Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil


Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil - Sehubungan dengan rilis aplikasi dapodik versi 2017, banyak para opertor yang berkeluh kesah lantaran sulit mengunduh data prefill dapodik sekolah.

Padahal data prefill tersebut merupakan data utama untuk melaukan registrasi. Sehigga hasil sinkronisasi dapodik terakhir dapat dimasukkan ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru.

Selama data prefili tak bisa diunduh maka anda tidak akan bisa melakukan registrasi dapodik secara offline.

Memang, registrasi dapodik bisa juga dilakukan secara online. Namun prosesnya lebih praktis dilakukan secara offline sebab tidak perlu menggunakan koneksi internet yang stabil seperti ketika melakukan registrasi online.

Baca juga: Baru! Operator dan Kepsesk Wajib Mengisi Pakta Integritas Dapodik

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mengunduh data prefill dapodik sampai berhasil. Supaya para operator tida kebingungan lagi dalam memperoleh data ini.

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil


Apa itu Data Prefill Dapodik?


Data Prefill Dapodik adalah data yang digunakan ketika akan melakukan proses registrasi aplikasi Dapodik secara Offline.

Data Prefill Dapodik ini berasal dari data hasil kiriman atau sinkronisasi dari semua sekolah kepada server Pusat pada semester yang sebelumnya.

Kemudian data hasil kiriman tersebut di-package ulang supaya saat melaukan login ke dalam aplikasi versi baru, data di dalam aplikasi Dapodik tidak kosong dan sudah terisi seperti sedia kala.

Sekolah hanya perlu melengkapi berbagai data yang belum diisi ke dalam aplikasi dapodik versi sebelumnya serta mengisi beberapa data periodik saja.

Data prefill dapodik berbentuk dokumen dengan format file .prf yang nantinya harus anda simpan pada folder yang bernama prefill_dapodik di dalam Drive C:\ komputer yang anda gunakan untuk instalasi aplikasi dapodik versi terbaru.

Generate Prefill Dapodik


Supaya bisa mengunduh data prefill dapodik dibutuhkan data Username dan Password yang dipakai ketika melakukan Login di Aplikasi Dapodik serta Kode registrasi milik sekolah masing-masing.

Apabila proses registrasi Aplikasi Dapodik Versi terbaru dilakukan secara Online maka registrasi tidak perlu menggunakan data prefill.

Generate prefill adalah sebuah tahapan untuk mengambil database awal setiap sekolah yang berasal dari server supaya bisa diregistrasikan ke dalam aplikasi Dapodik secara offline. Adapun formatnya adalah berbentuk ile *.prf.

Generate prefill yang nanti digunakan untuk proses registrasi merupakan database yang berasal dari hasil sinkronisasi dapodik terakhir sekolah.

Demi meningkatkan keamanan dari sisi pengguna, sekarang ini proses untuk melakukan generate prefill bisa dilakukan sesudah pengguna berhasil melakukan login dengan menggunakan data username, password, serta  kode registrasi Dapodik masing-masing sekolah yang aktif.

Supaya dapat memahami secara keseluruhan mengenai proses generate prefill dapodik, ada baiknya anda semua mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai ketentuan umum generate ulang prefill.

Baca juga: Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dudi

Ketentuan Terkait Generate Ulang Prefill Dapodik


Ada 9 hal yang masuk dalam ketentuan mengenai generate ulang prefill dapodik. Diharapkan anda semua memperhatikannya dengan seksama.

  1. Generate prefill adalah sebuah tahapan untuk mengambil database awal setiap sekolah yang berasal dari server supaya bisa diregistrasikan ke dalam aplikasi Dapodik secara offline.
  2. Generate prefill adalah database yang berasal dari hasil sinkronisasi dapodik terakhir sekolah.
  3. Masukkanlah data username, password yang digunakan sebelumnya. Serta kode registrasi yang sesuai ke dalam aplikasi Dapodik. Apabila anda lupa username/password maka silahkan langsung menghubungi admin di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) setempat untuk melakukan proses reset ulang.
  4. Bagi sekolah baru, anda harus menghubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) setempat untuk melakukan aktivasi terhadap username dan password.
  5. Ketika melakukan registrasi di aplikasi dapodik, isi data username dan password sesuai ketika melakukan unduh prefill.
  6. Proses registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapodik bisat dilakukan tanpa harus menggunakan data prefill, Namun dengan syarat harus dilaukan secara online/terhubung internet.
  7. Dinas kabupaten/kota/Provinsi (KK-DATADIK) masing-masing bisa membantu melakukan proses generate prefill sekolah di setiap wilayahnya. Tujuannya untuk membantu sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan infrastruktur (misalnya saja  dalam hal internet, SDM, komputer, listrik, dan lain sebagainya) dengan menggunakan akun yang ada pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  8. Jangan pernah melakukan proses registrasi dengan memakai prefill yang sudah kadaluarsa (lama). Apabila ingin pindah ke komputer yang lain lakukankanlah siklus sinkronisasi > kemudian generate prefill ulang. Hal ini diperlukan untuk mencegah adanya duplikasi data.
  9. Kode registrasi, data username dan password bisa di-reset ulangoleh admin dinas kabupaten/kota/provinsi (KK-DATADIK) masing-masing apabila diperlukan (Misalnya terjadi pergantian petugas pendataan atau operator dapodik).


Langkah-langkah Melakukan Generate Prefill Dapodik


Untuk bisa mengunduh data prefill dapodik, anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

1) Silahkan kunjungi website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar anda. Saya sarakan untuk menggunakan peramban website (Google Chrome atau Mozilla Firefox. Nanti anda akan di bawa menuju formulir prefiil

2) Pilih jenjang pendidikan yang sesuai dengan sekolah.

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil


3) Masukkan data username, password, serta kode registrasi sekolah

Ingat! Data Username dan password yang dipakai untuk mengunduh prefill dapodik adalah data yang terdaftar terakhir dan tersimpan pada server Pusat.

Apabila terdapat ketidaksesuaian data yang ada ketika melakukan proses generate prefill, maka lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik yang berada di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) masing-masing.

Dinas kabupaten/kota/Provinsi (KK-DATADIK) masing-masing bisa membantu melakukan proses generate prefill sekolah di setiap wilayahnya. Tujuannya untuk membantu sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan infrastruktur (misalnya saja  dalam hal internet, SDM, komputer, listrik, dan lain sebagainya) dengan menggunakan akun yang ada pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

4) Setelah data username, password, serta kode registrasi sekolah dimasukkan dengan benar, silahkan klik Menu Generate. Tunggu sampai proses generate selesai dilakukan.

5) Sesudah proses generate prefill selesai dilakukan, maka selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang berisi pengumuman tentang Pembuatan prefill selesai dilakukan.

6) Klik Tombol Download dan simpan prefill dapodik tersebut ke dalam drive C:\ dengan nama folder prefill_dapodik.

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil


Berikut ini adalah beberapa Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil:

  • Pastikan Username, Password dan Kode Registrasi Sekolah Valid


Pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa data username, password dan kode registrasi sekolah benar-benar valid.

Ini sangat penting sekali, sebab ketika ada satu huruf saja yang keliru maka bisa dipastikan proses generate prefiil dapodik akan gagal.


  • Koneksi Internet Stabil



Untuk mengunduh data prefiil dapodik, komputer haruslah terkoneksi dengan internet. Proses generate sendiri berlangsung dalam beberapa menit.

Untuk itu, selama proses generate prefill sedang berlangsung, anda harus memastikan bahwa komputer terkoneksi internet dengan baik dan lancar.

Jangan sampai, ketika proses generate prefill sedang berlangsung, koneksi internet tiba-tiba berhenti. Jika itu terjadi maka proses generate akan gagal.

  • Gunakan Alternatif Link Generate


Ketika masuk ke dalam website generate prefill dapodik, maka anda akan diperlihatkan link generate utama dan alternatif.

Saya anjurkan anda untuk menggunakan yang alternatif saja. Sebab link utama biasanya digunakan oleh banyak sekolah di Indonesia.

Karena terlalu banyak yang menggunakan link utama, maka server bisa menjadi down. Sehingga dapat mengakibatkan proses generate prefill gagal.

Ada beberapa link alternatif yang bisa anda gunakan. Sepengalaman saya menggunakan link alternatif, proses generate prefil berlangsung lancar.

  • Lakukan Generate Prefill pada Jam-Jam Sepi


Ini memang kelihatannya sepele, tetapi menjadi faktor yang sangat penting. Kegagalan melakukan generate prefill biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya orang yang ingin melakukan generate prefill.

Akibatnya server kelebihan kapasitas. Bayangkan saja ada berapa banyak sekolah di Indonesia yang melakukan generate prefill tersebut.

Maka dari itulah, lakukan generate prefill pada jam-jam sepi. Saya sendiri lebih suka melakukan generate prefill ketika malam hari atau subuh. Dan terbukti selalu berhasil.

Demikian informasi mengenai Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil yang bisa saya bagikan untuk anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil "

Posting Komentar