4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik

Mengisi nilai raport di dalam aplikasi dapodik saat ini sudah menjadi kewajiban.

Maka dari itu, para operator, guru serta wali kelas harus bekerjasama dengan baik. Supaya semua nilai siswa bisa diinput dengan cepat dan tepat.

4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik

Kalau hanya mengandalkan operator dan wali kelas saja tentu pekerjaan ini sangat berat. Karena nilai yang harus diinput sangat banyak.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara operator, wali kelas dan guru mapel untuk mempermudah pekerjaan ini.

Terkait dengan hal ini, sebenarnya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menginput nilai raport di dalam aplikasi dapodik yang saya jelaskan di bawah ini.

4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik


Adapun keempat cara tersebut adalah sebagai berikut:


  1. Silahkan Login sebagai Guru Mata Pelajaran di dalam Aplikasi Dapodik. Cara ini hanya dapat mengisi nilai untuk 1 mata pelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diajar/diampu oleh guru tersebut. Nilai yang salah input nantinya bisa di edit, dan juga telah dilengkapi dengan menggunakan tombol Export/ImportL
  2. ogin sebagai Wali Kelas di dalam Aplikasi Dapodik. Cara ini hampir sama dengan melakukan login sebagai Guru Mata Pelajaran, tetapi jika login sebagai Wali Kelas maka dapat mengisi semua nilai Mata Pelajaran yang diajar di kelas tersebut. Nilai yang salah juga bisa di edit, dan dilengkapi pula dengan tombol Export/ImportL
  3. ogin sebagai Operator Sekolah. Dengan login sebagai operator, maka anda dapat mengisi semua nilai Mata Pelajaran di semua kelas. Namun tidak dapat mengedit nilai yang keliru/salah. Nilai hanya bisa diinput hanya dengan cara Export/Import.M
  4. enggunakan Aplikasi eRapor/MPD-SMK. Di Dalam Aplikasi Raport disediakan menu "Kirim Nilai ke Dapodik". Para admin hanya perlu meng-klik menu tersebut, maka nilai Raport yang sudah di isi di Aplikasi eRapor akan terkirim ke Aplikasi Dapodik

Itulah 4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik yang bisa anda lakukan. Silahkan pilih cara mana yang disukai

Di dalam Buku Panduan Dapodik memang disarankan menggunakan aplikasi eRapor/MPD-SMK, namun bukan berarti tidak bisa mengisi nilai Raport di Dapodik menggunakan Login sebagai Guru Mapel, Wali Kelas atau Operator.

Khusus yang menggunakan aplikasi eRapor/MPD-SMK, sebelum "Kirim Nilai ke Dapodik", coba cari info dulu, apakah telah di instruksikan kirim nilai atau belum. Kalau belum di instruksikan, tunggu dulu, jangan langsung kirim. Kalau langsung kirim, biasanya nilainya belum tampil/belum masuk, karena Dapodik sekarang menggunakan Database baru.

Demikianlah informasi mengenai 4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Sumber : FB Ana Ogi

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Entri Nilai Raport di Dapodik"

Posting Komentar