Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pertanyaan dari komentator di Blog ini, mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB. Nah melalui artikel ini saya akan menjelaskannya kepada anda semuanya.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa seluruh guru termasuk juga Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah wajib terdaftar ke dalam SIM PKB atau mempunyai akun pada Guru Pembelajar.

Baca juga: Cara Mendaftar SIM PKB

Salah satu syarat untuk bisa terdaftar ke dalam SIM PKB ialah mengetahui Nomor Uji Kompetensi Guru (UKG) yang pernah diikuti oleh guru tersebut.

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


Lantas bagaimana jika guru yang ingin mendaftarkan diri ke dalam SIM PKB namun lupa Nomor UKG milikinya atau guru tersebut belum pernah melakukan UKG? 

Saya rasa banyak sekali guru-guru yang menanyakan tentang hal ini. Sebab banyak dari mereka lupa tentang nomor UKG-nya.

Menanggapi masalah tersebut, rupanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Admin SIM PKB atau Admin SIM Guru Pembelajar Moda daring sudah menyediakan fitur khus bagi para guru yang lupa Nomor UKG atau untuk para guru yang belum melakukan UKG supaya bisa mendapatkan nomor UKG guna melakukan pendaftaran pada Program SIM PKB.

Baca juga: Cara Verval Data di SIM PKB

Supaya lebih jelasnya berikut ini saya informasikan mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat membantu Bapak/Ibu guru untuk memperoleh nomor UKG, sehingga anda semuanya bisa bergabung dengan komunitas guru untuk mata pelajaran masing-masing.

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


  • Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan Login Ke website SIM PKB atau SIM GURU Pembelajar dengang alamat berikut ini https://paspor.simpkb.id/casgpo/login
  • Kemudian Klik Tombol REGISTRASI AKUN berwarna Merah yang berada di bawah
  • Setelah Tombol Registrasi Akun di Klik, maka akan tampil laman Registrasi Akun Guru Pembelajar. Lihat di bawah Tombol REGISTER. Di situ terdapat Tombol “Cari No. UKG” yang berwarna merah
  • Klik Tombol Cari No. UKG tersebut
  • Maka akan muncul Laman Pencarian Data GTK Guru Pembelajar, di situ ada beberapa data yang harus anda isi, meliputi:
  1. Pilih Propinsi isi dengan memilih nama propinsi di mana anda berada
  2. Pilih Kota isi dengan memilih Nama Kabupaten/Kota di mana anda berada
  3. Nama Peserta UKG isi dengan Nama Lengkap anda sesuai SK
  • Jika semuanya sudah terisi dengan benar, selanjutnya Klik Tombol “Cari GTK”
  • Maka secara otomatis data anda, termasuk Nomor UKG akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB


Cara di atas juga bisa anda gunakan untuk mencari Nomor UKG bagi yang lupa Nomor UKH. Langkah-langkahnya sama saja. Mudah sekali to? Silahkan dipraktekkan ya.

Sekian informasi mengenai Cara Mencari Nomor UKG Bagi yang Lupa dan Belum UKG Supaya Terdaftar Di SIM PKB yang bisa kami sampaikan.

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik - Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dibuat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen. Maka, saat menginstal aplikasi PMP anda harus menjadikan satu dengan laptop yang terinstal Dapodik.

Gunanya, supaya antara Aplikasi PMP dan Dapodik bisa saling terhubung. Sehingga pengambilan data PMP yang berasal dari Dapodik bisa dilakukan dengan lancar.

Namun, seringkali ditemui, kendati sudah terinstal ke dalam satu laptop yang sama muncul sebuah masalah yaitu Aplikasi PMP 2017 Tidak Terhubung dengan Aplikasi Dapodik.

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik



Problem tidak terhubungnya PMP dengan Dapodik, memang bukan kali ini saja terjadi. Sudah sejak munculnya aplikasi PMP pertama kali persoalan ini sudah ada.

Padahal secara teknis, aplikasi PMP sudah terinstall dengan baik ke dalam PC/Laptop yang dipergunakan untuk menjadi server. Persolan ini cukup membuat pusing kepala, terutama para operator yang bertugas mempersiapkan Aplikasi PMP agar bisa digunakan secara baik oleh para responden.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi PMP 2017 Tidak Terhubung dengan Dapodik?

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang harus anda lakukan. Saya akan menjelaskan masing-masing cara itu berikut ini:

1. Install Aplikasi PMP dan Dapodik ke dalam Satu PC/Laptop


Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa Aplikasi PMP memang dibuat terintegrasi dengan dapodik. Sehingga ketika anda menginstall PMP, harus dijadikan satu dengan PC/Laptop yang anda gunakan untuk Aplikasi Dapodik juga. Jika keduanya terpisahkan, maka akibatnya Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

2. Gunakan Versi Aplikasi PMP dan Dapodik Terbaru


Karena dibuat terintegrasi, maka versi PMP dan Dapodik yang harus anda install haruslah kompatibel. Pakai Aplikasi PMP versi dan Dapodik versi terbaru.  Jika versi yang digunakan berbeda maka akibatnya Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

Saat ini ini Aplikasi terbaru PMP adalah versi  2.0. 2017.  Maka dari itu segera cek apakah aplikasi yang anda gunakan sudah sesuai atau belum.


Sesudah Aplikasi PMP Versi terbaru berhasil anda Install silahkan melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik anda. Setelah itu baru kemudian,  anda buka kembali Aplikasi PMP nya. Maka secara otomatis aplikasi PMP anda akan langsung terhubung dengan Dapodik.

3. Install Ulang Aplikasi PMP


Apabila cara nomor 1 dan 2 sudah anda lakukan, namun tetap saja masalah Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik tetap muncul, maka cara terakhir adalah melakukan install ulang.

Mungkin saja ada yang salah ketika proses installasi aplikasi PMP sebelumnya, sehingga mengakibatkan persoalan tidak terhubungnya PMP dengan Dapodik muncul.

Lakukan proses installasi secara benar ya, jangan sampai keliru satu langkah saja. Sebab itu akan membuat aplikas tidak bisa berjalan dengan lancar.

Oh ya, perlu anda ingat bahwa Aplikasi PMP Versi 2.0 Tahun 2017 ini berupa INSTALLER. Sehingga ketika melakukan installasi, aplikasi PMP sebelumnya yang sudah terinstall di dalam PC/Laptop harus anda hapus dulu.

Jangan sampai ada 2 Aplikasi PMP yang terinstall di dalam laptop. Sebab jika ini terjadi maka bisa mengakibatkan aplikasi bermasalah dan tidak dapat berjalan dengan normal.

Itulah 3 hal yang bisa anda lakukan ketika menemui masalah Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik. Coba satu per satu cara tersebut berurutan ya...

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Aplikasi PMP  Tidak Terhubung dengan Dapodik, Semoga bisa membantu anda semua.

Panduan PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017


Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 untuk sekolah negeri akan dilakukan secara online.

Sebab mulai tahun ini, pendaftaran siswa baru sekolah negeri di Jateng tidak lagi dilakukan secara manual. Semuanya memakai sistem online.

Untuk itu, anda harus mengetahui alur pendaftaran sekolah negeri di provinsi jateng. Jangan sampai hanya karena salah mengikuti prosedur pendaftaran, anda gagal mengikuti seleksi masuk sekolah negeri di Provinsi Jawa Tengah.

Panduan PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017


Berikut ini kami berikan informasi mengenai Panduan PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017.

A. Proses Pendaftaran


  • Calon peserta didik baru yang hendak mendaftarkan dirinya ke sekolah negeri yang dikehendaki, maka silahkan masuk menuju ke layanan PPDB Online JAWA TENGAH yang beralamay di https://jateng.siap-ppdb.com
  • Silahkan tekan Tombol “Pendaftaran Online”. Pilihlah sesuai dengan keinginan anda (Kolom SMK dan SMA)
  • Klik Tombol “Pilih Sekolah” pada kolom yang telah disediakan. Guna memilih sekolah yang dituju
  • Kemudian akan tampil sebuah dialog untuk memasukkan informasi dasar Peserta didik, Silahkan Inputkan data Asal Peserta didik, dan Nomor Ujian/SKHUN. Apabila telah sesuai Klik Tombol “Lanjut”.
  • Masukkanlah Data Peserta Didik secara lengkap ke dalam dialog yang telah tersedia, apabila telah selesai klik tombol “Lanjut”.
  • Kemudian akan tampil perintah guna untuk memilih sekolah, Silahkan anda klik ikon tambah (+) untuk memasukkan sekolah.
  • Khusus untuk jenjang pendidikan SMA. Sesuaikanlah dengan jumlah sekolah pilihan maksimal ialah 2 sekolah dengan 1 jurusan pada setiap satuan pendidikan. Di Kolom Kemaslahatan akan terdiri dari 3 pilihan, yaitu
  1. Bukan Anak Guru/Pendidik yang berarti peserta didik bukan keturunan dari anak pendidik
  2. Anak Tenaga kependidikan yang berarti peserta didi bukan keturunan non guru yang bekerja di sekolah
  3. Anak Pendidik/Guru yang berarti peserta didik merupakan keturunan guru
  • Khusus untuk Jenjang pendidikan SMK. Sesuaikanlah dengan pilihan sekolah dengan maksimal ialah 1 sekolah dengan 2 Jurusan yang berbeda. Adapun Kolom Kemaslahatan terdiri dari 3 pilihan yaitu;
  1. Bukan Anak Guru/Pendidik yang berarti peserta didik bukan keturunan dari anak pendidik
  2. Anak Tenaga kependidikan yang berarti peserta didi bukan keturunan non guru yang bekerja di sekolah
  3. Anak Pendidik/Guru yang berarti peserta didik merupakan keturunan guru
  • Apabila sudah sesuai dengan pilihan, maka akan muncul sebuah dialog untuk melakukan persetujuan, centang pada kolom yang merah tersebut, Apabila sudah dicentang maka “Simpan”.
  • Selanjutnya akan terdapat perintah untuk melakukan cetak tanda bukti pada pendaftaran
  • Selesai, pendaftaran online berhasil dilakukan

Catatan Penting untuk Peserta Didik!!!

Hasil Cetak dari Bukti Pendaftaran tersebut harap untuk diverivikasi dan validasi oleh pihak Operator Sekolah yang dituju, supaya memperoleh nomor Pendaftaran dari Operator Sekolah.


B. Hasil PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017


  • Apabila anda ingin melihat hasil Selekesi PPDB Online, peserta didik diharuskan membuka link website PPDB Jateng yang beralamat di https://jateng.siap-ppdb.com/
  • Peserta didik yang sudah memperoleh bukti verifikasi pendaftaran bisa melihat hasil seleksi dengan cara memasukkan Nomor Pendaftaran yang terdiri dari 14 digit yang sudah tersedia pada Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran. Kemudian tekan Enter
  • Maka Hasil Seleksi dari Calon Peserta Didik bisa anda lihat secara mendeteil, Seperti yang ada pada gambar di bawah berikut ini:

Panduan PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017


Bagaimana kawan, mudah sekali kan. Segera saja ya mendaftar. Demikian informasi mengenai Panduan PPDB Online Sekolah Negeri di Jawa Tengah Tahun 2017 yang bisa kami sampaikan.

Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar


Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2017 telah resmi dirilis pada tanggal 5 Juni 2017 yang lalu dengan diberi nama Versi 2.0.

Seperti biasanya, jika ada versi maka nanti pasti aka nada pembaruan versi. Guna untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem yang ada.

Berkaitan dengan rilisnya aplikasi PMP Versi 2.0 maka kali ini saya akan membantu anda mengenai Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar.

Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar


Sebab jika dalam melakukan installasi Aplikasi PMP ada satu saja yang salah, maka itu bisa mengakibatkan kegagalan proses installasi. Maka dari itu perhatikan baik-baik ya.

Artikel Terkait: Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017

Daftar Pembaruan di Aplikasi PMP Versi 2.0


Sebelum memasuki tahap installasi, berikut ini kami jelaskan Daftar Pembaruan di Aplikasi PMP Versi 2.0 yang wajib kamu ketahui. Supaya mengerti apa saja yang baru di Aplikasi PMP Tahun 2017.

Seperti biasanya, dalam ada 2 hal dalam setiap pembaruan aplikasi, yaitu pembaruan dan perbaikan. Saya akan menjelaskannya satu per satu, silahkan disimak.

Daftar Pembaruan


Ada 6 Pembaruan yang terdapat dalam Aplikasi PMP Versi 2.0, yaitu:

  1. Pembaruan pada dokumen unduhan instrumen Aplikasi PMP tahun 2017
  2. Pembaruan pada Fitur penggunaan tombol keyboard pada saat melakukan pengisian instrumen kuesioner
  3. Pembaruan pada tampilan warna pilihan jawaban yang ada pada instrumen kuesioner
  4. Pembaruan Fitur drilldown tree yang ada pada verifikasi pengisian jawaban kuesioner
  5. Pembaruan pada dokumen unduhan instrumen kuesioner PMP tahun 2017
  6. Pembaruan pada Fitur detail pengisian yang ada pada verifikasi pengisian responden


Daftar Perbaikan


Ada 7 Perbaikan yang terdapat dalam Aplikasi PMP Versi 2.0, yaitu:

  1. Perbaikan pada beban load ketika verifikasi kuesioner
  2. Perbaikan terhadap kesalahan/bug aplikasi ketika konfirmasi selesai kuesioner
  3. Perbaikan pada isian persen hanya dapat diisi dengan menggunakan angka
  4. Perbaikan terhadap kesalahan/bug aplikasi pertanyaan nomor B7
  5. Perbaikan terhadap kesalahan/bug aplikasi pertanyaan nomor D12
  6. Perbaikan terhadap kesalahan/bug aplikasi rekapitulasi total beranda
  7. Perbaikan pada Penambanhan pilihan "Tidak Mengampu" yang ada pada pertanyaan nomor B7,B8,B12 dan D12

Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Installasi


Sebelum melakukan installasi Aplikasi PMP Versi 2.0, Ada beberapa  hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, yaitu:


  1. Memastikan Perangkat PC/Laptop yang digunakan untuk instalasi PMP sama dengan yang digunakan untuk dapodik
  2. Spesifikasi PC/Laptop memenuhi standar yang ditetapkan, yaitu Win XP/Vista/7/8/10
  3. Hapus Aplikasi PMP lama yang terinstall di PC/Lapotop. Sebab ini adalah installer


Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar


Setelah semua hal sudah anda siapkan, sekarang saatnya melakukan installasi Aplikasi PMP. Adapun Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar adalah sebagai berikut:


  1. Pertama, silahkan Unduh file Installer Aplikasi PMP Tahun 2017 di website PMP. Gunakanlah Link1 dan Link2
  2. Kemudian setelah file installer berhasil diunduh, silahkan buka dan Instal aplikasinya dengan cara klik kanan satu > kemudian pilih run as administator
  3. Lakukanlah proses installasi seperti biasanya sampai dengan selesai. Biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  4. Selesai. Aplikasi PMP Versi 2.0 Tahun 2017 siap digunakan. Silahkan lakukan login memakai username dan Password seperti yang anda pakai dalam Aplikasi dapodik.

Bagi anda yang sudah pernah menggunakan Aplikasi PMP pasti sudah sangat faham mengenai cara menggunakannya ya.

Oh iya, sedikit informasi seperti Pendataan PMP akan menjadi semacam program tahunan. Jadi tetap semangat saja ya kawan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Installasi Aplikasi PMP Tahun 2017 yang Benar dari saya, semoga bisa membantu.

Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya yang Benar


Sahabat SMK, sudah tahukah anda jika di dunia SMK sudah muncul Aplikasi baru bernama Manajemen Penilaian Digital (MPD).

Secara sederhana Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai alternatif dari Aplikasi e-Rapor SMK. Lebih jelasnya, silahkan baca Apa itu Aplikasi MPD?

Sampai saat ini, Aplikasi MPD sudah diperbarui/diupdate menjadi Aplikasi MPD 2017.1. jadi jika aplikasi anda masih lama segera perbarui saja ya.

Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya yang Benar


Oke kawan-kawan, kali ini saya akan membuat tutorial tentang Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya.

Tutorial mengenai Aplikasi MPD akan terus saya buat guna membantu anda semua dalam mengoperasikan Aplikasi MPD dengan benar.

Pada dasarnya, untuk instalasi dan Update Aplikasi MPD sama dengan aplikasi pada umumnya, hanya saja ada beberapa hal yang harus anda penuhi agar proses instalasi berhasil.
Apa sajakah itu?

Perhatikan penjelasan ini baik-baik ya.

Hal-Hal yan Harus Dipersiakan

Sebelum anda melakukan instalasi Aplikasi MPD, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Install Aplikasi MPD ke dalam PC/Laptop yang anda gunakan juga sebagai server Aplikasi Dapodikdasmen. Sebab keduanya nanti akan terintegrasi.
  2. Siapkan dulu File Installer dan Upater Aplikasi MPD. Filenya bisa anda dapatkan di website PSMK yang beralamat psmk.kemdikbud.go.id/ cari saja artikel tentang Aplikasi MPD. 

Simpan File Installer dan Updater di tempat yang aman dan anda ingat ya. Jangan sampai hilang, sebab kalau hiang harus mengunduhnya kembali.

Sesudah kedua hal tersebut anda siapkan, maka instalasi Aplikasi MPD bisa segera dilakukan.
Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, secara umum proses instalasi dan update Aplikasi MPD hampir sama dengan Aplikasi lainnya. Jika anda sudah biasa menginstall dan update Aplikasi Dapodik pasti sudah sangat faham.

Adapun Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya yang Benar adalah sebagai berikut:

  • Bukalah dokumen di komputer yang menjadi lokasi file installer dan updater Aplikasi MPD
  • Kita Fokus pada file installer dulu ya. Jangan sampai keliru dengan file updater
  • Klik kanan pada file Installer Aplikasi MPD > Pilih Run as administrator > Yes > Lanjut
  • Lalu akan tampil informasi megenai “Perjanjian Persetujuan”, silahkan anda baca-baca terlebih dahulu agar memahami lebih dalam mengenai Aplikasi MPD. (Hukumnya Sunnah)
  • Jika anda sudah menyetujuinya, silahkan pilih Checklis pada kolom “Saya Setuju”
  • Klik satu kali di Tombol “Lanjut”
  • Berikutnya akan muncul “Pilih Installer Start Menu” yaitu tempat penyimpanan aplikasi MPD. Secara otomatis biasanya akan diletakkan pada local drive. Jadi silahkan langsung Klik Tombol “Lanjut” saja
  • Klik Tombol “Pasang”, maka proses instalasi Aplikasi MPD ke dalam PC/Laptop akan dimulai
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai dilakukan, lama cepatnya proses installasi itu tergantung pada spesifikasi komputer/laptop yang anda gunakan. Maka pastikan spesifikasi PC minimal sesuai dengan yang dianjurkan (Cor i5).
  • Kemudian akan muncul “Windows Firewall has blocked”, Klik saja pada Tombol “Allow access”
  • Klik Tombol “lanjut”
  • Selesai. Intalasi Aplikasi MPD berhasil di pasang pada PC/Laptop Anda.

Untuk memastikannya, silahkan lihat ke dekstop PC/Laptop anda pasti di situ akan ada shortcut Aplikasi MPD yang sudah terpasang. Itu tandanya, installasi berjalan dengan sukses.

Cara Update Aplikasi MPD

Setelah selesai melakukan installasi, selanjutnya anda harus melakukan update aplikasi MPD. Sebab saat ini sudah diupdate ke versi 2017.1

Adapun Cara Melakukan Update  Aplikasi MPD adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen file updater Aplikasi MPD berada
  • Klik kanan pada file updater  > Klik Tombol run as administrator
  • Klik Tombol lanjut > setuju > lanjut> pasang
  • Tunggu sampai dengan proses update Aplikasi selesai
  • Selesai, Aplikasi MPD berhasil diupdate.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan?

Demikianlah informasi mengenai Cara Instalasi Aplikasi MPD dan Updaternya yang bisa saya sampaikan. Tunggu saja berbagai tutorial terbaru terkait denga Aplikasi MPD ya kawan.

Tanya Jawab Seputar SIM PKB Guru Pembelajar yang Harus Dipahami

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, bahwa mulai tahun ini Program GP Moda Daring telah digantikan dengan SIM PKB.

Agar lebih jeasnya silahkan anda baca Cara Mendaftar Komunitas SIM PKB dan juga Cara verval data SIM PKB.

Adanya program baru tersebut, muncul beberapa perubahan aturan dan kebijakan. Untuk itu kali ini saya akan memberikan penjelasan terkait dengan Tanya Jawab Seputar SIM PKB Guru Pembelajar yang Harus Dipahami.



Pertanyaan sekaligus jawab ini bersumber dari BUKU SAKU GURU PKB. Sehingga memang sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Daftar Pertanyaan Seputar SIM PKB Guru Pembelajar yang Harus Dipahami


Ada 10 Daftar Pertanyaan utama dalam SIM PKB yang wajib anda ketahui, saya akan membahasnya satu per satu di bawah ini:

1. Apa Itu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?


Yang dimaksud dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah sebuah program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru, khususnya demi mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu oleh guru tersebut.

2. Siapa Sajakah yang Bisa Mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?


Guru yang bisa mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ialah para guru yang:
  • Profil dari hasil UKG-nya menunjukkan ada 3-10 sepuluh kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM, yaitu 65. apabila guru tersebut belum melaksanakan UKG atau sudah melaksanakan UKG tetapi dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru itu diwajibkan untuk melaksanakan tes awal dengan memakai sistem UKG.
  • Telah terdaftar di dalam Komunitas GTK di dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  • Berada di daerah yang mempunyai akses/jaringan internet (khusus bagi para peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
  • Menyatakan bersedia melakukan kegiatan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Sebab dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mengharuskan para peserta untuk menyelesaikan setidaknya ialah 2 kelompok kompetensi yang memiliki nilai paling rendah di dalam satu tahun program berjalan atau 2 modul prioritas yang telah ditentukan dengan menggunakan moda yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.

3. Apa yang dimaksud dengan SIM PKB?


SIM PKB adalah sebuah Sistem Informasi Manajemen yang akan dipergunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. SIM PKB ialah suatu alat yang menghasilkan informasi guna melakukan pengelolaan data dan juga sebagai pusat pengaturan terhadap layanan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

4. Apa Alamat Resmi Website SIM PKB?


Alamat resmi Website SIM PKB adalah : sim.gurupembelajar.id

5. Bagaimana Cara Supaya Guru Bisa Mendapatkan Akun SIM PKB?


A. Bagi Guru yang telah melaksanakan UKG TAHUN 2015 


Penerbitan akun untuk guru yang telah melaksanakan UKG Tahun 2015 bisa dilakukan dengan cara Registrasi Akun di website SIM PKB. Adapun tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan Pilihlah menu Registrasi Akun
  • Masukkan data Nomor Peserta UKG Tahun 2015 dan juga Tanggal Lahir Anda
  • Klik pada kotak kecil yang berisi keterangan Saya bukan robot
  • Klik Tombol Register


B. Bagi Guru yang Belum Melaksanakan UKG 


Penerbitan akun bagi guru yang belum melaksanakan UKG bisa dilakukan dengan carra sebagai berikut:
  • Silahkan Pilihlah menu Registrasi Akun
  • Lalu Pilih menu Cari No. UKG
  • Pilihlah nama Provinsi, Kota/Kabupaten di mana anda berada, dan juga masukkan Nama lengkap Anda
  • Klik Tombol Cari GTK
  • Carilah Nama dan Instansi/Sekolah Anda, lalu Catat Nomor Peserta UKG Anda
Kemudian lakukanlah Registrasi Akun seperti di atas.

6. Bagaimana Jika Guru Lupa Password Akun SIM PKB?


Apabila Anda lupa password akun di SIM PKB, maka bisa menghubungi 3 pihak berikut ini guna dilakukan RESET PASSWORD yang lama. Ketiga pihak tersebut adalah:
  • Ketua Komunitas Anda
  • Operator dari Dinas Kabupaten/Kota/Provinsi Setempat
  • Admin dari UPT (P4TK/LP3TK)

7. Mengapa Guru Wajib Melakukan Verifikasi Dan Validasi (VerVal) Sekolah Induk Dan Mapel di SIM PKB?


Seluruh guru diharuskan untuk melakukan VerVal Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB. Ini dilakukan guna untuk memastikkan agar tidak terjadi ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel ketika melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Adapun langkah-langkah melaukan VerVal Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB adalah sebagai berikut:
  • Guru melakukan login ke dalam SIM PKB
  • Ketika login, Anda akan langsung diminta untuk melaksanakan verval Sekolah Induk dan mata pelajaran dahulu
  • Apabila Sekolah Induk dan Mapel SUDAH SESUAI, maka Anda bisa langsung meng-klik Tombol SIMPAN
  • Apabila Sekolah Induk dan Mata pelajaran TIDAK SESUAI, maka Anda bisa melakukan pemutakhiran terhadap data seperti yang akan dijelaskan pada poin 8 di bawah ini.

8. Bagaimanakah Caranya Melakukan Pemutakhiran/Perubahan Data Sekolah Induk dan Mapel di SIM PKB?


Apabila Anda menemukan bahwa jenjang/mapel yang tercantum di dalam SIM PKB tidak sesuai dengan mapel yang harus Anda ajarkan di dalam sekolah, maka Anda bisa melakukan pemutakhiran terhadap data di SIM PKB dengan cara sebagai berikut:

A. Pemutakhiran Data Profil Satminkal Guru


Adapaun Cara Pemutakhiran Data Profil Satminkal Guru adalah sebagai berikut:
  • Silahkan Klik pada ikon pensil yang berada di kolom Sekolah induk/satminkal
  • Kemudian Pilih nama sekolah induk/satminkal saat ini. Agar muda dalam mencari satminkal, silahkan ketikkan nama sekolah pada menu pencarian
  • Klik Tombol SIMPAN.

B. Pemutakhiran Data Profil Mata Pelajaran Guru


Adapun Pemutakhiran Data Profil Mata Pelajaran Guru adalah sebagai berikut:
  • Klik pada ikon pensil yang berada kolom Mata Pelajaran
  • Kemudian Pilihlah Mapel yang menjadi bidang ajar anda saat ini
  • Klik Tombol Pilih
  • Klik Tombol SIMPAN
  • Apabila melakukan perubahan terhadap data jenjang/mapel di dalam SIM PKB, maka nanti saat Anda menekan tombol SIMPAN akan tapil sebuah kotak informasi yang isinya, “Klik Tombol CETAK guna untuk mencetak SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK”.

Apabila Anda melakukan perubahan terhadap jenjang/mapel, maka harus:
  • WAJIB MELAPORKAN ke pada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi setempat dengan cara menghubungi pihak Operator Dinas SIM dan juga membawa serta SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA yang telah anda cetak melalui SIM PKB.
  • Perubahan data yang anda laksanakan baru dinyatakan SELESAI apabila pihak Dinas Pendidikan sudah menyetujui perubahan data yang Anda laksanakan itu melalui SIM PKB, dan telah memberikan sebuah TANDA BUKTI PERSETUJUAN PERUBAHAN DATA.

Ketika melakukan pemutakhiran data sekolah induk/satminkal atau Mata Pelajaran, Anda harus memmperhatikan beberapa hal berikut:
  • Apabila Guru pindah sekolah ke luar wilayah yang sebelumnya guru berada (misalah berbeda kota/kab/provinsi sebelumnya), atau juga pindah dari sekolah menuju ke jenjang yang berbeda, dan telah terdaftar di dalam sebuah Pokja di wilayah/jenjang lamanya, maka Guru terkait wajib untuk meminta kepada Ketua Pokja lama agar mengeluarkannya dari pokja lamanya tersebut.
  • Sistem secara otomatis akan mendeteksi jika ada perubahan terhadap jenjang, dan sistem akan meminta kepada guru terkait untuk melakukan pemutakhiran terhadap Mata Pelajaran.

9. Siapa Sajakah Yang Wajib Melaksanakan Tes Awal?


Tes Awal adalah sebuah ujian kompetensi yang dilaksanakan guna medapatkan Profil Kompetensi Guru.
Tes Awal ini WAJIB diikuti oleh para guru yang :
  • Belum mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015
  • Melakukan pemutakhiran terhadap Jenjang & Mata Pelajaran

Catatan Penting:

Apabila ada seorang guru yang telah mempunyai status Mentor/IN di dalam SIM PKB dan dia melakukan perubahan terhadap jenjang/mapel dan melaksanakan Tes Awal, secara otomatis statusnya sebagai Mentor/IN guru terkait di dalam SIM PKB akan direset.

10. Bagaimana Bila Proses Pengajuan Perubahan Data yang Dilakukan TIDAK Disetujui Oleh Pihak Dinas Pendidikan?


Apabila pihak Dinas Pendidikan TIDAK menyetujui pengajuan perubahan data yang Anda lakukan, maka anda akan diminta untuk melakukan pembatalan terhadap ajuan dengan cara klik tombol Batal Ajuan di dalam box yang tampil di halaman beranda.

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar SIM PKB Guru Pembelajar yang Harus Dipahami yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Cara Verval Data di SIM PKB

Beberapa waktu yang lalu saya telah memposting sebuah artikel tentang Cara Mendaftar Komunitas SIM PKB. Bagi anda yang belum tahu, silahkan membacanya terlebih dahulu ya.

Terutama bagi anda yang mengikuti Program Guru Pembelajar (GP) Moda Daring. Sebab SIM PKB merupakan pengganti dan tindak lanjut dari program GP Moda Daring.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika mendaftar SIM PKB adala Verifikasi dan Validasi (VerVal) Data di SIM PKB. Hal ini wajib dilakukan supaya dapat melakukan registrasi ke dalam komunitas.

Cara Verval Data di SIM PKB


Bagi Bapak/Ibu Guru yang bertugas menjadi Instruktur GP Moda Daring maupun Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diharapkan supaya memberikan informasi kepada rekan-rekan guru yang lain agar segera melakukan verval data masing-masing di SIM PKB yang dulu dikenal dengan SIM GP Moda Daring.

Perlu anda ketahui bersama, supaya bisa mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PKB (yang dahulu bernama GP/Guru Pembelajar), masing-masing wajib masuk terlebih dahulu ke dalam komunitas.

Mereka harus mendaftarkan diri ke dalam komunitas melalui wesbsite www.sim.gurupembelajar.id atau juga bisa menggunakan www.simpkb.id (saya anjurkan menggunakan website simpkb saja) melalui dinas pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Adapun Komunitas yang dimaksud ialah KKG untuk guru jenjang SD, MGMP untuk para guru Mata Pelajaran (Mapel), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) untuk para guru BK.

Sesudah anda resmi terdaftar ke dalam komunitas, maka selanjutnya setiap Ketua Komunitas akan menambahkan para anggota di dalam komunitasnya. Kemudian mencetak hasil dari "Surat Pemberitahuan Akses Layanan" yang kemudian akan diserahkan kepada setiap anggota komunitas untuk digunakan login ke dalam akunnya masing-masing.

Nah maka dari itu segera saja ya, anda melakukan verval Data SIM PKB. Silahkan berkoordinasi dengan ketua komunitas guru sesuai jenjang pendidikan yang anda ampu.  Sebab program SIM PKB 2017 memang berbasis kepada Komunitas Guru/Pokja (KKG/MGMP.

Lantas, Bagaimana Cara Verval Data di SIM PKB untuk guru pembelajar?

VerVal data SIM PKB ini dilakukan dalam rangka untuk persiapan pelaksanaan PKB Guru pada Tahun 2017. Sehingga sifatnya harus dilakukan

Adapun tahap-tahap melakukan verifikasi dan validasi data SIM PKB adalah sebagai berikut:

  • Pertama bukawebsite Guru Pembelajar di alamat https://sim.gurupembelajar.id/
  • Di halaman Login Guru Pembelajar silahkan Klik Tombol Registrasi Akun yang berada di bawah Tombol Login
  • Lalu Klik Tombol “Cari No UKG” atau anda juga bisa langsung menuju link berikut ini: https://app.simpkb.id/akun/ptk
  • Pilihlah Propinsi dan Kota di mana anda mengajar, kemudian ketik nama guru
  • Bagi para Guru yang belum melakukan UKG mempunyai Nomor UKG yang diawali dengan angka 2016
  • Apabila Nomor UKG telah berhasil ditemukan, lalu klik Tombol “Kembali ke Login”
  • Klik Tombol “Registrasi Akun”
  • Masukanlah Nomor UKG dan tempat lahir, kemudian silahkan cetak akun anda
  • Selesai. Proses Verval Data SIM PKB berhasil dilakukan.

Sesudah anda memiliki akun, silahkan melakukan login dan seger perbarui data profil guru yang sesuai dengan kondisi sekarang ini.

Untuk pelaksanaan Tes Awal kemungkinan besar akan dilkasanakan pada bulan juni, namun sampai saat ini belum pasti apakah pelaksanaannya di awal atau akhir bulan.

Jadi sesudah tanggal 31 Mei anda masih tetap bisa memasukkan anggota ke dalam komunitas. Ini dilakukan untuk jaga-jaga saja lantaran jadwalnya belum pelaksanaannya belum pasti. Sehingga alangkah baiknya jika anda segera saja melakukan verifikasi dan validasi data SIM PKB. Terutama bagi anda yang belum melakukan UKG atau telah ganti Mata Pelajaran. Sebab ini ini merupakan informasi resmi dari p4tk.

Sekian informasi mengenai Cara Verval Data di SIM PKB yang benar. Ingat ya, segera saja lakukan verval data diri anda.