Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik


Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik - Pada Jum’at (21/04/2017) Tim Dapodikdasmen telah resmi melakukan Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017-B.

Bagi kawan-kawan operator yang belum melakukan update Aplikasi Dapodik ke versi terbaru ini maka sesegera mungkin lakukan pembaruan.

Seperti biasanya, dalam pembaruan Aplikasi Dapodik kali ini terdapat beberapa pembaruan dan perbaikan Aplikasi Dapodik.

Salah satu pembaruan yang sangat penting adalah Penambahan sebuah Menu untuk menginput nilai rapor dan US/USBN para peserta didik di sekolah anda.

Jadi Nilai nilai para peserta didik nanti harus anda masukkan melalui Aplikasi Dapodik. Apkaah ini pekerjaan operator? Sebenarnya tidak, karena pengisian data nilai harus diinput langsung oleh guru mapel bersangkutan menggunakan akun PTK masing-masing.

Perlu anda ketahui, ketika anda sudah memperbarui Aplikasi Dapodik menjadi versi 2017-b, Menu Nilai tidak akan muncul secara otomatis.

Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik


Supaya Menu Nilai bisa tampil di Dapodik, maka terlebih dahulu anda harus melakukan Registrasi Data Prefill Nilai Rapor untuk Sekolah anda.

Bagaimanakah Caranya? Berikut ini langkah-langkah lengkapnya:

Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik


  • Buka website Dapodikdasmen di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan (Saya anjurkan untuk menggunakan browser Mozila Firefox)
  • Klik Menu DATA PREFILL> Data Prefill Nilai Rapor> Klik Link yang ada di bawahnya (Lihat Gambar di atas)
  • Anda kemudian akan di bawa menuju halaman Aplikasi Prefill Rapor 
  • Masukkan data Sekolah Anda, meliputi Jenjang, Username, Password dan Kode Registrasi. Semua data tersebut sama seperti yang anda gunakan untuk mengunduh Data Prefill Dapodik
  • Setelah semua data terisi dengan benar, Klik Tombol Generate yang berada di bawahnya
  • Maka sistem akan memproses data anda, jika sudah selesai maka akan ada Tombol Unduh Download Prefill Rapor
  • Klik Tombol Download tersebut (Lihatlah pada gambar di bawah ini)
Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik



  • Tunggu File sampai berhasil di download sepenuhnya. File data prefill nilai akan menggunakan ekstensi .rpr

Untuk mempergunakan data prefill nilai di Aplikasi Dapodik, Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut ini:

  • Letakkan data prefill nilai hasil unduhan anda tadi ke dalam C:\prefill_dapodik dengan cara Copy dan Paste
  • Kemudian lakukanlah konfirmasi terhadap data prefill nilai anda dengan menggunakan Fitru Konfirmasi Prefill Nilai yang terdapat pada Menu Pengaturan
  • Proses konfirmasi dilakukan dengan cara mengisi data Kode Registrasi, Username, Password dan Konfirmasi Password. 
  • Setelah semua terisi, Klik Tombol Masuk (lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah
Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik


Note:


  1. Pada waktu pertama kali melakukan entri data nilai, data prefil tersebut sangat diperlukan sekali sebab mempunyai fungsi untuk mengambil data rombongan belajar, anggota rombel pembelajaran pada waktu 6 semester sebelumnya, hal ini supaya dalam persiapan input nilai dapat berjalan dengan baik dan lancar.
  2. Kemudian data prefill nilai ini juga berfungsi untuk mengambil data nilai yang berasal dari Server Dapodik.
  3. Data Prefill Nilai hanya akan memuat data yang berhubungan dengan nilai saja.
  4. Jika akan melakukan proses generate data prefill nilai, link untuk melakukan generate bisa anda akses pada website dapodikdasmen seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Berikut ini Video Tutorial Cara Unduh Data Prefill Nilai Rapor




Penutup


Pembaruan Aplikasi dapodik, memang selalu disertai dengan berbagai perbaikan dan penambahan. Hal ini dilakukan demi menyempurnakan Aplikasi Dapodik.

Salah satunya adalah adanya Menu untuk menginput data nilai rapor, US/USBN para peserta didik.

Bagi para operator harus tahu, bahwa tugas untuk menginput nilai adalah pekerjaan para guru masing-masing. Tugas operator hanyalah mengirimkan data tersebut kepada server pusat

Sehingga ia tidak akan semakin terbebani dengan banyaknya tugas pendataan pendidikan yang semakin hari semakin banyak saja.

Sebenarnya untuk menginput nilai ke dalam Aplikasi Dapodik bisa dilakukan secara bersama-sama oleh para guru dengan memanfaatkan ipconfig server dapodik di sekolah anda masing-masing.

Tanpa perlu menggunakan jaringan internet, para guru bisa mengakses Aplikasi Dapodik di laptop atau Komputer mereka sendiri dengan memanfaatkan Akun PTK yang sebelumnya telah dibuat.

Pada kesempatan lain saya akan membuat tutorial mengenai cara input nilai rapor di Dapodik secara bersama-sama. Supaya pekerjaan pendataan ini bisa berlangsung cepat dan mudah.

Demikian informasi mengenai Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel