Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN

Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik Sekolah di manapun anda berada. Semoga anda selalu mendapat banyak limpahan kenikmatan dan terutama kesehatan sehingga anda bisa melaksanakan tugas pendataan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Amiin.

Sahabat Operator Dapodik sekalian, sudah tahukah anda jika data peserta Ujian Nasional (UN) sudah muncul? Jika belum tahu ada baiknya anda mengecek data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti UN tahun 2017 nanti. Tentu para calon peserta UN ini merupakan siswa tingkat akhir di sebuah satuan pendidikan, yaitu kelas 6, 9 dan 12.

Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN
Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN.

Lantas bagaimana cara mengecek data calon peserta UN? Perlu anda pahami terlebih dahulu jika sekolah harus pro aktif melihat sendiri calon peserta UN di sekolahnya. Bagi yang belum tahu caranya berikut ini langkahnya:

A. Silahkan buka website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ kemudian anda tampil laman Manajemen Dapodik Ditjen Dikdasmen

B. Di laman tersebut anda diminta untuk login. Login bisa menggunakan dua cara, pertama dengan Login Utama yang berisi Username dan Password (Isikan sesuai Username dan Password Dapodik anda. Cara kedua menggunakan Alternatif yaitu dengan kemudian masukkan Kode Registrasi Sekolah anda

C. Kemudian klik login

Hal terpenting yang perlu anda lakukan setelah berhasil Login ialah mengunduh daftar peserta UN. Mengapa? Langkah ini penting guna mengecek validitas data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Lalu bagaimana Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN? Bagi yang belum tahu caranya tentu hal ini cukup sulit sebab ada beberapa menu download yang belum bisa berfungsi secara maksimal. Agar proses unduh data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti UN perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan Login terlebih dahulu di website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ (Caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Setelah berhasil Login, langkah selanjutnya klik menu Calon Peserta UN

3. Kemudian silahkan anda klik Menu Pengaturan No Kursi, lalu urutkan nomor berdasarkan rombel kelas dan selanjutnya Simpan

4. Terakhir silahkan anda klik Menu Unduh Berita Acara, silakan lihat Daftar CPUN pada lampiran berita acara.

5. Maka data Daftar Calon Peserta UN di sekolah anda berhasil diunduh

Catatan!!! Untuk sementara waktu, hasil Unduh File CPUN ke Excel belum bisa dibuka karena masih ada bug aplikasi pada format excel xml. Semoga cepat dapat diperbaiki

Pesan saya, amati dengan seksama data siswa anda. Jika masih ada yang keliru segera perbaiki di Dapodik. Untuk beberapa perbaikan, seperti Nama dan NISN perbaikan di lakukan melalui VerValPD. Demikian informasi mengenai Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel