristekdikti Bapak Mohamad Nasir melalui situs resmi kementerian yang beralamat di http://belmawa.ristekdikti.go.id/

Kabar ini tentunya patut kita sambut dengan gembira sebab dengan adanya aturan tersebut kita tidak perlu melakukan legalisir ijazah ke kampus untuk memenuhi keperluan tertentu.

Terkadang sebagai syarat administratif kita kerap kali diminta fotocopy ijazah yang dilegalisir. Padahal di sisi lain banyak lokasi kampus sangat jauh dengan rumah kita.

Hal ini pastinya menjadi sebuah kendala dan hambatan tersendiri bagi yang rumahnya sangat jauh dari kampus.

Maka dari itu dengan adanya pengumuman ini maka patut kita syukuri bersama, karena ini menjadi terobosan yang sangat positif dalam dunia pendidikan.

Lalu bagaiman jika kita ingn mengetahui keaslian ijazah seseorang tanpa adanya sebuah legalisir dari kampus tempat seseorang itu berkuliah?

Sekarang ini anda hanya perlu mengecek keaslian ijazah melalui sebuah sistem yang diberi nama Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL).

Dengan menggunakan SIVIL, maka anda akan dengan mudah mengetahui keaslian ijazah seseorang dengan menggunakan nomor ijazah mereka.

Bagi anda yang ingin mengecek keaslian ijazahnya atau milik orang lain berikut ini saya buatkan tutorialnya mengenai Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti.
  • Pastikan komputer ata laptop anda terhubung dengan koneksi internet yang baik
  • Silahkan buka alamat situs untuk pengecekan ijazah di alamat http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/
  • Di situ anda akan melihat laman Sistem Verifikasi Ijazah secara Online (SIVIL)
  • Silahkan isi data anda. Adapun data yang diisi meliputi:
  1. Perguruan Tinggi isi dengan Nama Perguruan Tinggi tempat anda berkuliah misalnya Universitas Indonesia
  2. Nomor Ijazah isi dengan Nomor Ijazah anda
  3. Pengamanan isi sesuai dengan soal pertanyaan yang muncul. Dalam contoh gambar di atas di suruh mengisi jumlah Kotak. Maka harus diisi dengan angka sesuai jumlah kotak yang ada
Ingat isi semua data secara lengkap.
  • Klik Tombol cari berwarna biru yang berada di bawahnya
  • Tunggu beberapa saat sampai data tersebut ditemukan. Setelah ketemu maka akan muncul data orang tersebut. Biasanya meliputi data: Kode PT, Nama PT, Kode Prodi, Nama Prodi, NIPD, Nama Tempat Lahir, Tanggal Keluar, Nomor Ijazah dan NIK
  • Selesai
Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan mengenai Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti.

Mengenal Apa itu Situs Kemenristekdikti


Setelah anda mengetahui bagaimana Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Wensite Dikti. Perlu anda ketahui bahwa untuk mengencek ijazah tersebut harus melalui website Kemenristekdikti.

Situs Kemenristekdikti adalah sebuah situs resmi dari Kementerian Riste Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dari situs inilah nanti anda semua bisa mengetahui perkembangan dunia pendidikan tinggi dan riset teknologi di Indonesia.

Maka tidak mengherankan dari situs inilah anda bisa mengetahui informasi keaslian ijazah seseorang. Sebab semua data mengenai perguruan tinggi di Indonesia sudah ada di dalam situs kemenristekdikti.

Ada berbagai macam fitur yang bisa anda manfaatkan melalui situs kemensristekdikti ini, seperti Tentang Kami, Organisasi, Peraturan, Layanan, Publikasi, dan Publikasi.

Di Menu Tentang Kami misalnya, anda akan melihat informasi mengenai Kemeterian Riste, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Mulai dari Visi, Misi, Tujuan Strategis, Sasaran Strategis dan Lain sebagainya.

Di bagian pengumuman merupakan Menu yang sangat penting. Sebab di situlah berbagai kebijakan dan informasi terbaru mengenai Kemenristekdikti diumumkan.

Selain itu ada 3 direktorat yang berhubungan dengan kemenristekdikti, yaitu Direktorat Pembelajaran, Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Penjaminan Mutu.

Semua lengkap tersedia di dalam situs Kemenristekdikti. Silahkan anda manfaatkan semua fitur tersebut dengan sebaik-baiknya.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Cek Nomor Ijazah secara Online di Website Dikti"

Posting Komentar