Daftar Mapel USBN SD SMP SMA SMK Terbaru 2018


Ada perubahan cukup signifikan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK

Perubahan utama terdapat pada Daftar Mapel yang Diujikan dalam USBN Tahun 2018. Di mana untuk jenjang SMP, SMA dan SMK berbeda dengan tahun sebelumnya.

Daftar Mapel USBN SD SMP SMA SMK Terbaru 2018


Maka dari itu, bapak dan ibu guru harus memperhatikan dengan  teliti kebijakan baru tersebut. Informasi mengeni perubahan Mapel ini saya peroleh dari website Kemendikbud.

Daftar Mapel USBN SD Tahun 2018

Pada Jenjang pendidikan SD, sekitar 75%-80% soal USBN akan dipersiapan oleh para Guru Mapel di satuan pendidikan.

Lalu soal-soal tersebut harus dikonsolidasikan dengan pihak Kelompok Kerja Guru (KKG) yang berada di wilayahnya.

Sebenarnya beberapa waktu lalu ada usulan untuk menambah jumlah mapel USBN SD. Namun karena ada berbagai macam pertimbangan usulan tersebut belum disetujui.

Mapel USBN untuk jenjang SD ada 3, yaitu:


  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Matenmatika

Keterangan: Sekitar 90% soal USBN SD berbentuk pilihan ganda, dan sekitar 10% soal berbentuk esai.


Mapel USBN Paket A

Untuk program Paket A ada 5 Mapel yang diujikan dalam USBN, yaitu:

  • Bahasa Indonesia 
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 
  • Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Keterangan: Kelima mapel USBN Program Paket A tersebut adalah mapel yang sebelumnya diujikan dalam Ujian Sekolah/Madrasah. Untuk ujian sekolah tahun ini mapel yang diujikan ialah Pendidikan Agama, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Penjaskes

Mapel USBN Jenjang SMP, SMA dan SMK

Mapel USBN untuk jenjang SMP, SMA, SMK, Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Kesetaraan meliputi Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya, semua mata pelajaran akan diujikan dalam USBN, namun tidak ada lagi yang namanya ujian sekolah.

Mulai pada tahun ini, semua Mapel akan diujikan dengan menggunakan komposisi soal 90 persen berbentuk pilihan ganda, dan 10 persen berbentuk esai.

Untuk jenjang pendidikan SMP, SMA, dan SMK sebanyak 75% - 80% naskah soal USBN akan disiapkan oleh guru di satuan pendidikan dan kemudian dikonsolidasikan dengan pihak Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Sedangkan pada jenjang pendidikan SDLB, SMPLB, dan SMALB 100%  soal USBN akan disiapkan oleh pihak sekolah sesuai dengan kisi-kisi nasional.

Untuk jenjang Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya sebanyak 75% – 80% soal USBN akan disiapkan oleh pihak Tutor dan kemudian dikonsolidasikan dengan Forum Tutor.

Sementara sekitar 20% – 25%  soal USBN akan disiapkan oleh pihak pusat sebagai soal jangkar (anchor).

Demikianlah informasi mengenai Daftar Mapel USBN SD SMP SMA SMK Terbaru 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Mapel USBN SD SMP SMA SMK Terbaru 2018"

Posting Komentar