Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove

Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Salam Satu Data. Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa disebut NISN merupakan nomor khusus yang dimiliki oleh siswa dari SD sampai dengan SMA sederajat. Semua siswa yang masih aktif bersekolah otomatis akan memiliki nomor ini. NISN sangat penting karena berkaitan dengan validitas data siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap dana BOS, PIP hingga ujian nasional.

Namun, bagaimana jika yang terjadi data NISN siswa ada yang berbeda antara ijazah dengan yang berada di Dapodik? Lantas bagaimana cara merubah NISN yang di Dapodik agar sama dengan ijazah SD atau SMP siswa tersebut. Jika anda belum faham mengenai perubahan NISN perhatikan dengan seksama penjelasan berikut.

Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove
Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove.

Sebelum masuk penjelasan tentang Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab NISN yang tidak sama terlebih dahulu.

Siswa memiliki dua NISN yang berbeda. Penyebabnya lantaran NISN diijazah berbeda dengan yang ada di Dapodik sekarang. Hal ini terjadi karena NISN baru yang terbit melalui mekanisme NOTMATCH di VerValPD sehingga PDSK menerbitkan NISN baru. Akibatnya kedua NISN tersebut  sama-sama terdaftar di web NISN Data.

Jika Hal itu terjadi, Lantas NISN mana yang boleh digunakan? Menurut keterangan resmi di website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/ NISN yang digunakan ialah yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya saat ini. Jika tidak maka yang digunakan ialah NISN yang paling kecil kodenya.

Berdasarkan penjelasan terbut, maka NISN yang digunakan ialah NISN yang sudah tertulis di ijazah sebelumnya. Sebab NISN yang sudah tertulis diijazah sebelumnya telah menjadi alat administrasi dan masih terdaftar dalam website NISN Data. Selain itu, NISN dengan kode digit terkecil pasti terbit dahulu dari pada NISN yang baru terbit.

Setelah anda memahami hal tersebut, maka sekarang saatnya saya menjelaskan tentang Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silahkan Login ke VerValPD yang beralamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun anda masing-masing

2. Pastikan siswa yang akan anda lakukan perubahan NISN sudah masuk ke Menu Referensi

3. Kemudian silahkan Klik Menu Edit Data>Pengajuan>NISN

4. Selanjutnya silahkan Klik Menu Pilih Siswa

5. Silahkan Pilih Siswa yang akan anda edit data NISN

6. Pilih Nama Siswa tersebut

7. Masukkan NISN yang telah terdaftar sebelumnya. Ingat jangan klik Menu Chek

8. Selanjutnya anda harus melampirkan bukti scan ijazah siswa tersebut dalam format .png atau .jpg sebagai bukti pendukung

9. Kemudian klik Menu Pengajuan Perubahan

10. Kini pengajuan anda telah terkirim. Dan menunggu persetujuan dari pihak terkait

Perhatian!!!

a. Pengajuan perubahan NISN bisa dilakukan asal NISN yang tertulis diijazah terdaftar di Website NISN data.

b. Untuk itu, sebelum melakukan pengajuan perubahan NISN anda harus mengecek terlebih dahulu NISN siswa tersebut

c. Jika NISN yang tertera diijazah tak terdaftar miliki siswa tersebut maka otomatis NISN yang digunakan adalah yang saat ini tertera dalam Dapodik, dan anda tak perlu melakuakn permohonan perubahan data.

Demikian informasi mengenai Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Semoga dapat membantu anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel