Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data

Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data. Sahabat Operator Dapodik, hingga menjelang batas Cutt Off pengiriman data kuesioner PMP masih terdapat persoalan yang belum bisa diselesaikan. Salah satu yang paling utama ialah mengenai proses pengiriman yang sangat lama dan pada akhirnya juga belum masuk dalam progress pengiriman data.

Hal ini tak hanya terjadi satu dua kali saja. Bahkan sebagian besar operator mengalaminya. Padahal semua persyaratan sudah agar bisa mengirim data PMP sudah dipenuhi semua. Tentu hal ini menambah pusing dan semakin memperberat beban pekerjaan Operator Dapodik Sekolah.

Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data.

Beberapa waktu lalu, sebuah akun facebook bernama  Adithya Exa Ramadhan membagikan sebuah postingan ke dalam grup Operator Dapodikmen. Di dalam postingannya, akun tersebut memberi penjelasan mengenai hal-hal yang wajib diperhatikan dalam Aplikasi PMP. Sehingga saat melakukan proses pengiriman data dapat sukses dan berhasil.

Berikut ini isi postingan tersebut yang saya beri judul Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data

Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data

1. Entri kuesioner dengan jumlah minimal responden, kepsek dan pengawas masing-masing 1 responden, guru dan komite sekolah masing-masing 1 responden untuk tingkat kelas (jadi total 3 responden baik untuk guru maupun komite sekolah), sedang siswa masing-masing 10 responden untuk tingkat kelas (jadi total sebanyak 30 responden).

2. Melalui command prompt (cmd) cek konektivitas server pmp dengan ketik: ping pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau ping 118.98.234.141 jika muncul Replay from, berarti kondisi sedang bagus untuk Kirim data tapi kalau munculnya Request timed out artinya kondisi trafik server sedang padat/sibuk.

3. Bisa dicoba kirim data setiap 1 jenis responden, misal input kuesioner kepsek sampai selesai lalu konfirmasi dan lakukan kirim data, jika sudah masuk progres pengiriman maka lanjutkan misal untuk PTK dst

Itulah isi dari postingan akun Adithya Exa Ramadhan, yang intinya mengingatkan kepada para Operator Dapodik mengenai ketiga hal tersebut. Bisa jadi waktu lama saat pengiriman karena ada hal yang terlewat dalam pengisian kuesioner. Maka dari itu, ada baiknya tiga hal di atas kita perhatikan seksama.

Demikian informasi mengenai Hal yang Wajib diperhatikan di Aplikasi PMP Agar Sukses Kirim Data. Semoga dapat menjadi jawaban atas persolan kirim data yang sangat lama. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel