Cara Sinkronisasi di Web UBK


Cara Sinkronisasi di Web UBK - Salah satu hal penting yang harus anda lakukan dalam persiapan pelaksanaan Ujian Nasioanl Berbasis Komputer (UNBK) adalah Login ke dalam Website Ujian Berbasis Komputer (UBK).

Saya rasa, mayoritas dari anda semua sudah mengetahui alamat website. Alamat Website UBK adalah ubk.kemdikbud.go.id.

Di dalam website tersebut, anda akan memperoleh berbagai informasi mengenai UNBK. Maka dari itu, anda sering-seringlah membukan website ubk supaya update berbagai informasi terbaru.

Baca juga: Cara Menggunakan ID Sinkronisasi Bagi Sekolah yang Digabungi

Di dalam website UBK, anda bisa melakukan berbagai hal. Mulai dari pengecekan data peserta didik, informasi terbaru. Simulasi dan lain sebagainya.

Di antara berbagai hal yang bisa anda lakukan tersebut, salah satu yang terpenting adalah melakukan sinkronisasi data.

Sinkronisasi data ini bertujuan untuk mengirimkan pembaruan data UNBK kepada server pusat. Sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan data terbaru.

Sinkronisasi ini sangat penting sekali, terutama bagi anda yang melakukan perubahan data. Sebab tanpa melakukan sinkronisasi, pembaruan data yang anda lakukan tidak akan berpengaruh di server pusat.

Nah, atas hal itulah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Sinkronisasi di Web UBK.

Cara ini berisi turorial atau langkah-langkah tentang mekanisme yang harus dilakukan ketika anda melakukan proses sinkronisasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda perhatikan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Sinkronisasi di Web UBK


Cara Sinkronisasi di Web UBK


Supaya dapat melakukan sinkronisasi di web UBK, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, yaitu:

  1. Pastikanlah terlebih dahulu bahwa  sekolah telah memperoleh ID Server untuk melakukan Sinkronisasi di website ubk.kemdikbud.go.id yang ada di dalam menu ID Sinkronisasi
  2. Masukkanlah ID Server yang telah diperoleh tersebut dengan benar agar valid. Kemudian silahkan Submit
  3. Apabila kondisi Dashboard website UBK anda sudah StandBy Akses Server Pusat di Tutup data SN Sudah Sesuai, maka anda harus melihat kembali jadwal Sinkronisasi sekolah anda
  4. Apabila kondisi Dashboard website UBK Aktif, maka artinya server telah siap melakukan proses Sinkronisasi
  5. Silahkan klik pada Menu Backup dan Hapus
  6. Klik Menu Backup, silahkan tunggu sampai dengan proses selesai dilakukan dan klik disini untuk mendowndload hasil backup tersebut
  7. Setelah dilakukan backup, silahkan klik tombol Hapus dan tunggu sampai dengan proses penghapusan selesai
  8. Sesudah itu, lalu masuklah ke dalam Menu Status Download
  9. Silahkan klik Refrash Status untuk melihat Data Awal sebelum melakukan sinkronisasi
  10. Tutuplah tampilan Refresh Status tersebut, kemudian klik Menu Start Sync.
  11. Tunggulah sampai dengan proses Download dari data 1 s/d 9 selesai dilakukan dan pastikanlah  sesudah selesai seluruhnya,  data 1 s/d 9 akan menjadi berwarna Hijau.
  12. Sesudah anda selesai melakukan sinkronisai, silahkan cek pada Menu Daftar Peserta, pastikanlah agar semua peserta didik yang terdaftar/muncul di dalamServer. Data server dan peserta didik yang telah terdaftar adalah data per tanggal 31 Januari 2017 yang lalu
  13. Kemudian silahkan cek kembali di Menu Status Test, pastikanlah pada kolom Daftar Test sudah muncul
  14. Apabila semua telah lengkap, maka lakukan backup pada setiap selesai sesi TANPA MELAKUKAN HAPUS.
  15. Lakukanlah Sinkronisasi untuk masing-masing Id-server.

Itulah berbagai tahap yang menjadi Cara Sinkronisasi di Web UBK. Memang cukup banyak sekali langkah-langkahnya.

Ini sangat wajar sekali mengingat aplikasi ini berbasis website. Sehingga hanya bisa diakses dengan menggunakan PC yang terkoneksi internet dengan baik.

Tidak seperti dapodik yang setiap saat bisa melakukan sinkronisasi, pada website UBK proses sinkronisasi baru bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Apabila anda memaksa melakukan sinkronisasi di setiap waktu maka hasilnya akan percuma. Sebab dapat dipastikan ada akan mengalami kegagalan.

Untuk itu, silahkan ikuti aturan dan jadwak sinkronisasai di Web UBK dengan baik. Agar tidak ada persoalan yang nantinya bisa membuat anda sendiri merasa rugi.

Jadwal Sinkronisasi di Website UBK bisa anda lihat sendiri di masing-masing dashbor anda. Maka dari itu anda harus berusaha keras untuk setiap saat bisa login ke dalam website UBK.

Apabila anda jarang login dan memantau berbagai berita terbaru yang ada di website ubk itu menjadi kerugian sendiri buat anda. Sebab setiap saat informasi akan selalu diperbarui.

Sehingga para petugas UNBK di sekolah harus menyesuaikan dengan segala kebijakan dan informasi terbaru yang dikirim pusat untuk anda semua.

Tentu anda sangat tidak ingin sampai ketinggalan informasi bukan? Maka dari itu pro aktiflah dalam mencari informasi mengenai pelaksanaan UNBK.

Sekali lagi ini sangat penting sekali mengingat mekanisme pelaksanaan UNBK dilakukan dengan online. Sehingga dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menyesuaikan dengan berbagai keperluan yang diminta oleh pihak pusat.

Demikian informasi mengenai Cara Sinkronisasi di Web UBK yang bisa saya bagikan untuk anda sekalian pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi perhatian dan bermanfaat bagi anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sinkronisasi di Web UBK "

Posting Komentar