Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik

Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik - Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2017b, terdapat sebuah fitur baru yang bernama Nilai Rapor, US/USBN.

Dengan adanya fitur tersebut, sekolah diwajibkan mengentri nilai rapor, US/USBN peserta didik  ke dalam Aplikasi Dapodik.

Sebuah pekerjaan baru memang, namun di sini operator hanya perlu menyusun mapel saja, sedangkan untuk yang bertugas mengentri nilai adalah masing-masing guru Mapel.

Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik


Jadi jika anda sebagai operator diminta untuk mengisikan nilai, beritahukan pada setiap guru bahwa itu merupakan tugas setiap guru.

Tak terasa memang waktu pengisian nilai rapor, US/USBN telah selesai. Dalam website dapodikdasmen telah diumumkan bahwa batas Akhir untuk melakukan Sinkronisasi Aplikasi dapodik Semester Genap pada Tahun Pelajaran 2016/2017 Khususnya untuk dalam hal nilai Rapor, US/USBN berakhir paling lambat pada tanggal 31 Mei 2017 yang lalu.


Itu artinya semua data nilai rapor, US/USBN diharuskan sudah menyelesai dan disinkronisasikan maksimal yaitu pada tanggal 31 Mei 2017.

Saya rasa anda semua sudah mengetahui informasi ini ya. Namun nampaknya, pada tanggal 31 Mei 2017 banyak operator mengeluh karena tak bisa melakukan sinkrnisasi.

Menurut saya mungkin disebabkan lantaran server sedang sangat dibuk, sebab pada hari itu adalah waktu terakhir pengiriman nilai. Sehingga yang melakukan sinkronisasi sangat banyak.

Maka dari itu saya anjurkan jika mengerjakan tugas dapodik jangan mepet-mepet waktu cut off ya. Kalau susah sinkron kan anda sendiri yang repot. Kerjakanlah sedikit demi sedikit nanti pasti tak terasa akan cepat selesai.

Kendati kita semua telah melakukan proses sinkronisasi Aplikasi Dapodik tepat waktu, tak jarang para operator masih merasa was-was, apakah proses sinkronisasi nilai Rapor, US/USBN di Aplikasi Dapodik benar-benar telah berhasil dikir atau tidak?

Nah untuk memastikan bahwa nilai rapor, US/USBN benar-benar sudah berhasil dikirim maka anda harus mengeceknya melalui website dapodikdasmen.

Lalu bagaimana caranya? Di bawah ini akan saya jelaskan satu per satu caranya.

Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik

Berikut ini ialah tahap-tahap untuk melakukan pengecekan terhadap hasil sinkronisasi nilai rapor, US/USN di Aplikasi Dapodik:

  • Bukalah Browser di PC anda
  • Buka website dikdasmen yang beralamat di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Klik Tombol Login yang berada di pojok kiri atas lalu pilihlah peran sebagai Operator Sekolah
  • Masukkanlah data User name dan Password yang anda gunakan untuk login dapodik. Atau bisa juga dengan menggunakan Kode Registrasi Dapodik
  • Sesudah anda berhasil melakukan login, anda akan dialihkan menuju ke jendela megenai profil sekolah. Di situ akan beriisinya beberapa menu meliputi, Sekolah, Sarplas, PTK Aktif, Siswa Aktif, Rombel, dan Sinkronisasi. 
  • Untuk melakukan pengecekan terhadp hasil nilai rapor, US/USBN di dapodik, silahkan anda klik pada menu Siswa Aktif 
  • Setelah data siswa muncul, silahkan pilih salah satu siswa yang nilainya telah dientrikan ke dalam Aplikasi Dapodik

Jika sudah, satu hal terakhir yang harus dilakukan ialah melaukan klik pada menu Nilai dan juga jangan lupa untuk mengecek apakah nilai yang tertera di dalam benar-benar sudah masuk apa belum. Atau juga apakah nilai yang masuk telah sesuai dengan entrian yang berada di Aplikasi dapodiknya. Apabila ada yang belum sesua, maka silahkan anda lakukan proses sinkronisasi kembali. (tentunya jika waktu cut off masih ya.

Cukup mudah sekali kan kawan. Sekian saja ya informasi mengenai Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Hasil Kirim Nilai Rapor dan US/USBN di Dapodik"

Posting Komentar