Tanya Jawab Seputar Dapodik Info GTK


 Info GTK adalah salah satu bagian terpenting dari proses pemberian berbagai macam tunjangan kepada para guru. Pada layanan Info GTK, guru bisa melakukan pengecekan atas validitas datanya untuk keperluan penerbitan SKTP.

Tanya Jawab Seputar Dapodik Info GTK


Namun pada praktiknya, kerap kali kita melihat data yang terdapat dalam Info GTK bermasalah. Pastinya anda akan bertanya-tanya bagaimana ya untuk mengatasi masalah info GTK seperti data kosong, data guru tidak lengkap, tugas tambahan belum diakui, validasi BKN, Terdapat Tanda Seru Kuning atau bahkan Tanda Silang Merah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang Tanya Jawab Seputar Dapodik Info GTK akan mencoba menjawab masalah yang anda temui dalam Info GTK.

Semua isi tulisan ini merupakan kumpulan permasalahan dan juga solusi yang dihimpun dari berbagai macam sumber sesuai dengan pengalaman kawan-kawan operator dapodik. Silahkan simak ya:

Bagaimana Cara Mengatasi Info GTK di SIM PKB Tidak Bisa Dibuka?

Apabila hal ini terjadi, bukanlah disebabkan server sedang rusak atau mengalami overload kemudian maintenance. Tapi untuk akses masuk memang terkadang sedang di tutup. Hal ini dilakukan lantaran sedang ada proses pengambilan data, sinkronisasi data serta Migrasi Data antara server Dapodik dengan SIM PKB (Info GTK) dan juga Kehadiran Guru DHGTK dengan SIM TUN.

Data Guru Tidak Lengkap

Terkadang saat kita sedang mengecek di dalam Info GTK hasilnya akan muncul mengecewakan karena dimana data kita dinyatakan tidak lengkap. Apabila data telah lengkap di dalam dapodik dan sukses melakukan sinkron namun data masih tidak lengkap, bisa saja memang data tersebut belum masuk semuanya ke dalam server tunjangan.

Hal ini disebabkan karena proses Reflikasi data dari aplikasi dapodik ke SIM TUN belum selesai. Sebab proses replika ke server tunjangan ini belum juga selesai maka anda harus bersabar.
Replikasi database adalah seperangkat teknologi yang dipakai untuk menyalin lalu mendistribusikan data dari satu database ke database lainnya, lalu mensinkronisasikan antar kedua database tersebut untuk menjaga konsistensi data.

Keaktifan Guru Belum Terverifikasi oleh BKN (Data Tidak Cocok)

Periksalah profil individu guru di dalam BKN apakan telah terbaru atau belum, apakah terdapat perbedaan data atau tidak. Contohnya saja dalam Hal Jabatan Fungsional, di dalam data BKN masih memakai referensi lama yaitu Golongan III/c Jabatan Fungsional Lama : Guru Dewasa Baru : Guru Muda.

Untuk itu, silahkan anda cek pada layana profil PNS BKN https://apps.bkn.go.id/ProfilPns
Lihatlah pada SK pangkat terakhir pada kolom Jabatan Fungsional. Apabila terjadi perbedaan maka anda harus menunggu berubah dengan sendirinya saat sudah update memakai data baru anda dapat datang dan berkordinasi dengan pihak BKPSDM/BKN setempat.  Mengenai syarat-syarat untuk memperbaiki datanya, terkadang masing-masing daerah mempunyai persyaratan yangberbeda-beda.

Sekolah Induk Berwarna Merah atau Kabupaten/Provinsi Masih Berwarna Merah

Penyebabnya ialah data belum sepenuhnya jadi, maka kita harus sabar menunggu proses

Gagal Login dengan Keterangan Data Tidak Ditemukan

Hal ini Besar kemungkinan ini terkait dengan pengisian referensi UKG di dalam Dapodik, untuk mengatasinya silahkan hapus dahulu data nilai test UKG yang telah dientri kemudian input kembali lalu sinkron.

Gagal Login dengan Keterangan User Id dan Pasword Tidak Boleh Kosong

Hal ini kerap terjadi pada GTK yang belum mempunyai NUPTK, guru bisa masuk ke dalam SIM PKB tapi susah masuk ke Info GTK. Karena pentingnya memasukkan data UKG sebagan nomor unik untuk mengidentifikasi data individu guru.

Info GTK Ada Tanda Seru Tanda Seru Kuning atau Tanda Silang Berwarna Merah

Bagi bapak ibu yang Info GTK-nya ada tanda seru kuning (warning/perigatan) sementara masih aman statusnya, sedangkan bagi yang tanda silang merah harus menunggu SOP penerbitan SKTP terlebih dahulu.

Tugas Tambahan Kepala Sekolah Defenitif Dinyatakan Masih 0 Jam

Periksa kembali pengisian yang ada pada aplikasi dapodik, pastikanlah bahwa Jenis PTK-nya telah menjabat Kepala Sekolah lalu pada data rinci tugas tambahan Kepala Sekolah. Apabila telah diisi dengan benar berarti anda tinggal menunggu proses.

Bagaimana Jika 1 Guru Mempunyai 2 Tugas Tambahan? Misalnya, Sebagai Pembina Pramuka Dan Pembina Eskul?

Alangkah baiknya tugas tambahan seorang guru hanya satu saja karena terasa dipaksakan jika harus dua. Seolah-olah di sekolah tersebut tidak ada guru lain. Guna memenuhi jam selain tugas tambahan bisa juga menggunakan jam wajib tambahan, namun perlu diperhatikan pengisiannya agar tidak melebihi jam maksimal rombel

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar Dapodik Info GTK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel