Cara Mengatasi Invalid Data Periodik Sarpras dan Hapus Jadwal Dapodik 2018

Sahabat Operator Dapodikdasmen, pada artikel kali ini saya akan melanjutkan beberapa pembahasan mengenai persolan tentang cara penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen.

Fokus pembahasan kali ini adalah mengenai Cara Mengatasi Invalid Data Periodik Sarpras dan Hapus Jadwal Dapodik 2018. Oke kita bahas satu per satu ya.

Cara Mengatasi Invalid Data Periodik Sarpras dan Hapus Jadwal Dapodik 2018


Pertanyaan: Ada beberapa sekolah yang pernah mengalami sebuah masalah, pada pada menu validasi ada data sarana yang masih dinyatakan INVALID untuk Data Periodiknya, bagaimana solusinya? (Lihat pada Gambar Nomor 1 di atas)

Jawaban: Solusi untuk mengatasi masalah ini ialah Cobalah para operator isikan jumlah data periodik yang terdapat pada sarana yang telah berada di dalam pilihan hapus buku dan sarana yang masih aktif. Cek ulang isian dari jumlah-jumlah sarana yang aktif maupun sarana yang sudah dilakukan hapus buku, pastikanlah bahwa semuanya sudah terisi untuk jumlahnya.

Artikel Terkait: Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen V. 2018

Pertanyaan: Mengapa terjadi sebuah pesan yang berisikan “Obyek jadwal tidak ditemukan” saat menghapus “Jam Pembelajaran tertenu pada menu Jadwal? (Lihat Gambar Nomor 2 di atas)

Jawaban: Seperti yang telah kita ketahui di dalam aplikasi dapodik versi 2018 ada penambahan sebuah menu baru yaitu  "Jadwal Pembelajaran". Apabila anda menemui permaslahan seperti di atas hal itu disebabkan karena adanya perubahan prasarana yang terdapat pada rombongan belajar, yang awalnya rombongan belajar AA memakai prasarana RK2 , namun operator dapodik langsung mengubah data prasarana RK 2 menjadi RK 4 di dalam menu rombongan belajar. Solusi guna menghapus jadwal jika terjadi hal itu ialah maka operator dapodik sekolah harus mengembalikan data prasarana di dalam rombongan belajar tersebut. Sehingga nanti menjadi bisa dihapus.

Pertanyaan:Bagaimana cara mengatasi pengisian formulir Peserta Didik atau PTK mengalami perubahan saat disimpan? (Lihat pada gambar nomor 3 di atas)

Jawaban: Untuk mengatasi persolan di atas ialah Perubahan data para peserta didik yang terdapat pada kolom kecamatan itu disebabkan pengisiannya tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Pakailah prosedur pemilihan kecamatan yang sesuai dengan pilihan yang tampil pada aplikasi dapodik, TIDAK BOLEH diketik secara manual ketika akan mengisikan datanya. Termasuk juga pada pilihan data kewarganegaraan harus juga memilih berdasarkan pilihan yang tersedia, bukannya dengan cara diketik. Secara manual.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Invalid Data Periodik Sarpras dan Hapus Jadwal Dapodik 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Invalid Data Periodik Sarpras dan Hapus Jadwal Dapodik 2018"

Posting Komentar