Pengumuman Hasil UN SMP, SMA, SMK Tahun 2017



Tidak terasa, Ujian Nasional Tahun 2017 sudah mulai dilaksanakan. Diawali pada tanggal 3-7 April untuk jenjang pendidikan SMK, secara berkelanjutan pada minggu berikutnya akan diteruskan oleh jenjang SMA dan SMP sederajat.

Saat ini, bagi para siswa peserta ujian tinggal menunggu Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017.

Tentu ini suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu sekali oleh mereka. Segala perjuangan untuk menghadapi UN sebentar lagi akan bisa dilihat hasilnya.

Apalagi pada tahun 2017 ini, teknis pelaksanaan UN berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran UN kali ini sebagian besar dilaksanakan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017


Soal-soal ujian nasional tidak lagi dalam bentuk cetak kertas, melainkan dikerjakan secara online dengan menggunakan komputer.

Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017 


Sebagai pengingat bagi kita semua, berdasarkan Prosedur Standar Operasioanl Ujian Nasional (POS UN) Tahun 2017, Jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SMA dan SMK dilaksanakan mulai tanggal 20 Maret 2017.

Sedangkan untuk Jadwal UN jenjang SMK seperti yang telah saya jelasnkan di atas dimulai pada tanggal 3 April 2017. Sementara Jadwa UN untuk jenjang SMA dimulai pada tanggal 10 April 2017.

Untuk jenjang SMP jadwal pelaksanaan USBN dimulai pada tanggal 17 April sampai dengan tanggal 19 April 2017. Sementara Jadwa Pelaksanaan UN SMP baik itu UNKP maupun UNBK akan diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 2017. Mengenai hal ini silahkan baca Jadwal Lengkap UN dan USBN Tahun 2017.

Pertanyaannya kemudian adalah, kapan tanggal Pengumuman Hasil UN peserta didik jenjang SMA dan SMK  Tahun 2017?  Begitu juga Kapan Tanggal Pengumuman hasil UN khusus untuk siswa jenjang pendidikan SMP Tahun Tahun 2017?

Berdasarkan dari Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan Nomor: 0043/P/BSNP/I/2017 yang berisi tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk Tahun Pelajaran 2016/2017, dijelaskan bahwa:

Jadwal Pengumuman Hasil UN siswa jenjang pendidikan SMA dan SMK sederajat Tahun 2017 dilakukan pada tanggal 2 Mei 2017

Jadwal Pengumuman Hasil UN siswa jenjang pendidikan SMP sederajat Tahun 2017 dilaukan pada tanggal 2 Juni 2017

Jadi antara jenjang SMA dan SMK dengan jenjang pendidikan SMP, pengumuman hasil UN terpaut 1 bulan saja.

Kriterian Kelulusan Peserta UN


Dalam pelaksanaan UN tentu yang diharapkan hasilnya adalah LULUS dengan memperoleh nilai yang sangat memuaskan.

Lantas, apa kriterian kelulusan UN untuk Siswa jenjang SMP, SMA dan SMK?

Berdasarkan dari Peranturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2017 dan berdasarkan juga POS USBN telah disebutkan bahwa para Peserta didik akan dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan/program pendidikan sesudah mereka memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

  1. Sudah menyelesaikan semua program pembelajaran 
  2. Mendapatkan nilai sikap/perilaku minimal dengan kategori baik 
  3. Lulus dalam US dan USBN 
  4. Kriteria lainnya yang bisa ditentukan oleh pihak sekolah seperti mengenai kehadiran, rerata nilai rapor selama proses pembelajaran dan lain sebagainya.

Apabila para peserta didik telah memenuhi semua kriteria tersebut, maka mereka akan dinyatakan lulus dalam UN Tahun 2017.

Penutup


Waktu pengumuman hasil UN siswa, baik jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK merupakan sebuah momen yang sangat istimewa. Maka tak heran, jika siswa, guru maupun orang tua selalu penasaran menunggu datangnya tanggal pengumuman tersebut.

Bagi para peserta didik, Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017 menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu sekali. Sebab akan menjadi sebuah hari yang sangat bersejarah sekali bagi mereka.

Sedangkan bagi para orang tua/wali Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017 sangat diperlukan untuk melihat hasil pembelajaran yang selama ini dijalani siswa. Hasil UN juga bisa menjadi landasan untuk membimbing para putra-putrinya agar lebih berprestasi.

Terlepas dari hal tersebut, saat pengumuman sebaiknya dijadikan sebagai bahan introspeksi diri dan bersyukur. Jangan sampai menyambut kelulusan dengan hal-hal negatif. Seperti corat-coret seragam sekolah, berkonvoi di jalan raya dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai Pengumuman Hasil UN  SMP, SMA, SMK Tahun 2017 yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengumuman Hasil UN SMP, SMA, SMK Tahun 2017"