100+ Soal PAT PPKn Kelas 8 dan Jawabannya I Part 3
Pada artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang 100+ Soal PAT PPKn Kelas 8 dan Jawabannya Semester 2 I Part 3 sebagai bahan informasi menjelang pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun.
Adapun soalnya sebagai berikut :
31. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...
A. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
B. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air
C. melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangkan
D. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri
Jawaban : B
32. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ....
A. ikut bekerja bakti di sekolah
B. bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
C. membantu korban bencana alam
D. mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
Jawaban : D
33. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain ....
A. giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara
B. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
C. menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu
D. mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawaban : A
34. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)
A. memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
B. tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
C. menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya
D. membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi
Jawaban : D
35. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan pengertian dari ....
A. patriotisme
B. demokrat
C. nasionalis
D. pahlawan
Jawaban : C
36. Equality before the law mengandung makna ....
A. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi
B. setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum
C. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat
D. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku
Jawaban : B
37. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter....
A. jujur
B. toleransi
C. disiplin
D. religius
Jawaban : D
38. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter... .
A. religius
B. jujur
C. toleransi
D. disiplin
Jawaban : C
39. Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A. melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang lain
B. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang
C. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain
D. menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana alam
Jawaban : A
40. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2) Kesiapan sosial budaya
3) Menjaga kelestarian lingkungan
4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Jawaban : B
41. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan sesudah tahun 1908 !
Jawaban : Pada masa sebelum kebangkitan nasional pada tahun 1908, perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat terpecah belah, menonjolkan sifat keaderahan, dan tanpa adanya semangat persatuan.
Namun, seiring dengan masa kebangkitan nasional, maka perjuangan berubah menjadi melalui cara politis, dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan, yang didorong oleh berkembangnya nasionalisme Indonesia.
42. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !
Jawaban : Upaya yang dilakukan organisasi Budi Utomo dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah:
1. Membuka keanggotaan bagi kalangan biasa (non priyayi)
2. Membentuk Dana Pelajar (Studiefonds) untuk para pelajar Indonesia.
3. Menenmapatkan wakilnya di Volksraad
4. Mengusulkan wajib militer
43. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini ? (Tuliskan 4 contoh upaya)
Jawaban : Yaitu dengan cara :
a. Memperkukuh persatuan dan kesatuan yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai cita-cita yang tinggi dan mulia.
b. Menimbulkan ketentraman dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat.
c. Menjadi pilar utama untuk memberdayakan potensi dan membangun masyarakat kearah yang lebih maju dan berperadaban.
d. Menjadi tolak ukur solidaritas kemanusiaan yang akan mengantar kan kea rah kesejehteraan kehidupan dalam bermasyarakat.
44. Bacalah cerita di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia !
Jawaban :
a. mendengarkan lagu nasional
b. menceritakan generasi muda tentang biografi para pahlawan bangsa
c. mengenalkan tentang adat budaya leluhur
d. menunjukkan prestasi bangsa di internasional untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap negeri
45. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ?
(Tuliskan 4 contoh upaya)
Jawaban : berikut ini diantara cara mengisi kemerdekaan :
1) Belajar dengan giat, rajin dan tekun
2) Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat
3) Ikut membantu upaya kesejahteraan rakyat
4) Saling menghormati antar sesama
5) Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial
Kembali ke Soal Nomor 16 - 30 : 100+ Soal PAT PPKn Kelas 8 dan Jawabannya I Part 2
Adapun soalnya sebagai berikut :
31. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...
A. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
B. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air
C. melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangkan
D. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri
Jawaban : B
32. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ....
A. ikut bekerja bakti di sekolah
B. bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
C. membantu korban bencana alam
D. mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
Jawaban : D
33. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain ....
A. giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara
B. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
C. menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu
D. mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawaban : A
34. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)
A. memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
B. tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
C. menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya
D. membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi
Jawaban : D
35. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, kebanggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan pengertian dari ....
A. patriotisme
B. demokrat
C. nasionalis
D. pahlawan
Jawaban : C
36. Equality before the law mengandung makna ....
A. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi
B. setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum
C. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat
D. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku
Jawaban : B
37. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter....
A. jujur
B. toleransi
C. disiplin
D. religius
Jawaban : D
38. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter... .
A. religius
B. jujur
C. toleransi
D. disiplin
Jawaban : C
39. Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A. melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang lain
B. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang
C. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain
D. menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana alam
Jawaban : A
40. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2) Kesiapan sosial budaya
3) Menjaga kelestarian lingkungan
4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Jawaban : B
41. Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan sesudah tahun 1908 !
Jawaban : Pada masa sebelum kebangkitan nasional pada tahun 1908, perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat terpecah belah, menonjolkan sifat keaderahan, dan tanpa adanya semangat persatuan.
Namun, seiring dengan masa kebangkitan nasional, maka perjuangan berubah menjadi melalui cara politis, dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan, yang didorong oleh berkembangnya nasionalisme Indonesia.
42. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !
Jawaban : Upaya yang dilakukan organisasi Budi Utomo dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah:
1. Membuka keanggotaan bagi kalangan biasa (non priyayi)
2. Membentuk Dana Pelajar (Studiefonds) untuk para pelajar Indonesia.
3. Menenmapatkan wakilnya di Volksraad
4. Mengusulkan wajib militer
43. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini ? (Tuliskan 4 contoh upaya)
Jawaban : Yaitu dengan cara :
a. Memperkukuh persatuan dan kesatuan yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai cita-cita yang tinggi dan mulia.
b. Menimbulkan ketentraman dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat.
c. Menjadi pilar utama untuk memberdayakan potensi dan membangun masyarakat kearah yang lebih maju dan berperadaban.
d. Menjadi tolak ukur solidaritas kemanusiaan yang akan mengantar kan kea rah kesejehteraan kehidupan dalam bermasyarakat.
44. Bacalah cerita di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia !
Jawaban :
a. mendengarkan lagu nasional
b. menceritakan generasi muda tentang biografi para pahlawan bangsa
c. mengenalkan tentang adat budaya leluhur
d. menunjukkan prestasi bangsa di internasional untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap negeri
45. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ?
(Tuliskan 4 contoh upaya)
Jawaban : berikut ini diantara cara mengisi kemerdekaan :
1) Belajar dengan giat, rajin dan tekun
2) Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat
3) Ikut membantu upaya kesejahteraan rakyat
4) Saling menghormati antar sesama
5) Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial
Kembali ke Soal Nomor 16 - 30 : 100+ Soal PAT PPKn Kelas 8 dan Jawabannya I Part 2