Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017 yang Harus Diketahui

Bagi anda bapak/ibu guru yang akan sertifikasi pada Tahun 2017 ini, ada informasi penting terkait dengan Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017 yang Harus Diketahui. Silahkan anda perhatikan dengan seksama ya.

Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017 yang Harus Diketahui


Ada perbedaan PLPG 2017 dengan tahun sebelumnya?


Pada dasarnya pelaksanaan PLPG pada Tahun 2017 itu sama dengan PLPG tahun 2016. Namun terdapat  tambahan sebuah kegiatan baru yaitu PEMBEKALAN MATERI secara online (daring)

Apa tujuan Pembekalan Materi secara online (daring) dalam PLPG?


Tujuan dari Pembekalan Materi itu menaikkan tingkat kelulusan peserta PLG dalam mengikuti UTN/UKG. Sebab selama ini tingkat kelulusan dalam UTN/UKG sangatlah rendah lantaran para peserta tidak siap ketika hadir di tempat PLPG. Maka dari itu, para peserta diharuskan belajar terlebih dahulu melalui Pembekalan Materi secara online supaya mereka lebih siap.

Kapankah pembekalan PLPG dilaksanakan?


Pembekalan materi PLPG akan diselenggarakan selama waktu kurang lebih 2 bulan sebelum waktu pelaksanaan PLPG. Tergantung dari setiap LPTK pelaksana Sertifikasi Guru. Sebagian dari LPTK bahkan telah memulai pembekalan materi PLPG bulan Juli 2017 ini.

Artikel Terkait: Tanya Jawab Seputar SIM PKB

Di manakah memperoleh materi PLPG?


Materi PLPG bisa anda dapatkan secara lengkap di Website sertifikasi Guru yang beralamat di http://sertifikasiguru.id.  Untuk bisa mendapatkannya, anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu agar dapat mengunduh file materinya serta latihan yang per bab itu. Namun untuk mempermudahnya, kami telah menjadikan satu ke dalam file drive silahkan bukan alamat url berikut http://tinyurl.com/materi-plpg-um-2017 untuk mengunduh semua materi PLPG tanpa registrasi. Di dalamnya telah tersedia berbagai folder yang sesuai dengan mata pelajaran. Di masing-masing folder terdapat sebuah file materi pedagogik, satu file yang berupa materi bidang studi, dan satu folder yang isinya berupa soal latihan uraian. Namun tak seluruh mapel mempunyai soal latihan, lantaran di website sertifikasiguru.id memang tak tersedia.

Apa yang harus dilakukan oleh peserta PLPG?


Silahkan anda unduh file materi yang ada di dalamnya, sesuaikan dengan mapel yang anda ampu. Lalu baca dan pelajari, lebih dari itu usahakan buatlah ringkasan mengenai materi. Catat hal-hal yang belum anda mengerti, adakah materi yang menurut anda ada namun belum tercantum, dan seterusnya. Jangan lupa, kerjakanlah latihan soal uraian yang telah tersedia di dalamnya.

Untuk apa ringkasan tersebut?


Para peserta PLPG diharuskan untuk melaporkan kemajuan belajarnya melalui website KSG yang beralamat di http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan yang dilakukan secara berkala. Laporan yang anda kirimkan tersebut nantinya akan menjadi bagian dari proses penilaian selama pelaksanaan PLPG secara keseluruhan, dan juga wajib dipresentasikan ketika anda hadir dalam pelaksanaan PLPG.

Apakah guru peserta pembekalan akan belajar sendiri?


Tidak, para guru peserta pembekalan nantinya akan belajar dengan didampingin mentor. Ia akan memberikan tanggapan dan juga penilaian atas laporan yang anda buat. Mentor juga akan memfasilitasi proses diskusi mengenai materi yang sedang dipelajari.

Apakah boleh bertemu dengan para peserta lan?


Boleh-bolehsaja. Sistem pembelajaran darinf ini mewadahi kelas bayangan (virtual) antara para peserta dengan para mentor. Sehingga tanpa adanya kegiatan tatap muka secara fisik, juga bisa melaksanakan pertemuan secara online. Sebab di dalam satu kelas, pesertanya bisa berasal dari berbagai kota.

Apa alamat website pembekalan PLPG?


Seluruh kegiatan pembekalan PLPG akan difasilitasi lewat sebuah website resmi yang dikembangkan Ditjen GTK yang beralamat di http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan, silahkan anda akses situs tersebut.

Bagaimana cara Login ke website KSG?


Untuk bisa Login ke website KSG, anda harus memasukkan nomor peserta sebagai username dan sandi anda masing-masing. Mengenai password telah diberikan lewat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Kemudian LPTK akan menentukan para peserta akan masuk dalam kelas mana, bersama siapa saja dan dibimbing oleh mentor siapa.

Seorang Mentor bertugas menetapkan jadwal untuk pelaporan (terdapat 4 kali laporan), serta menentukan materi apa yang wajib dipelari dan juga dibuatkan laporan untuk setiap kegiatan pelaporan oleh para peserta.

Selanjutnya, para peserta dapat melakukan diskusi dengan para peserta lain yang berada dalam satu kelasnya dengan difasilitasi oleh mentor melalui forum diskusi khusus di dalam website KSG. Seluruh kegiatan pelaporan yang dilakukan oleh para peserta dan juga proses penilaian oleh para mentor harus dilaksanakan melalui website KSG supaya skor pelaporan dapat dikenali oleh sistem yang ada.

Apa yang dilakukan terhadap file laporan?


Setelah anda membuat laporan sesuai dengan format yang telah ditentukan, selanjutnya unggahlah file tersebut ke dalam sistem. Unggahlah ke dalam Menu pembagian laporan yang sesuai, jangan sampai anda memasukkan laporan 1 dimasukkan ke dalam jadwal laporan 2, atau sebaliknya. Ingat ya, ukuran file laporan paling besar adalah 1 MB. Jangan sampai melebihinya.

Bolehkah laporan ditulis tangan?


Tida Boleh! Tulislah laporan menggunakan Ms Word guna menghindari adanya salah pemahaman dalam tulisan. Apalagi jika tulisan yang dihasilkan kurang rapi/acak-acakan.

Bagaimana jika salah mengunggah data?


Segera saja hapus file salah yang anda unggah itu dengan cara menekan tombol X yang berwarna merah yang berada di sebelah kanan nama file yang anda unggah tadi. Kemudian silahkan unggah ulang file anda yang benar. Penghapusan file hanya dapat dilakukan selama file tersebut belum dinilai oleh pihak mentor. Nanti akan ada notifiksi bahwa penilaian telah dilakuka).

Bagaimana jika lupa password?


Segera saja lapor kepada Dinas Pendidikan atau LPMP setempat, sebab mereka telah mempunyai data akun di dalam sistem dan juga dapat melakukan reset terhadap password peserta.

Bagaimana jika saat PLPG, saya sedang melahirkan atau naik haji?


Jadwal mengenai keikutsertaan anda dalam setiap tahapan pelaksanaan PLPG dapat diatur dengan lebih awal atau akhir. Namun untuk pembekalan materi hanya akan berlangsung sekali di dalam periode sesuai yang telah ditetapkan. Maka dari itu, usahakanlah agar anda bisa mengikutinya supaya skor/nilai pada saat pembekalan tidak kosong. Saat para peserta PLPG hadir di tempat pelaksanaan PLPG maka seluruh skor yang berkaitan dengan proses pembekalan secara online harus telah lengkap semunya lantaran akan menjadi bagian penting dalam penentuan kelulusan PLPG.

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017 yang Harus Diketahui yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tanya Jawab Seputar Pembekalan PLPG 2017 yang Harus Diketahui "

  1. Bagaimana cara keluar kelas karena salah klik daftar kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh. minta keluar ke ketua kelasnya pak

      Hapus
  2. bagaimana cara menghapus komentar di forum ksg itu yaa..

    BalasHapus
  3. Saya belum dapat mentor sampai skr, sdg kan teman saya sdh semuanya, trus apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus