8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017


Pada Tahun 2017 ini penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk jenjang pendidikan SMK di seluruh Indonesia terdapat perubahan.

Setidaknya ada 8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017 yang wajib anda ketahui bersama agar setiap siswa yang masuk menjadi daftar penerima bisa memperoleh dana tersebut.

Hal ini sangat penting sekali, mengingat ada beberapa perubahan mendasar yang berbeda dengan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya saja mengenai pengambilan dana PIP. Pada tahun-tahun sebelumnya, penyaluran dana PIP khusus untuk SMK melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Namun mulai Tahun 2017 ini dialihkan penyalurannya melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Jadi beberapa perubahan ini perlu kita pahami bersama agar pencairan bantuan bisa dilaksanakan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

 7 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017


Apalagi peranan PIP dalam menunjang keberlangsungan pendidikan para peserta ddik sangat penting sekali.

Bagi para siswa yang terdaftar menjadi calon penerima dana PIP, mereka akan memperoleh sejumlah bantuan langsung dari pemerintah yang berupa uang tunai.

Nantinya uang tersebut bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan operasional para peserta didik. Misalnya, untuk membeli seragam, buku, tas dan beragam keperluan sekolah lainnya.

Dengan begitu diharapkan peserta didik dan para orang tua/wali dapat terbantu daam hal pembiayaan sekolah putra-putrinya selama menempuh pendidikan sampai dengan jenjang SMK dan SMA sederajat.

Sehingga harapan pemerintah supaya semua anak usia sekoah di seluruh Indonesia mampu mengenyam pendidikan sampai dengan tingkat SMK/SMA sederajat dapat terwujud dengan baik.

Untuk itu silahkan simak baik-baik penjelasan mengenai 8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017 di bawah ini:

  1. Bank Penyalur dana PIP SMK adalah BNI (Bank Negara Indonesia)
  2. Persyaratan pencairan dana PIP bisa dilihat pada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) PIP Tahun 2017
  3. Bagi sekolah-sekolah yang lokasinya berada jauh dari BNI, supaya berkoordinasi dengan pihak BNI setempat untuk mencairkan dana PIP secara kolektif
  4. Distribusi data penerima PIP menggunakan Aplikasi SIIP!SMK yang sudah  di  launching pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) PIP SMK Tahun 2017 di Kota Surakarta 
  5. Bagi sekolah-sekoah yang belum bisa melakukan login ke aplikasi SIIP!SMK silahkan  anda menyampaikan keluhan melalui laman Pengaduan PIP SMK yang bisa diakses dengan mengunjungi laman  http://pipsmk.ditpsmk.net/pengaduan-pip-smk-2016/
  6. Silahkan anda menyampaikan saran dan masukan untuk aplikasi SIIP!SMK sehingga aplikasi ini bisa berkembang dengan baik dan semakin handal
  7. Database untuk Operator Dapodik sekolah akan disinkronkan secara berkala
  8. PIP SMK Tahun 2017 akan disalurkan dengan BNI dengan menggunakan rekening tabungan di mana REKENING PERLU DIAKTIVASI terlebih oleh para peserta didik penerima DENGAN CARA mendatangi langsung ke BNI terdekat (Adapun mekanisme kolektif silahkan anda koordinasikan dengan pihak BNI setempat)

Itulah 8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017. Ketujuh informasi tersebut harus anda fahami dengan baik.

Terutama pada poin nomor 3. Di situ dijelaskan bahwa untuk bisa mengetahui distribusi penerima dana PIP maka anda harus menggunakan Aplikasi SIIP!SMK.

Saat ini Aplikasi SIIP!SMK sudah digunakan. Pencairan dana PIP SMK untuk Tahap 1, 2 dan 3 sudah melalui aplikasi ini. Silahkan anda cek segera.

Mengenai cara menggunakan Aplikasi SIIP!SMK akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Untuk gambaran awal, anda bisa melihat dashbor aplikasi ini pada gambar di atas.

Tentu hal ini sangat berbeda sekali dengan sebelumnya. Dulu, untuk mengetahui penerima PIP, cukup dengan mengunjungi website PIP SMK. Kemudian memasukkan NPSN sekolah maka data penerima PIP akan muncul.

Namun cara tersebut menurut saya memang memiliki kekurangan, sebab semua orang yang tahu NPSN sekolah bisa mengetahui daftar penerima dana PIP.

Kondisi ini sangat berbeda dengan Aplikasi SIIP!SMK. karena yang bisa mengakses apikasi ini hanya para operator dapodik. Sebab username dan password yang digunakan sama dengan aplikasi dapodikdasmen.

Mari kita bersama-sama menyukseskan program pemberian dana Program Indonesia Pintar bagi para siswa yang memang berhak mendapatkannya. Supaya semua anak di Indonesia dapat mengenyam pendidikan hingaa jenjang menengah atas.

Demikian informasi 8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017 yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Informasi Penting tentang Penyaluran PIP SMK Tahun 2017"

Posting Komentar