Tips Download Prefill Nilai Rapor 100% Berhasil



Setelah melakukan update Aplikasi Dapodik Versi 2017-B, operator sekolah harus melakukan generate prefill Nilai Rapor.

Prefill ini berguna untuk menampilkan data rapor di setiap sekolah. Selama prefill Nilai Rapor belum dipasang maka anda tidak akan bisa melakukan entri Nilai Rapor, US/USBN.

Mengenai mekanisme dan tahapan registrasi prefill Nilai Rapor sudah saya jelaskan pada artikel Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik.

Selanjutnya saya disini akan berbagi informasi mengenai Tips Download Prefill Nilai Rapor 100%  Berhasil.

Mengapa saya menulis judul tersebut? Hal ini tak lain karena disebabkan adanya banyak kasus mengenai kegagalan saat ingin mendownload Prefill Nilai Rapor.

Tips Download Prefill Nilai Rapor 100%  Berhasil


Akibatnya, Aplikasi Dapodik belum bisa dimasuki data prefill nilai rapor. Sehingga proses pengentrian data juga belum bisa dilaksanakan.

Tentunya ini menjadi problem tersendiri yang harus segera dicarikan solusinya. Sebab proses pengentrian nilai tentu akan ada batas waktunya.

Terutama untuk pengentrian Nilai US/USBN. Mengingat untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat sudah selesai melaksanakan seluruh rangkaian UN dan USBN.

Nilai para peserta didik kelas XII haruslah segera diinputkan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya proses input nilai ini menggunakan Aplikasi Bio UN namun sekarang diganti dengan memakai Aplikasi Dapodik.

Maka dari itu, para operator Dapodik harus mengetahui dan memahami dengan benar mengenai Panduan entri nilai rapor, US/USBN di Dapodik.

Proses pengentrian harus sesuai dengan aturan yang telah diterapkan. Jangan sampai ada satu kesalahan yang nantinya dapat merugikan sekolah sendiri.

Tips Download Prefill Nilai Rapor 100%  Berhasil

Kali ini saya akan menerangkan tentang Tips Download Prefill Nilai Rapor 100%  Berhasil. Bagi anda yang sampai saat ini belum berhasil mengunduh prefill nilai rapor harus memperhatikannya dengan serius.

Ada beberapa tips yang akan saya bagikan kepada anda, dan nanti silahkan anda praktikkan langsung:

Gunakan Mozila Firefox

Entah apa penyebabnya, ketika saya mengakses website dapodikdasmen dengan menggunakan Google Chrome, menu Prefill Nilai Rapor tidak bisa tampil. Namun ketika menggunakan mozila firefox, bisa muncul.

Awalnya saya mengira hal ini terjadi pada laptop saya saja. Namun ternyata juga dialami oleh beberapa teman operator.  Dari sini saya menarik kesimpulan bahwa untuk bisa mengakses prefill nilai rapor sebaiknya gunakan web browser Mozila Firefox.

Data Usename, Password dan Kode Regitrasi Harus Valid

Untuk melakukan generate prefill nilai rapor, anda harus mengakses website dapodikdasmen. Silahkan nanti anda pilih menu Unduhan > Data Prefill > Prefill Nilai Rapor.

Klik Link pada Prefill Nilai Rapor tersebut, sehingga nanti anda akan dibawa menuju halaman generate prefill.

Di situ anda akan diminta untuk mengisi data Jenjang, Username, Password dan juga Kode Registrasi Sekolah. Isilah semua data tersebut dengan valid. Jangan sampai ada yang keliru. Karena akan mengakibatkan kegagalan.

Alternatif link

Ketika ingin mengunduh prefill nilai rapor, di website dapodikdasmen telah menyediakan 2 link. Apabila ketika anda menggunakan salah satu link dan dinyatakan Server sedang Sibuk, maka gunakanlah alternatif link yang kedua. Kemungkinan besar, banyak orang yang sedang mengakses link yang sama dengan anda, sehingga mengakibatkan server down.

Download saat Jam-Jam Sepi

Tips sederhana namun sangat berkhasiat adalah Download saat Jam-jam sepi. Maksudnya anda mengunduh data prefill nilai ketika banyak orang sedang tidak mengakses laman dapodidasmen.
Saya sendiri biasa melakukannya ketika waktu subuh. Dan terbukti, ketika saya melakukannya pada waktu tersebut proses unduh prefill berjalan dengan sangat lancar sekali.

Koneksi Internet yang Anda Gunakan Harus Stabil

Saat anda akan mengunduh data prefill nilai rapor, laptop haruslah terkoneksi dengan internet. Pastikan bahwa koneksi tersebut stabil.

Jangan sampai putus-putus, sebab ketika melakukan generate prefill kok jaringan internet terputus maka akan berakhir dengan kegagalan.

Maka gunakanlah jaringan internet yang paling stabil. Tentu yang faham mengenai hal ini adalah anda sendiri, sebab setiap daerah mempunyai tingkat kestabilan internet yang berbeda-beda.

Itulah beberapa Tips Download Prefill Nilai Rapor 100%  Berhasil. Ketika prefill nilai ini sudah dimasukkan ke dalam dapodik maka anda bisa memulai proses penginputan nilai.

Inga!!! Yang bertugas menginput nilai ialah masing-masing guru mata pelajaran dengan menggunakan Akun PTK.

Operator dapodik hanya bertugas, mempersiapkan data mapel sesuai dengan urutan yang tertera pada rapor peserta didik.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Download Prefill Nilai Rapor 100% Berhasil"

  1. Slmt sore, bgmna pada saat slsai download n psang aplikasi nilai, ad 1 semester yg hax 1 siswa yg muncul, semester lain lengkap. 1 semester ini sama skli TDK lengkap. Cman 1 siswa yg muncul
    Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update dapodik ke versi 2017c, dan ulangi generate prefill

      Hapus