Download Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru


Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah resmi menerbitkan Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru.

Sesuai dengan Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru, dijelaskan bahwa pnilaian terhadap hasil belajar dari peserta didik adalah salah satu kegiatan yang rutin di dalam dunia pendidikan.

Download Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru


Proses penilaian hasil belajar dilaksanakan antara lain guna mengetahui kekuatan dan juga kelemahan dari para peserta didik, mengawasi perkembangan belajar siswa, menilai tingkat pencapaian kurikulum yang digunakan, memberikan nilai kepada para peserta didik hingga menentukan tingkat efektivitas pembelajaran yang dilakukan.

Guna mencapai semua tujuan tersebut bisa dipakai berbagai macam bentuk dan instrumen penilaian. Tetapi sampai saat ini, tes tertulis masih menjadi instrumen yang paling dominan dipakai dalam menilai hasil belajar dari para peserta didik di sekolah.

Pada umumnya setiap sekolah dalam melakukan penilaian pembejaran bagi para peserta didik menggunakan tes tulis. Jenis tes tulis yang dipakai biasanya campuran antara Pilihan Ganda dan Essai.

Instrument penilaian tes tulis dianggap yang paling mungkin dilakukan dan dibuat oleh para guru. Sebab cenderung lebih mudah dibuat dan efisien dalam praktiknya.

Kendati demikian, dalam membuat soal guru tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Misalnya dengan meniru secara menyuluruh di dalam Buku Pelajaran ataupun Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memang sudah didesain terdapat soal latihan yang berupa pilihan Ganda dan Essai tersebut.

Soal tes tulis yang baik adalah soal yang bisa mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dari para peserta didik. Entah soal tersebut dalam bentuk pilihan ganda atau esai.

Maka dari itu, agar para guru bisa membuat soal seperti yang diharapkan tersebut, Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru.

Buku ini dibuat sebagai panduan bagi para guru dalam membuat soal tes untuk siswa jenjang pendidikan SMP/MTs sederajat.

Download Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru

Agar lebih jelasnya, silahkan anda Download Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru DISINI.

Demikianlah informasi mengenai Download Buku Panduan Penuliasn Soal SMP/MTs Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel