Cara Pendaftaran Online CPNS 2017 di https://sscn.bkn.go.id/

Pendaftaran Online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara resmi akan dibuka mulai tanggal 01 Agustus 2017.  Karena harus dilakukan secara online banyak yang bertanya-tanya di manakah mendaftarnya?

Pendaftaran Online CPNS dilakukan melalui Website resmi BKN yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id/. Jangan sampai keliru alamat website ya kawan.

Setelah mengetahui alamat pendaftaran resmi, langkah selanjutnya yang harus anda pahami adalah Cara Mendaftar dan Login ke dalam Website SSCN BKN 2017.

Cara Pendaftaran Online CPNS 2017 di https://sscn.bkn.go.id/



Tak hanya itu, perlu diketahui bersama bahwa sesudah anda berhasil mendaftar dan masuk ke dalam website SSCN BKN maka tahap berikutnya ialah mencetak atau print out bukti pendaftaran Onlie sebagai salah satu syarat administrasi utama dan kemudian dikirimkan lewat kantor pos yang disertai dengan berbagai berkas pendukung lainnya.

Agar bisa Login ke dalam Website SSCN BKN, anda terlebih dahulu wajib mendaftarkan diri supaya nanti memperoleh Username dan Password yang akan digunakan untuk melakukan Login.

Seperti pendaftaran online CPNS tahun lalu, data yang dipergunakan sebagai Usename adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing pendafta. Maka dari itulah, diharapkan agar para pendaftar memasukkan data NIK secara benar di dalam form pendaftaran yang berada di Website panselnas.sscn.bkn.go.id 2017.

Berdasarkan informasi resmi terbaru yang berasal dari Website BKN, pihak BKN sudah mengumumkan mengenai infrastruktur yang akan digunakan sebagai pendaftaran CPNS online yang baru bisa dibuka mulai tanggal 1 – 31 Agustus 2017 pada pukul 10.00 WIB di alamat sscn.bkn.go.id.

Jadi, perlu anda perhatikan selain alamat website resmi yang kami tulis di atas (https://sscn.bkn.go.id/), tidak ada alamat website lain yang digunakan untuk pendaftaran CPNS Online.

Berkas yang Harus Disiapkan


Sebelum melakukan pendaftaran, anda harus mempersiapkan berbagai dokumen pendukung sebagai persyaratan utama pendaftaran.

Adapun Berkas yang Harus Disiapkan adalah sebagai berikut:
  • Scan/Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan/Fotocopy ijazah yang disertai dengan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  • Scan/Pas foto terbaru anda yang berwarna dengan ukuran 4 x 6
  • Scan/Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Scan / Fotokopi Kartu Kuning (saya anggap anda sudah tahu mengenai Kartu Kuning ya)

Cara Pendaftaran Online CPNS 2017 di https://sscn.bkn.go.id/


Supaya mempermudah bapak/ibu/saudara dalam melakukan Pendaftaran Online CPNS 2017 di https://sscn.bkn.go.id/, kali ini kami akan memberikan panduan singkat mengenai langkah-langkah pendaftaran yang harus anda lalui.

Sehingga sambil menunggu website resmi pendaftarannya resmi dibuka, maka alangkah baiknya jika anda belajar cara pendaftarannya yang benar terlebih dahulu.

Untuk mulai mendaftar online anda harus melalui beberapa langkah berikut:
  • Kunjungi alamat pendaftaran online CPNS Tahun 2017 yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id/ 
  • Selanjutnya, silahkan anda klik tombol “Daftar” 
  • Kemudian isikanlah berbagai data diri anda pada formulir pendaftaran online yang sudah disediakan seperti yang terlihat pada gambar nomor 1 di atas
  • Ketika anda mengisi formulir pendaftaran website https://sscn.bkn.go.id/ lakukanlah dengan benar sebab proses pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 kali saja. Lantaran apabila NIK sudah terdaftar, maka tidak dapat didaftarkan ulang kembali. Selain itu juga pada form pendaftaran ada juga kolom isian nilai Indeks Prestasi Komulatif IPK (untuk para pendaftar dari lulusan sarjana) atau NIM (untuk pendaftar lulusan SLTA).
  • Berikutnya silahkan anda memilih formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau jurusan anda ketika kuliah. Hal ini sangat penting sekali lantaran tes CPNS itu tergantung pada pilihan formasi yang sesuai dengan pendidikan anda. Sehingga tidak seluruh lulusan dapat mendaftarkan pada salah satu formasi tes CPNS 2017 yang disediakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. 
  • Sesudah seluruh hal diatas sudah anda selesaikan, maka tahap terakhir ialah mencetak formulir bukti pendaftaran CPNS 2017 anda dan juga nomor peserta pendaftaran anda. Hal ini menandakan bahwa diri anda sudah berhasil dan terdaftar sebagai pendaftar CPNS Tahun 2017, Adapun Contoh bukti pendaftaran CPNS online di Website https://sscn.bkn.go.id/ dapat anda lihat pada gamabar Nomor 2 di atas.
Catatan Penting!!! Mulai proses pendaftaran online sampai dengan tes para pendaftar tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. Baik itu saat melakukan proses verifikasi berkas, ketika pelaksanaan ujian sampai dengan Pengumuman kelulusan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Pendaftaran Online CPNS 2017 di https://sscn.bkn.go.id/ yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel