3 Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik


Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik - Peran Operator Dapodik dalam dunia pendidikan sangat vital sekali. Semua pendataan sekolah mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP) hingga sertifikasi berada di tangan operator.

Maka dari itu, operator dapodik harus selalu up to date dengan beragam informasi terbaru. Supaya tidak ketinggalan kabar-kabar teranyar.

Perlu diketahui bahwa arus informasi saat ini bukan lagi dilakukan secara manual, melainkan secara online, dengan memanfaatkan website dan media sosial.

3 Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik
Image Source: Pixabay.com.


Media sosial dipilih lantaran keberadaannya bisa mengakomodir kebutuhan dari para operator. Mereka bisa saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi kepada operator lain di seluruh Indonesia melalui media sosial.

Sebab dengan menggunakan media sosial, komunikasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk itu, memiliki media sosial bagi para operator dapodik bagi saya hukumnya adalah WAJIB.

Berikut ini 3 Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik:

1. Facebook


Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik pertama adalah Facebook (FB). Media sosial yang satu ini menjadi sarana komunikasi utama para operator.

Adanya fitur untuk membuat Grup khusus menjadikan FB menjadi sarana yang pas untuk bertukar informasi. Coba saja anda ketik kata ‘Dapodik’ di kolom pencarian FB anda, pasti seketika akan keluar berbagai macam Grup Operator Dapodik.

Silahkan anda bergabung di salah satu atau semua Grup FB tersebut. Di situ menjadi tempat diskusinya para master operator. Jika ada informasi terbaru, mereka akan langsung membagikannya ke dalam grup. Sehingga semua anggota bisa mengetahuinya.

Artikel Terkait: 7 Alasan Kenapa Kamu Beruntung Jika Memiliki Pasangan Seorang Operator Dapodik

Selain itu, jika anda memiliki masalah atau pertanyaan seputar aplikasi dapodik dan yang lainnya, anda juga bisa menanyakannya ke dalam grup FB. Pasti, kawan-kawan operator lain akan memberi penjelasan sampai anda faham. Yang penting anda jangan malu untuk bertanya, pasti teman-teman operator akan berbagi ilmunya.

Tak hanya grup, di FB juga ada banyak Fanpage Dapodik, salah satunya ialah “Info Operator Dapodikdasmen”, Fanpage resmi blog panduandapodik.id ini. Di Fanpage tersebut, anda akan memperoleh berbagai informasi terbaru mengenai Aplikasi Dapodikdasmen. Silahkan saja di like ya.

2. Whatsaap


Media Sosial kedua adalah Whatsaap (WA). Media sosia yang satu ini sangat cocok digunakan oleh operator di suatu daerah tertentu. Misalnya anda berada di Kota Semarang, maka silahkan gunakan WA sebagai media berkomunikasi dengan sesama operator di Semarang.

Apa kelebihan menggunakan WA untuk Operator Dapodik?

Pada umumnya tugas operator dapodik bukan hanya mengurus dapodik saja, tetapi juga mengurus hal lain di sekolah. Nah, jika anda mempunyai grup WA maka segala informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat bisa disebarkan secara cepat dan tepat.

Di daerah tempat saya bekerja, segala info dari dinas melalui Grup WA, misalnya Rapat. Nah jika anda tidak mempunyai WA, maka akan ketinggalan informasi sendiri.

Kelebihan WA adalah anda tidak perlu membuat akun dulu. Sebab WA itu cukup menggunakan nomor HP saja. Ketika anda sedang offline, pesan yang masuk juga akan tersimpan. Sehingga bisa dibuka saat sudah online.


3. Telegram


Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang dapat membuat para penggunanya mengirimkan berbagai pesan rahasia dienkripsi sebagai bentuk keamanan tambahan.

Dengan menggunakan telegram anda bisa memberikan berbagai informasi, baik berupa chat maupun dokumen.

Artikel Terkait: Gaji Operator Dapodik sesuai Juknis

Telegram ini bisa digunakan oleh semua orang, asalkan dia sudah menginstalnya. Dengan memakai telegram anda bisa memindahkan secara mulus percakapan yang berada di dalam smartphone, web, tablet hingga dekstop.

Kelebihan lain dari telegram adalah anda bisa membuat sebuah grup khusus dengan anggota mencapai ribuan. Sehingga lebih banyak orang yang bisa gabung ke dalam grup.

Penutup


Semua media sosial di atas, saran saya harus anda miliki supaya tidak ketinggalan informasi. Dengan menggunakan media sosial anda tidak hanya bisa berbagi informasi chat saja, melainkan juga gambarm dokumen hingga video.

Tentu di antara ketiga media sosial di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun saya rasa dengan adanya media sosial sangat bermanfaat sekali bagi operator.

Agar kinerja operator dapodik lancar, tentunya dibutuhkan dukungan dana dari pihak sekolah. Sebab membuka media sosial juga membutuhkan data internet. Maka penuhilah keperluan operator anda.

Demikian informasi mengenai 3 Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik yang dapat saya sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Media Sosial yang Wajib Dimiliki Operator Dapodik"

Posting Komentar