Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Terbaru 2017



Selain Ujian Nasional, pada jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) dan Penyelenggara Program Paket A/Ula juga akan menyelenggarakan Ujian Sekolah/Madrasah.

Maka dari itu, diperlukanlah Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Terbaru 2017 guna untuk dijadikan sebagai bahan persiapan bagi para peserta didik.

Kisi-kisi US SD sederajat ini akan menjadi acuan dalam pembuatan naskah soal ujian sekolah mendatang. Sehingga persiapan yang dilakukan oleh para peserta didik bisa terarah dengan baik.

Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Terbaru 2017


Sebab naskah soal yang akan dibuat, nantinya tidak akan jauh-jauh dari kisi-kisi yang ada. Pasti semua soal akan mengacu pada kisi-kisi tersebut.

Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Terbaru 2017 meliputi 3 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sampaikan kutipan kisi-kisi tersebut:

Mapel Bahasa Indonesia

Materi: Membaca Nonsastra

Indikator:


  • Menentukan mengenai kalimat utama paragraf mengenai makhluk hidup atau lingkungan
  • Menentukan ide pokok sebuah paragraf
  • Menentukan simpulan sebuah paragraf
  • Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
  • Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf
  • Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan dengan kata tanya:
  • bagaimana
  • mengapa
  • Memprediksi kejadian yang berkaitan dengan isi bacaan
  • Mengambil informasi dari sebuah isi teks sederhana guna untuk melengkapi tabel
  • Memaknai sebuah kata/istilah di dalam paragraf
  • Menentukan antonim/sinonim di dalam sebuah kalimat
  • Menentukan sebuah topik teks percakapan
  • Menentukan kalimat yang sesuai dengan isi iklan
  • Menentukan isi dari sebuah paragraf laporan
  • Menanggapi isi dari paragraf instruksi
  • Menentukan makna dari kata di dalam paragraf instruksi
  • Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf instruksi
  • Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks penjelasan (teks prosedur)
  • Menentukan isi dari pidato
  • Mengidentifikasi tentang jenis-jenis paragraf
  • Menentukan nomor telepon kepada suatu tujuan yang berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon pada beberapa kota pada ilustrasi
  • Menentukan sebuah persamaan/perbedaan dalam isi teks

2. Mata Pelajaran Matematika

Materi: Operasi hitung bilangan

Indikator:


  • Menentukan hasil dari operasi penjumlahan dan pengurangan pada sebuah bilangan cacah (minimal tiga angka).
  • Menentukan hasil dari operasi perkalian dan pembagian pada sebuah bilangan cacah atau sebaliknya.
  • Menentukan hasil dari operasi hitung dari penjumlahan dan pengurangan sebuah bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menentukan hasil dari operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menyelesaikan masalah mengenai penalaran yang melibatkan operasi hitung pada bilangan bulat.

Materi: Pecahan

Indikator:


  • Menyederhanakan pecahan
  • Mengurutkan berbagai macam bentuk pecahan
  • Menentukan hasil dari operasi penjumlahan atau pengurangan pada bilangan pecahan
  • Menentukan hasil dari operasi perkalian atau pembagian pada bilangan pecahan
  • Menyelesaikan masalah mengenai penalaran yang melibatkan operasi hitung pada bilangan pecahan
  • Mengubah pecahan menjadi sebuah bentuk persen atau desimal ataupun sebaliknya
  • Menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan berbagai macam bentuk pecahan.
  • Menyelesaikan berbagai masalah tentang perbandingan senilai dengan tema tertentu.
  • Menyelesaikan soal mengenai skala yang berkaitan dengan tema tertentu.

3. Materi Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi: Ciri-ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan

Indikator:


  • Mengidentifikasi mengena ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
  • Menjelaskan mengenai fungsi bentuk luar dari tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
  • Menentukan dasar pengelompokan pada hewan.
  • Menggolongkan hewan berdasarkan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
  • Menunjukkan berbagai pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang telah disajikan dalam tabel.

Materi:Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem

Indikator:


  • Mengidentifikasi mengenai rantai makanan yang terdapat pada ekosistem tertentu.
  • Menentukan organisme yang bisa menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
  • Menentukan berbagai peran organisme tertentu di dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada sebuah ekosistem tertentu apabila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
  • Memberikan contoh mengenai hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
  • Menjelaskan alasan mengenai terjadinya hubungan antarmakhluk hidup yang ada pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang

Materi: Perkembangbiakan dan penyesuaian diri pada makhluk hidup

Indikator:


  • Memberikan contoh mengenai tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
  • Memberikan dua contoh mengenai hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
  • Menentukan berbagai pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
  • Mengidentifikasi mengenai cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan sebuah ilustrasi.
  • Menjelaskan mengenai tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
  • Menunjukkan berbagai pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Terbaru 2017. Data di atas hanyalah kutipan singkat saja. Untuk file lengkapnya bisa anda unduh pada file di bawah ini.

Download Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB dan Penyelenggara Program Paket A/Ula Terbaru 2017




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel