Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pertanyaan dari komentator di Blog ini, mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB. Nah melalui artikel ini saya akan menjelaskannya kepada anda semuanya.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa seluruh guru termasuk juga Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah wajib terdaftar ke dalam SIM PKB atau mempunyai akun pada Guru Pembelajar.

Baca juga: Cara Mendaftar SIM PKB

Salah satu syarat untuk bisa terdaftar ke dalam SIM PKB ialah mengetahui Nomor Uji Kompetensi Guru (UKG) yang pernah diikuti oleh guru tersebut.

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


Lantas bagaimana jika guru yang ingin mendaftarkan diri ke dalam SIM PKB namun lupa Nomor UKG milikinya atau guru tersebut belum pernah melakukan UKG? 

Saya rasa banyak sekali guru-guru yang menanyakan tentang hal ini. Sebab banyak dari mereka lupa tentang nomor UKG-nya.

Menanggapi masalah tersebut, rupanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Admin SIM PKB atau Admin SIM Guru Pembelajar Moda daring sudah menyediakan fitur khus bagi para guru yang lupa Nomor UKG atau untuk para guru yang belum melakukan UKG supaya bisa mendapatkan nomor UKG guna melakukan pendaftaran pada Program SIM PKB.

Baca juga: Cara Verval Data di SIM PKB

Supaya lebih jelasnya berikut ini saya informasikan mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat membantu Bapak/Ibu guru untuk memperoleh nomor UKG, sehingga anda semuanya bisa bergabung dengan komunitas guru untuk mata pelajaran masing-masing.

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


  • Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan Login Ke website SIM PKB atau SIM GURU Pembelajar dengang alamat berikut ini https://paspor.simpkb.id/casgpo/login
  • Kemudian Klik Tombol REGISTRASI AKUN berwarna Merah yang berada di bawah
  • Setelah Tombol Registrasi Akun di Klik, maka akan tampil laman Registrasi Akun Guru Pembelajar. Lihat di bawah Tombol REGISTER. Di situ terdapat Tombol “Cari No. UKG” yang berwarna merah
  • Klik Tombol Cari No. UKG tersebut
  • Maka akan muncul Laman Pencarian Data GTK Guru Pembelajar, di situ ada beberapa data yang harus anda isi, meliputi:
  1. Pilih Propinsi isi dengan memilih nama propinsi di mana anda berada
  2. Pilih Kota isi dengan memilih Nama Kabupaten/Kota di mana anda berada
  3. Nama Peserta UKG isi dengan Nama Lengkap anda sesuai SK
  • Jika semuanya sudah terisi dengan benar, selanjutnya Klik Tombol “Cari GTK”
  • Maka secara otomatis data anda, termasuk Nomor UKG akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


Cara di atas juga bisa anda gunakan untuk mencari Nomor UKG bagi yang lupa Nomor UKH. Langkah-langkahnya sama saja. Mudah sekali to? Silahkan dipraktekkan ya.

Sekian informasi mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB yang bisa kami sampaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel