Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim?

Banyak rekan-rekan operator yang menanyakan tentang Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id? Padahal proses pengiriman data PMP (sinkronisasi ke server pusat) telah dinyatakan berhasil.

Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim?


Hal ini membuat banyak rekan operator yang bingung, hingga memutuskan berulangkali mengirim data PMP. Kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi ya?

Awalnya saya sendiri juga bingung ketika mengalami hal tersebut. Namun setelah membaca berita di website PMP kini saya sudah mengerti penyebabnya.

Artikel Terkait: Tips Sukses Kirim Data PMP

Bagi teman-teman yang belum tahu, berikut ini kami jelaskan Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim:
  1. Status Pengiriman PMP ada 3 macam yaitu Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
  2. Sesudah sekolah dinyatakan berhasil dalam melakukan proses pengiriman data PMP, maka server pusat hanya akan menerima file-file PMP sekolah.
  3. Update Pengiriman data PMP dilakukan setalah Sehari (jangka waktu 1x24 jam) sesudah sekolah melakukan pengiriman data, maka server selanjutnya akan memproses file-file PMP dengan mencatat log/waktu saat melakukan pengiriman beserta semua data jawaban ke dalam database. Contohnya saja apabila sekolah melakukan pengiriman data PMO pada tanggal 21 September 2017, maka log/waktu pengiriman baru akan masuk ke dalam database sehari sesudahnya yaitu pada tanggal 22 September 2017.
  4. Sesudah log/waktu pengiriman sekolah dan juga file PMP selesai diproses, maka website PMP akan melakukan sistem pembaharuan informasi secara berkala setiap 6 jam sekali yakni pada  pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan pukul 18.00 WIB. Contohnya saja waktu pengiriman data PMP yang telah diproses dan masuk ke dalam database selesai pada pukul 10.00 WIB, maka datanya yang baru dapat dilihat pada pukul 12.00 WIB.
  5. Apabila dalam waktu lebih dari 3x24 jam data PMP masih juga menunjukkan status Belum Kirim atau Gagal Diproses maka silahkan anda langsung menghubungi pihak LPMP, Dinas Pendidikan terkait guna diinformasikan kepada pihak admin pusat.
Nah dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa update status progress pengiriman data PMP memang membutuhkan jangka waktu. Sehingga wajar saja apabila progres pengiriman data PMP anda tidak kunjung berubah pada waktu itu juga.

Jika anda sudah dinyatakan berhasil dalam melakukan pengiriman data PMP, saya anjurkan jangan mengirim terus-menerus. Cukup mengirim data satu kali saja apabila tidak ada penambahan data.

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim, semoga bisa menjawab kegelisahan dari rekan-rekan semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Progres Pengiriman PMP Tak Kunjung Berstatus Sudah Kirim?"

Posting Komentar