Kisi-Kisi USBN SD 2018 Lengkap


Kisi-Kisi USBN SD 2018 Lengkap - Pada tahun ini jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sederajat akan menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasonal (USBN).

Khusus untuk SD, USBN dijadikan sebagai sebuah kegiatan untuk pengukuran capaian kompetensi peserta didik di sekolah hanya untuk beberapa mata pelajaran tertentu saja.

Kisi-Kisi USBN SD 2018 Lengkap


Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada tahun 2018 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan sebuah kebijakan baru mengenai ujian akhir SD, yaitu dengan menerapkan USBN untuk para peserta didik kelas 6.

Dalam USBN SD tahun 2018 ini hanya akan mengujikan tiga mata pelajaran saja, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Format soal USBN SD tahun 2018 adalah sebesar 20 persen sampai dengan 25 persen soal disiapkan oleh pihak Pusat sebagai soal jangkar (anchor). Sedangkan 75 persen sampai dengan 80 persen disiapkan oleh para guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Soal USBN SD tidak hanya menggunakan model pilihan ganda saja, namun juga akan menyertakan soal mode esai sebanyak 10 persen dari total seluruh soal yang diujikan.

Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) yang berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, di mana seluruh soal dibuat dengan bentuk pilihan ganda.

Untuk lima Mapel Ujian Sekolah, soal-soal akan dibuat oleh pihak guru masing-masing di sekolah. Kendati demikian Kemendikbud a mendorong agar para guru membuat soal Ujian Sekolah dengan kombinasi soal pilihan ganda dan esai.

Maka dari itu, sebagai bahan acuan dalam proses pembelajaran dibutuhkan kisi-kisi USBN untuk persiapan menghadapi USBN nantinya.

Kisi-Kisi USBN SD 2018 ini berisikan materi apa saja yang nantinya akan dibuat menjadi soal, sehingga baik siswa maupun guru bisa memprediksi materi yang akan diujikan.

Download Kisi-Kisi USBN SD 2018 Lengkap

Bagi anda yang membutuhkan Kisi-Kisi USBN SD 2018 bisa anda download pada link di bawah ini:


Demikianlah informasi mengenai Download Kisi-Kisi USBN SD 2018 Lengkap yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel