Cara Memperbaiki JJM Belum Linier di Info GTK



Jumlah Jam Mengajar (JJM) yang belum linier di dalam Info GTK memang menjadi masalah yang sangat serius dan perlu untuk segera diperbaiki.

Sebab selama JJM masih dinyatakan belum linier, maka SKTP Guru sertifikasi tidak akan bisa terbit. Itu artinya, dana sertifkasi tidak akan pernah bisa cair.

Maka dari itu para para operator dapodikdasmen dan Guru terkait, alangkah baiknya segera mengecek JJM yang ada di di Info GTK.

Teliti, apakah JJM yang masuk sudah linier atau belum. Silahkan anda cek terutama pada bagian rincia Rombongan Belajar (Rombel).

Cara Memperbaiki JJM Belum Linier di Info GTK


Di dalam rincian data rombel tersebut, akan ada keterangan mengenai di mana letak sebenarnya data yang dinyatakan invalid. Anda bisa mengecek satu per satu data yang ada, sampai bisa memastikan semua data telah valid.

Cara Memperbaiki JJM Belum Linier di Info GTK


Terkait dengan penyebab JJM belum linier, berikut ini saya akan membahas beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut dengan solusi untuk mengatasinya.

Apabila anda menemui masalah JJM yang belum linier di dalam Info GTK, maka segera perbaiki dengan mengikuti panduan berikut ini:

1. Jumlah JJM Wajib dan Wajib Tambahan di dalam 1 rombel dinyatakan melebihi batas maksimal


Solusinya adalah pastikan bahwa pengisian data JJM pada masing-masing rombel di dalam Aplikasi Dapodik tidak melebihi batas maksimal yang telah ditentukan.

Hal ini terjadi, karena ketika anda menginput data JJM di dalam Rombel melebihi batas aturan

Baca juga: Konversi Kode Bidang Studi Sertifikasi Guru Bagi Lulusan Tahun 2007 dan 2008

2. Peserta didik di Dalam Rombel tidak terdeteksi


Pada beberapa kasus, ada yang JJM-nya telah 24 jam Namun linieritasnya 0. Ketika dicek di dalam Info GTK muncul sebuah keterangan INVALID yang menyatakan bahwa jumlah peserta didik tidak mencukupi.

Padahal di dalam Rombel tersebut bukanlah rombel paralel, seluruh peserta didik juga telah dimasukkan ke dalam rombel tersebut.

Solusinya untuk mengtasi hal ini adalah semua peserta didik yang terdapat di dalam rombel tersebut dikeluarkan terlebih dahulu. Sesuah peserta didik dalam rombel kosong, selanjutnya tarik kembali semua peserta didik tersebut  ke dalam rombel semula.

Pastikanlah agar sebelum melaukan peenarikan peserta didik ke dalam rombel, Anda telah memilih statusnya dengan keterangan "Lanjutan Semester". Kecuali jika terdapat 1 atau 2 peserta didik pindahan yang berasal dari sekolah lain.

3. Kode Mata Pelajaran Bidang Sertifikasi tak Sesuai dengan Mata Pelajaran yang Diajar Guru


Kasus yang terjadi ini adalah lantaran kode Mata Pelajaran (Mapel) yang dinyatakan berbeda dengan Mapel yang saat ini diajar oleh guru bersangkutan.

Misalnya saja :

- Untuk Guru SD dengan Kode Mapel 061 pada Bidang Study Lainnya, sedangkan sekarang ini ia mengajar guru kelas SD/MI dengan (027) atau PJOK dengan kode (220).

- Untuk Guru SMP dengan Kode Mapel 104 ialah Kesenian, Budaya dan Keterampilan, sedangan sekarang ini ia mengajar Mapel Seni Budaya dengan (217) atau Mapel Keterampilan dengan kode (227).

-  Untuk Guru SMP dengan Kode Mapel 124 ialah Biologi, sedangkan sekarang ini ia mengajar Mapel IPA Terpadu dengan Kode (097)

Adanya perbedaan Kode Mapel tersebutlah yang menyebabkan JJM Guru menjadi TIDAK LINIER.

Solusinya adalah Berkonsultasi dengan Operator SIM Tunjangan yang bertugas di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di mana anda berada.

4. Tugas Tambahan Sudah Expired


Pada beberapa kasus, tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah, kepala laboratorium dan kepala perpustakaan telah expired (Kadaluwarsa).

Perlu anda pahami bahwa masa berlaku untuk surat tugas sebagai wakil kepala sekolah, kepala laboratorium dan kepala perpustakaan ialah 1 tahun.

Apabila di dalam info GTK terdapat keterangan yang menyatakan bahwa SK untuk tugas tambahan tidak valid, maka itu artinya harus segera diperbarui surat tugas yang bersangkutan. Selanjutnya, pada kolom tugas tambahan silahkan anda perbarui sesuai dengan surat tugas yang terbaru.

5. Kolom Penugasan tentang Isian Keaktifan PTK Belum Dicentang


Hal ini terlihat sepele namun dapat menyebabkan JJM Guru menjadi tida linier. Maka dari itu anda harus selalu memastikan data isian keaktifan PTK sudah dicentang sampai dengan bulan saat ini ia mengajar

Ketika semua data GTK yang awalnya dinyatakan Invalid selesai diperbaiiki, maka selanjutnya segera untuk disinkronisasi.

Setelah itu, anda tinggal menunggu dan melihat perkembangan yang ada dalam website Info GTK. Pastikan semua data yang sebelumnya Invalid telah berubah menjadi VALID.

Demikian informasi mengenai Cara Memperbaiki JJM Belum Linier di Info GTK yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki JJM Belum Linier di Info GTK"

Posting Komentar