Panduan Pengisian Nilai US/USBN di Dapodik



Hai sahabat operator, sudahkah anda melakukan Update Aplikasi Dapodik Versi 2017c? Jika belum segeralah untuk mengupdatenya, sebab banyak sekali pembaruan yang terdapat di dalam aplikasi dapodik versi terbaru.

Sobat sekalian kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Panduan Pengisian Nilai US/USBN di Dapodik

Pada dasarnya pengisian teknis nilai US/USBN di dalam Aplikasi Dapodik versi 2017.c untuk masing-masing jenjang pendidikan itu hampir sama, yang berbeda hanya terletak mata pelajaran yang harus diisikan. Mata pelajaran yang diselenggarakan oleh masing-masing Jenjang pendidikan disesuaikan dengan Mata Pelajaran yang Diujikan dalam UN dan USBN Tahun 2017.

Panduan Pengisian Nilai US/USBN di Dapodik


Perlu anda pahami bahwa Mapel yang harus ditambahkan bukan saja mata evaluasi USBN semata, tapi juga mencakup data nilai pada mata evaluasi Ujian Sekolah (US) juga harus diinputkan dalam menu Nilai ini.

Pengisian nilai US/USBN sangat berkaitan erat dengan isian data pembelajaran di aplikasi dapodik yang ada pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Maka dari itulah pastikan terlebih dahulu bahwa data pembelajaran pada setiap rombel sudah sesuai dengan kurikulum atau kondisi di setiap satuan pendidikan/sekolah.

A. Panduan Entri Data Mata Evaluasi US/USBN oleh Operator Sekolah


  • Di dalam sidebar Menu Aplikasi Dapodik yang terletak di bagian sebelah kiri silahkan anda pilih menu Nilai, lalu pilih Submenu US/USBN.
  • Maka akan muncul halaman awal yang berisikan fitur pengisian rapor 
  • Klik Filter rombel yang akan anda isikan data nilai US/USBN, kemudian pilihlah salah satu anggota rombel yang sudah terdaftar pada rombel tersebut. Maka sistem akan memunculkan formulir tentang pengisian nilai beberapa mata pelajaran yang sesuai dengan ketentuan.
  • Tambahkanlah mata pelajaran evalusi dengan cara menekan tombol “Tambah” yang berada di atas pada kolom mata evaluasi US/USBN.
  • Selanjutnya akan tampil menu baru yang berfungsi untuk memilih guru dengan mata pelajaran yang harus diurutkan dan mengisi data nilainya
  • Mata pelajaran beserta guru yang tampil ialah mata pelajaran yang sesuai dengan hasil mapping atau isian data pembelajaran pada tabel rombongan belajar di Aplikasi Dapodik.
  • Pilihlah mata pelajaran kemudian isikan nomor urutnya, selanjutnya klik tombol simpan dan tutup.
  • Lalu isilah kolom Nomor Urut dengan menggunakan nomor yang sesuai dengan ketentuan dari masing-masing sekolah. Fitur ini mempunyai fungsi untuk mengurutkan nama mata pelajaran yang sesuai dengan nomor urut yang diisi.

B. Panduan Entri Data Nilai oleh Guru dan Wali Kelas

Perbedaan utama antara entri data US/USBN pada kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 ialah adanya kolom Keterampilan. Di dalam Kurikulum 2013 ada kolom keterampilan, sementara pada Kurikulum KTSP tidak terdapat kolom keterampilan.
Adapun panduan Entri Data Nilai oleh Guru dan Wali Kelas adalah sebagai berikut:

  • Bukalah halaman login aplikasi dapodikdasmen menggunakan browser anda, inputkan ata username (email guru) dan password kemudian pilihlah periode tahun ajaran yang akan anda inputkan data nilai rapor,
  • Sesudah anda berhasil login, menu dashboard yang muncul adalah sebagai guru 
  • Pilihlah Menu Nilai > US/USBN, kemudian pilih rombongan belajar yang akan anda isikan data nilai US/USBN
  • Sesudah tampil mata evaluasi yang diampu oleh setiap guru, silahkan klik dua kali pada nama mata evaluasi gunanya untuk menampilkan data para peserta didik di rombel tersebut.
  • Pengisian nilai pada kategori pengetahuan diinput dengan rentang angka mulai dari 1-100
  • Pengisian nilai pada kategori keterampilan/praktik diinput dengan rentang angka mulai dari1-100
  • Sesudah aspek penilaian pengetahuan dan keterampilan/praktek selesai anda isi, lalu klik tombol simpan gunanya untuk menyimpan data yang telah diisi supaya benar-benar masuk ke dalam record database aplikasi dapodikdasmen. Pastikanlah bahwa tanda segitiga merah sudah hilang sesudah anda mengklik tombol simpan tersebut
  • Apabila seluruh nilai peserta didik sudah terisi dan tersimpan, guru yang bersangkutan bisa mengunduh hasil rekapitulasi nilai pada setiap rombongan belajar dengan cara klik tombol unduh rekapitulasi yang terletak di bagian kanan atas form penilaian US/USBN.
  • Untuk jenis Mapel Teori Kejuruan Nilai Pengetahuan ialah berisi nilai Ujian Sekolah Teori yang diselenggarakan oleh pihak Sekolah, sementara Nilai keterampilan ialah berisi nilai UKK ( Ujian Kompetensi Keahlian) yang pedomannya sudah dikeluarkan oleh pihak direktorat teknis.
  • Sesudah berhasil mengunduh data rekapitulasi nilai dalam bentuk format file Excel maka data nilai yang anda input bisa dilihat dengan format excel.
  • Bagi para guru yang mempunyai tugas sebagai seorang wali kelas, maka ketika memilih menu US/USBN akan tampil  notifikasi Pindah Peran
  • Jika anda memilih Ya maka wali kelas bisa menginput nilai seluruh mata evaluasi yang sudah terdaftar pada rombel tersebut.
  • Adapun cara pengisian nilai sebagai wali kelas, sama persis dengan cara entri nilai untuk setiap guru mata pelajaran.

Mengenai contoh pengisian data nilai US/USBN dapat anda lihat pada gambar di atas.

Demikianlah informasi mengenai Panduan Pengisian Nilai US/USBN di Dapodik yang bisa kami sampaiakan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Pengisian Nilai US/USBN di Dapodik"

Posting Komentar