Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015


Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 - Sahabat operator dapodikdasmen, semenjak rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2017b terdapat beberapa persolan baru yang kerap dijumpai. Problem tersebut berkaitan dengan entri data nilai rapor peserta didik.

Seperti yang telah kita semuanya ketahui, di dalam Aplikasi Dapodik versi terbaru yaitu penambahan fitur Nilai Rapor, US/USBN.

Para guru mata pelajaran harus mengentri nilai rapor setiap peserta didik melalui dapodik dengan cara login menggunakan akun PTK mereka masing-masing.

Baca juga: Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk

Nilai rapor yang harus diinput ke dalam dapodik berbeda-beda. Disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut.

Pada intinya, untuk jenjang sekolah SMP dan SMA sederajat yang menerapkan KTSP entri nilai dimulai pada semester 3-6. Artinya nilai peserta didik yang dientrikan yaitu pada saat kelas 8 dan 11.

Sedangkan bagi yang melaksanakan Kurikulum 2013, entri nilai dilakukan mulai semester 1-6. Jadi semua nilai rapor pada saat peserta didik tersebut sekolah harus diinput ke dapodik.

Karena hal tersebutlah, di atas saya mengatakan terdapat persoalan baru yang dihadapi oleh operator sekolah.

Masalah tersebut muncul ketika ingin mengentrikan nilai rapor peserta didik untuk tahun pelajaran yang sudah berlalu.

Misalnya saat ini peserta didik kelas XII SMK berada pada Tahun Pelajaran 2016-2017 Genap. Sedangkan kita ingin mengentrikan nilai rapor mereka ketika peserta didik tersebut berada pada semester 1.

Tentu dalam pilihan rombel peserta didik, harus dipilih Tahun Pelajaran 2014/2015 Ganjil. Namun, masalah kemudian muncul.

Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015


Ketika memilih Tahun Pelajaran 2014/2015 Ganjil data tidak bisa muncul secara lengkap. Seperti ada sejumlah siswa yang tidak muncul, mata pelajaran tidak ada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kondisi ini menjadikan data nilai peserta didik pada semester yang lalu tidak bisa diisi dengan sempurna, sehingga tidak dapat dikirim ke server pusat.


Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 

Nah, atas adanya persoalan tersebut saya akan berbagi cara untuk mengatasinya. Sehingga anda yang mengalami persolan seperti yang sudah saya jelaskan di atas bisa segera terselesaikan.

Namun sebelumnya perlu anda pahami, jika data Nilai Rapor peserta didik itu terintegrasi dengan data pembelajaran yang diinput dalam Dapodik.

Maka apabila terdapat nama peserta didik dan mata pelajaran yang tidak muncul, itu berarti ada yang salah ketika dulu anda mengentri data pembelajaran.

Untuk mengatasinya, tidak ada cara lain kecuali memperbaiki data yang lama tersebut melalui Aplikasi Dapodik.

Apakah bisa Login ke Aplikasi Dapodik pada Tahun Pelajaran yang sudah lalu untuk memperbaiki data yang belum valid?

Jawabannya adalah BISA.

Benarkah?

Benar sekali. Hal ini sengaja dibuar oleh Tim Dapodikdasmen Pusat guna untuk menyelesaikan berbagai persoalan data yang belum valid pada tahun pelajaran yang sudah berlalu.

Tapi anda tidak bisa lantas masuk ke dapodik pada tahun pelajaran yang lalu. Anda harus memahami cara yang benar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silahkan login ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen sebagai operator
  2. Lakukan validasi data dapodik, jika terdapat data yang masih Invalid segera saja diperbaiki
  3. Kemudian lakukan sinkronisasi
  4. Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai dilakukan
  5. Setelah selesai silahkan logout
  6. Refresh browser anda
  7. Masukkan kembali localhost Aplikasi Dapodik, tunggu sampai halaman Login muncul
  8. Masukkan Username dan Password anda
  9. Jangan lupa pilih Tahun Pelajaran yang akan anda tuju. Disitu anda bisa memilih untuk login ke dapodik mulai tahun pelajaran 2014/2015 (Lihatlah gambar di atas)
  10. Silahkan anda pilih tahun pelajaran yang anda inginkan
  11. Klik Login


Penutup

Pada intinya, fitur Tahun Pelajaran yang sudah lalu akan secara otomatis keluar ketika anda sudah melakukan sinkronosasi dapodik.

Selama anda belum melakukan sinkronisasi maka di menu Login Dapodik anda fitur Tahun Pelajaran yang sudah lalu tidak akan bisa keluar.

Fitur ini tentu menjadi jawaban atas kegelisahan atas persoalan yang dihadapi oleh operator dapodik, yaitu terkait dengan validasi data pada semester yang lalu.

Hal ini menjadi pelajaran yang berharga sekali buat kita bersama agar dalam mengentri data harus benar-benar valid.

Demikianlah informasi mengenai Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel