Download Panduan Manajemen Dapodik 2018 2019


Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Buku Panduan Manajemen Dapodik Tahun 2018-2019.

Panduan ini diperuntukkan bagi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) serta Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya untuk menunjang pelayanan Data Pokok Pendidikan di setiap daerah.

Download Panduan Manajemen Dapodik 2018 2019


Dengan melakukan login ke dalam Manajemen Dapodik, para Operator LPMP dan Dinas Pendidikan bisa melihat seluruh data utama yang dimunculkan. Misalnya saja Jumlah sekolah di masing-masing jenjang, peserta didik baru, Guru, Rombel, Ruangan kelas, jumlah peserta didik yang lulus, mengulang hingga peserta didik yang putus sekolah.

Di dalam Sub Menu Registrasi, para Pengguna Manajemen Dapodik juga bisa melihat dan melakukan reset terhadap Kode Registrasi Sekolah di wilayahnya masing-masing.

Pada Sub Menu Registrasi ini berdasarkan peran dan hak akses pengguna yang melakukan Login ke dalam Manajemen Dapodik.

Untuk menampilkan Kode Registrasi Sekolah melalui Manajemen Dapodik caranya adalah sebagai berikut:

  • Login ke dalam Manajemen Dapodik
  • Pilih Sub Menu Kode Registrasi, maka akan muncul laman kode registrasi
  • Apabila yang melakukan login adalah LPMP/Dinas Pendidikan Provinsi maka bisa memilih Kabupaten/Kota/Kecamatan Sekolah yang akan ditampilkan Kode Registrasinya
  • Jika yang login adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota maka hanya muncul Kecamatan di mana sekolah berada
  • Setelah itu klik tombol Tampilkan guna menampilkan Daftar Kode Registrasi Sekolah


Manajemen data pokok pendidikan atau yang disingkat Dapodik berguna bagi LPMP serta Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota guna menunjang pelayanan Dapodik di daerah. Tugas dan fungsi untuk masing-masing unit kerja yang terkait Dapodik berbeda:

  • LPMP: Bertugas memverifikasi serta validasi manajemen pengguna Dinas pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota. Serta ikut dalam mengawal kualitas data dapodik disekolah.
  • Dinas Pendidikan: Tugas dan fungsi dinas sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan

Akun pengguna manejemen dapodik bagi Dinas Pendidikan nanti nya akan ditata kembali agar lebih aman dan rapi. LPMP sebagai bagaian dari Dapodik nantinya akan mengemban tugas untuk membantu melakukan verifikasi dalam proses pendaftaran akun pengguna bagi Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Download Panduan Manajemen Dapodik 2018 2019

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda download Panduan Manajemen Dapodik 2018 2019 pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Download Panduan Manajemen Dapodik 2018 2019 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel