USBN 2018 untuk Semua Mapel, Berikut Ini Daftarnya


Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional (POS UN) Tahun 2017/2018, yang dimkasud dengan Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN) adalah sebuah kegiatan untuk melakukan pengukuran terhadap capaian kompetensi peserta didik yang dilaksanakan oleh sekolah  untuk  semua  mata  pelajaran  dengan  mengacu  pada  Standar Kompetensi  Lulusan (SKL) guna mendapatkan  pengakuan  atas  prestasi belajar peserta didik, kecuali untuk mata pelajaran Muatan Lokal(Mulok).



Sesuai dengan Slide Pembahasan Kebijakan USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbu) tanggal 23 November 2017 juga dijelaskan bahwa untuk USBN Tahun 2018 akan dilaksanakan di SD, SMP, SMA dan SMK untuk seluruh Mata Pelajaran Kecuali hanya Mulok saja.

Tentu ini menjadi kebijakan baru terkait dengan pelaksanaan USBN. Sebab pada tahun sebelumnya tidak semua mata pelajaran masuk dalam USBN, hanya beberapa mapel saja.

Artikel Terkait: Kisi-Kisi USBN PAI SD SMP SMA SMK Tahun 2018

Dengan adanya kebijakan baru ini, maka sebagai guru utamanya wajib mempersiapkan para peserta didik sebaik mungkin. Supaya mereka bisa mengerjakan soal-soal USBN yang diujikan nantinya. Apalagi saat ini sudah akan memasuki semester genap 2017/2018. Di mana untuk peserta didik yang berada di kelas akhir hanya memperoleh pembelajaran efektif 3 bulan saja sebelum UN dan USBN dilaksanakan.



Sehingga para guru dan peserta didik harus sesegera mungkin mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan UN dan USBN. Biasanya pada semester 2, untuk kelas akhir mereka akan focus mempelajari materi-materi yang akan diujikan.



Untuk itu, para guru alangkah baiknya nanti harus mempunyai kisi-kisi USBN. Biasanya pada awal semester 2 kisi-kisi tersebut akan diumumkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Daftar Mapel USBN untuk Semua Jenjang

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa USBN 2018 untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK.



Dari semua jenjang tersebut, mapel yang diujikan berbeda-beda. Agar lebih jelas silahkan anda simak daftarnya berikut ini:

Daftar Mapel USBN jenjang SD


USBN 2018 untuk Semua Mapel, Berikut Ini Daftarnya


Daftar Mapel USBN jenjang MI

USBN 2018 untuk Semua Mapel, Berikut Ini Daftarnya


Daftar Mapel USBN jenjang SMP

USBN 2018 untuk Semua Mapel, Berikut Ini Daftarnya


Daftar Mapel USBN jenjang MTs



Daftar Mapel USBN jenjang SMA IPA



Daftar Mapel USBN jenjang SMA IPS



Daftar Mapel USBN jenjang SMA Bahasa



Daftar Mapel USBN jenjang MA IPA

Daftar Mapel USBN jenjang MA IPS






Daftar Mapel USBN jenjang MA Bahasa



Daftar Mapel USBN jenjang SMK



Daftar Mapel USBN jenjang MAK



Demikianlah informasi mengenai Daftar Mapel USBN untuk Semua Jenjang yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USBN 2018 untuk Semua Mapel, Berikut Ini Daftarnya"

Posting Komentar