Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a yang Wajib Diketahui


Sahabat operator dapodikdasmen di seluruh Indonesia, Tim Dapodikdasmen Pusat telah melakukan rilis Aplikasi Dapodik 2017a.

Jika sebelumnya, pembaruan ini hanya diperuntukkan bagi SMA pelaksana Kurikulum 2013 dan jenjang Pendidikan SMPLB. Maka lain halnya dengan updater terbaru ini.

Aplikasi Dapodik 2017a yang baru diluncurkan diperuntukan bagi seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, SMK sederajat sampai dengan SLB.

Maka dari itu, semua operator sekolah wajib mengetahui informasi terbaru ini. Dan sesegera mungkin memperbarui Aplikasi Dapodik yang terinstal di dalam PC masing-masing.

Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a


Latar Belakan Rilis Aplikasi Dapodik 2017a


Rilisnya Aplikasi Dapodik 2017a dilatarbelakangi karena terdapat laporan yang menginformasikan bahwa ditemukan beberapa  bugs atau kesalahan teknis pada Aplikasi Dapodik versi 2017 yang digunakan sebelumnya.

Untuk itu, demi upaya untuk terus meningkatkan kualitas data dari semua sekolah yang ada di Indonesia maka dinilai sangat perlu melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap kesalahan teknis yang terdapat pada aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Memang pada aplikasi dapodik versi dapodik 2017 terdapat beberapa sistem yang tidak bisa digunakan secara maksimal. Terutama terjadi pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melaksanakan Kurikulum 2013 dan jenjang pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Dengan adanya pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a ini, semua kesalahan teknis tersebut sudah diperbaiki sehingga semua fitur yang ada didapodik bisa digunakan dengan maksimal untuk melakukan pendataan pendidikan di sekolah masing-masing.

Supaya aplikasi dapodik dapat sempurna makan diperlukan peran aktif para Operator Dapodik Sekolah untuk melaporkan setiap temuan kesalahan teknis yang ada.

Dengan adanya laporan tersebut, tim pengembang dapodikdasmen akan segera melakukan pembenahan terhadap Aplikasi Dapodik. Sehingga proses pendataan yang dilakukan oleh operator bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa Rilis Aplikasi Dapodik 2017a diperuntukkan bagi SELURUH JENJANG PENDIDIKAN mulai dari dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat serta SLB.

Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a


Setiap ada rilis aplikasi Dapodik versi terbaru, maka akan disertai dengan Perbaikan dan Pembaruan Sistem.

Khusus untuk Patch Aplikasi Dapodik 2017a kali ini, tidak ada pembaruan sistem atau fitur namun hanya Perbaikan terhadap Bugs aplikasi yang terdapat di dalamnya.

Adapun daftar perbaikan yang terdapat pada Aplikasi Dapodik 2017a adalah sebagai berikut:

  1. Perbaikan untuk manampilkan tabulasi Akreditasi khusus untuk jenjang SD, SMP dan SLB. Nantinya nilai akreditasi pada jenjang pendidikan tersebut akan bisa ditampilkan
  2. Perbaikan pada Nomor Induk Penduduk (NIP) suami/istri dengan panjang karakter boleh dibawah 18 digit yang adaa pada atribut PTK. Pada aplikasi sebelumnya kolom NIP memang harus diisi dengan jumlah angka 18 digit. Sehingga secara otomatis apabila NIP kurang dari 18 digit maka data tidak bisa disimpan.
  3. Perbaikan untuk melakukan Pembukaan kurikulum Reguler pada waktu melakukan pemilihan terhadap kurikulum khusus pada jenjang pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB)
  4. Perbaikan pada validasi untuk melakukan penghitungan terhadap rasio antara Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) dengan Rombongan Belajar yang ada di sekolah masing-masing
  5. Perbaikan terhadap validasi Riwayat Kepangkatan hanya diperuntukkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang berada di sekolah induk
  6. Perbaikan terhadap bugs aplikasi yang terdfapat di dalam fitur pembelajaran khusus untuk kurikulum SMA KTSP Bahasa
  7. Perbaikan terhadap bugs aplikasi pada waktu melakukan pemilihan kurikulum khusus pada jenjang SMPLB
  8. Perbaikan terhadap bugs aplikasi pada waktu melakukan  penambahan terhadap Program Keahlian khusus pada jenjang pendidikan SMA yang telah melaksanakan Kurikulum 2013
  9. Perbaikan terhadap bugs aplikasi pada waktu melakukan pemilihan terhadap Program Keahlian yang di dalam fitur Rombongan Belajar khusus pada jenjang pendidikan SMA yang telah melaksanakan Kurikulum 2013
Itulah kesembilan daftar pembaruan di aplikasi dapodik 2017a. Pahamilah dengan seksama, semua poin tersebut.


Cara Update Aplikasi Dapodik 2017a


Untuk melakukan Update terhadap Aplikasi Dapodik 2017a anda bisa melakukannya dengan menggunakan 2 metode yaitu secara Online dan Offline.

Anda bisa memilih sendiri, sesuaikan dengan kondisi yang anda alami. Apabila terdapat koneksi internet yang lancar silahkan gunakan cara online.

Namun apabila mengalami keterbatasan jaringan internet gunakanlah cara offline saja. Biar proses pembaruan bisa berlangsung dengan cepat dan lancar.

1. Pembaruan secara Offline dengan Menggunakan File Updater


  • Silahkan anda unduh file UPDATER Aplikasi Dapodik 2017a melalui website dapodikdasmen. File updater bisa anda dapatkan di berita pembaruan maupun menu download.
  • Setelah berhasil mengunduh file update, langsung saja silahkan installasi dengan cara klik dua kali pada file updater
  • Ikuti petunjuk instalasi yang muncul. Anda hanya perlu mengklik tombol oke, setuju dan lanjut.
  • Tunggulah sampai proses instalasi selesai dilakukan. Saya sendiri hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk proses instalasi
  • Selama proses instlasi berlangsung jangan sampai PC dimatikan, sebab akan membuat proses instalasi gagal.
  • Setelah proses instalasi berhasil, silahkan refresh pada Aplikasi Dapodik dengan cara Klik Kanan > Refreh. Atau juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboar Ctrl + F5.

2. Pembaruan dengan Cara Online 


Agar bisa melaukan pembaruan Aplikasi Dapodik secara maka anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Karena dilakukan secara online maka komputer anda harus dipastikan sudah terkoneksi dengan internet secara baik dan lancar
  • Selanjutnya anda harus login ke dalam Aplikasi Dapodik Versi 2017 di komputer anda
  • Klik Menu Pengaturan yang berada di bagian sebelah kiri bawah aplikasi dapodik
  • Klik Tombol Cek Pembaruan  yang berwarna Orange di samping kanan Aplikasi. Tombol ini berfungsi untuk mengecek adanya pembaruan Aplikasi Dapodik
  • Setelah itu maka akan muncul keterangan yang menyatakan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan yang dimaksud adalah Aplikasi Dapodik 2017a. Di situ akan tampil sebuah pertanyaan untuk anda yang intinya apakah ingin melanjutkankan pembaruan? Pilih saja tombol Iya
  • Selanjutnya silahkan anda Klik tombol Lanjutkan, maka secara otomatis sistem akan melakukan proses update pembaruan terhadap aplikasi dapodik anda.
  • Sesudah proses update pembaruan Aplikasi Dpaodik selesai dilakukan, silahkan anda klik tombol Muat ulang halaman sekarang. Maka browser anda akan merefresh secara otomatis. Setelah selesai maka Aplikasi Dapodik anda akan berubah menjadi versi 2017a.
  • Ingat selama proses update pembaruan secara online sedang berlangsung. Jangan pernah menutup browser karena itu akan mengakibatkan kegagalan.

Penutup

Perlu anda semua pahami bahwa pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a ini adalah updater bukan installer. Maka file yang tersedia hanyalah updater atau patch.

Maka dari itu anda tidak perlu melakukan uninstal terhadap aplikasi dapodik yang sudah ada. Langsung saja instal updater ini ke dalam komputer anda masing-masing.

Ikutilah berbagai langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Maka dijamin proses updater aplikasi dapodik di PC anda akan berlangsung dengan baik.

Demikian informasi mengenai Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a yang Wajib Diketahui yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017a yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar