Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word


Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word - Saat kita bekerja dengan memakai Microsoft Word ataupun excel, terkadang harus mengatur halaman yang digunakan secara khusus. Tidak seperti pengaturan default yang akan muncul ketika kita membuka 2 program tersebut.

Pengaturan khusus yang saya maksud di sini adalah, mengatur ukuran kertas, model halaman, jarak atas-bawah-kanan-kiri halaman dan lain sebagainya.

Pengaturan halaman ini sangat penting sekali, terlebih jika anda ingin mencetak dokumen yang mempunyai ukuran lebih kecil ataupun lebih besar dari ukuran standart yaitu A4.

Artikel Terkait: Cara Memperbesar dan Memperkecil Huruf di Word Memakai Shurtcut Keyboard

Sebab perlu anda ketahui, ukuran halaman di Ms Word tersebut bisa anda ubah sesuai dengan keinginan anda. tentunya untuk itu perlu dilakukan pengaturan tata letak halaman terlebih dahulu.

Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word


Ada 3 hal yang bisa diatur terkait dengan tata letak halaman, yaitu:

1. Mengatur Model Orientasi Halaman word

Disini anda dapat mengatur model orientasi halaman word, apakah akan menggunakan model vertikal “berdiri” atau ingin memakai horizontal “Melebar ke samping.

Untuk mengatur Model Orientasi Halaman caranya adalah tab menu Page Layout >> pilih Orientation lalu klik Potrait, apabila anda  ingin membuat halaman di word menjadi standart vertikal keatas.

Klik Page Layout >> Orientation dan klik Landscape, apabila anda ingin membuat halaman dengan model horizontal "melebar ke samping". Silahkan anda lihat gambar di bawah ini:

Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word


2. Cara Mengatur Margin Halaman

Di sini anda dapat mengatur margin /batas kertas yang meliputi atas-bawah-kiri-kanan halaman dengan cara memilih menu Page Layout >> pilik Margins, dan pilih salah satu batas margin yang ingin anda gunakan.

Atau apabila tidak ada yang sesuai dengan keinginan,  anda dapat memilih fitur “Custom Margins”, lalu silahkan tentukan  ukurannya. Adapun menu yang terdapat dalam fitur “Custom Margin” adalah sebagai berikut:

  • Top, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian atas halaman
  • Bottom, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian bawah halaman
  • Left, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian samping kiri halaman
  • Right, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian samping kanan halaman
  • Header, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian judul kepala "header/atas" halaman
  • Footer, berfungsi untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kaki "bawah" halaman


Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word


3. Cara Menentukan Ukuran Kertas

Ada beberapa ukuran kertas yang bisa anda pakai dalam mencetak dokumen di Ms Word. Adapun cara menentukan ukuran kertas ialah pilih menu Page Layout >> Size. Anda dapat memilih ukuran kertas sesuai dengan keinginan anda. lihat gambar di bawah ini:

Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word


Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatur Tata Letak Halaman di Word"

Posting Komentar