Cara Mencetak Informasi Individu Guru di Dapodik


Dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2018b terdapat sebuah fitur baru untuk melakukan pengecakan informasi data individual guru.

Seperti yang diketahui bahwa validitas data setiap individu guru sangat penting sekali. Setiap data yang dimasukkan ke dalam dapodik haruslah benar. Jangan sampai ada yang salah, sebab bisa berpengaruh terhadap banyak hal salah satunya mengenai pemberian tunjangan profesi guru (TPG),

Memang pada aplikasi sebelumnya, setiap guru bisa mengecek data dirinya langsung di dapodik menggunakan akun GTK masing-masing. Namun kelemahannya, guru harus menggunakan laptop/komputer yang diinstal dapodik. Atau melalui jaringan lan lokal dari komputer server dapodik.

Dengan adanya fitur mencetak informasi data individual guru diharapkan bisa mempermudah para guru dalam mengecek kesesuaian data yang sudah diinputkan ke dalam aplikasi Dapodikdasmen .

Jadi dengan adanya fitur baru ini, para guru tidak perlu lagi mengecek datanya secara langsung di dapodik. Namun bisa mengeceknya lewat dokumen print out yang berasal dari dapodik. Sehingga proses pengecekannya akan lebih mudah dilakukan.

Sebaiknya pencetakan data individu guru dilaksanakan sebelum operator sekolah melakukan proses sinkronisasi data. Supaya data yang dikirimkan lebih terjamin validitasnya.

Cara Mencetak Informasi Individu Guru di Dapodik

Untuk melakukan cetak informasi individu Guru di dapodik caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda Login ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru
  • Di dalam menu GURU, silahkan pilih data guru yang ingin anda cek 
  • Kemudian klik pada tombol PROFIL GURU
  • Setelah itu akan muncul jendela Profil Guru seperti gambar di bawah ini

Cara Mencetak Informas Individu Guru di Dapodik


  • Apabila anda ingin mencetak Profil Guru tersebut, silahkan klik pada tombol CETAK DOKUMEN yang terdapat di bagian atasnya
Cara Mencetak Informas Individu Guru di Dapodik

  • Sesudah itu klik pada tombol PRINT guna mencetak melalui mesin printer anda

Cara Mencetak Informas Individu Guru di Dapodik

Tambahan: Pastikan saat anda ingin mencetak data individu guru melalui Aplikasi Dapodik, laptop/komputer sudah terhubung dengan printer. Sehingga anda bisa mencetak data tersebut secara langsung. Pastikan juga anda sudah mengubah Kop Sekolah Default Dapodik dengan Kop Sekolah anda.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mencetak Informasi Individu Guru di Dapodik yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencetak Informasi Individu Guru di Dapodik"

Posting Komentar