Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online

Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online - Pada artikel yang lalu saya sudah menjelaskan sedikit mengenai Aplikasi Guru Online, silahkan anda baca Alamat Website Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online.

Perlu anda ketahui Dirjen GTK membuat sebuah aplikasi baru bernama Absense Guru bertujuan untuk melakukan validasi data kehadiran guru ketika jam tatap/mengajar di kelas.


Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online


Aplikasi Daftar Hadir GTK ini harus diisi secara online oleh para Operator Dapodik Sekolah. Untuk bisa login ke dalam Aplikasi Absensi Kehadiran Guru ini salah satu syaratnya ialah dengan melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018 terlebih dahulu. Sehingga data semua GTK sudah masuk secara otomatis ke dalam Aplikasi Daftar Hadir.

Aplikasi Absensi Kehadiran GTK sangat penting sekali, terutama bagi para guru yang telah sertifikasi. Sebab kedepannya bukan tidak mungkin aplikasi baru ini menjadi salah satu syarat utama penerbitan SKTP.

Untuk bapak dan Ibu guru dan juga para rekan-rekan operator dapodik sekolah yang belum memahami Cara melakukan Login serta Mengisi Aplikasi Absensi/Aplikasi Kehadiran Guru Online ini silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online


Langkah-langkah untuk melakukan Cara Login dan Mengisi Aplikasi Absensi Guru Online adalah sebagai berikut:
  • Pastikanlah bahwa anda telah melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018 terlebih dahulu
  • Silahkan mengakses website Aplikasi Daftar Hadir GTK yang beralamat di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
  • Jika sudah, silahkan masukkan beberapa data seperti yang nampak pada gambar nomor 1 di atas, yaitu: 
  1. NPSN: isi dengan Nomor NPSN sekolah Anda
  2. Userid : isi dengan email sekolah yang anda gunakan untuk melakukan Login aplikasi dapodik (username sama dengan dapodik)
  3. Password : masukkan password seperti yang anda gunakan di aplikasi Dapodik
  4. Jika anda berhasil melakukan Login akan tampil 3 fitur utama, yitu Beranda, Kehadiran dan juga Keluar Aplikasi. Silahkan Anda Klik pada fitur “kehadiran” (Lihat Gambar Nomor 2)
  • Sebelum Anda membuat serta mengisi daftar kehadiran para guru setiap hari secara online, pastikanlah anda terlebih dahulu membuat Kalender Sekolah. Caranya klik pada tombol TAMBAH BARU atau HAPUS SEMUA yang terdapat pada kolom template kalender.  (Lihat Gambar 3)
  • Adapun fitur TAMBAH BARU untuk membuat kalender pendidikan bisa anda lihat pada gambar nomor 4 di atas
  • Sesudah anda selesai membuat Kalender Pendidikan, sekarang Anda dapat membuat Daftar Hadir Guru. Caranya adalah pilih Tombol semester, pilih bulan lalu Klik pada Buat Daftar Hadir, lalu klik Simpan. (Lihat Gambar 5 di bawah)
  • Sesudah daftar hadir berhasil dibuat Anda dapat mengisi daftar hadir dengan cara memberikan Tanda (atau) menghapus tanda (v). Ingat ya pengisian daftar hadir guru melalui website hadir.gtk.kemdikbud.go.id tidak boleh dilakukan melebihi tanggal yang sedang berjalan.

Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online

Demikianlah informasi mengenai Cara Login dan Mengisi Aplikasi Daftar Kehadiran Guru Online yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel