Juklak PIP Terbaru 2017 PDF


Juklak PIP Terbaru 2017 PDF - Dalam rangka untuk melaksanakan ketentuan pada Pasal 16 pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2016 yang membahas tentang Program Indonesia Pintar, maka diperlukan Peraturan Bersama antara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen)  dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen Paud-Dikmas).

Peraturan bersama yang dimaksud tersebut adalah membahas tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2017 atau yang disingkat dengan Juklak PIP.

Peraturan bersama antara Dirjen Dikdasmen dan Dirjen Paud-Dikmas tersebut bernomor: 07/D/BP/2017 dan NOMOR : 02/MPK.C/PM/2017. Bagi semua sekolah di Indonesia diharapkan mengetahui Juklak ini, supaya memahami petunjuk pelaksanaan yang benar.

Juklak PIP


Apa itu Juklak PIP Tahun 2017?


Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2017 atau yang selanjutnya di dalam Peraturan Bersama antara Dirjen Dikdasmen dengan Dirjen Paud-Dikmas ini disebut Juklak PIP Tahun 2017 adalah sebuah pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah tingkat provinsi, pemerintah daerah pada tingkat kabupaten/kota, dan satuan pendidikan (sekolah) dalam melaksanakan ketentuan yang berlaku dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)  Nomor 19 Tahun 2016 yang membahas tentang Program Indonesia Pintar

Perlu adan tahu bahwa Petunjuk Pelaksanaan PIP Tahun 2017 yang sebagaimana tercantum di dalam lampiran bersama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Bersama antara Dirjen Dikdasmen dan Dirjen Paud-Dikmas.

Peraturan Bersama antara dua direktorat pendidikan ini resmi mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, yaitu pada tanggal 5 Januari 2017.

Lampiran Juklak PIP Terbaru 2017


Di dalam Lampiran Juklak PIP Terbaru 2017 berisi berbagai macam pembahasan dan mekanismen pelaksanaan mengenai Program Indonesia pada Tahun 2017 ini.

Adapun di dalam lampiran tersebut memuat beberapa poko bahasan, yaitu:

  1. Bab I membahas tentang Pendahuluan
  2. Bab II membahas tentang Mekanisme Pelaksanaan
  3. Bab III membahas tentang Peran dan fungsi
  4. Bab IV membahas tentang Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Pengaduan
  5. Bab V membahas tentang Pengawasan dan Sanksi
  6. Bab VI berisikan tentang Penutup

Semuanya dibahas lengkap dalam Petunjuk Pelaksanaan PIP Tahun 2017. Maka dari itu, pengelola sekolah sudah seharusnya mengetahui dan memahami isi dari Juknis ini.

Tujuan dari PIP


Adanya Program Indonesia Pintar dari pemerintah pusat untuk para peserta didik di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat sekali.

Sebab bantuan ini bisa meringankan biaya yang harus dikeluarkan peserta didik atau orang tua/wali untuk keperluan biaya pendidikannya.

Memang PIP ini menjadi salah satu cara pemerintah untuk menyukseskan program wajib belajar selama 12 tahun.

Ini artinya para anak usia sekolah di Indonesia diharapkan mengenyam pendidikan sampai dengan jenjang SMA/SMK sederajat. Sehingga kualitas pendidikan di Indonesia bisa selalu meningkat.

PIP sendiri mempunya beberapa tujuan penting, yaitu:

  1. Untuk meningkatkan akses bagi anak yang usianya mulai dari 6 sampai dengan 21 tahun supaya  memperoleh layanan pendidikan sampai mereka tamat satuan pendidikan tingkat menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar selama 12 Tahun
  2. Untuk mencegah para peserta didik dari kemungkinan nantinya mereka putus sekolah (drop out) atau tidak bisa melanjutkan pendidikannya  akibat dari kesulitan ekonomi yang dialami oleh keluarganya
  3. Untuk menarik para anak usia sekolah yang saat ini tidak sedang bersekolah dan/atau para peserta didik putus sekolah (drop out) atau tidak sedang melanjutkan supaya bisa kembali memperoleh layanan pendidikan di sekolah/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM/ Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau satuan berbagai macam pendidikan nonformal lainnya.
  4. Untuk eringankan biaya personal pendidikan para peserta didik

Melihat tujuan dari PIP tersebut, sudah sepatutnya kita mendukung program ini. Mari kita bantu supaya anak-anak di sekeliling kita agar bisa melanjutkan pendidikannya lagi.

Download Juklak PIP Terbaru 2017 PDF


Seperti yang tertera pada judul artikel ini, saya akan melampirkan Juklak PIP Terbaru 2017 PDF. Anda bisa mengunduhnya secara Cuma-Cuma.

Juklak PIP Terbaru 2017 PDF memiliki format file PDF. Ukurannya pun terbilag kecil sehingga mudah sekali untuk di unduh.

Langsung saja silahkan anda unduh filenya di bawah ini:




Apabila anda sudah mengunduh Juklak PIP Terbaru 2017 PDF, segera pelajari dari awal sampai dengan akhir supaya anda memahaminya secara utuh.

Sebab terdapat berbagai macam pembahasan yang perlu anda sekalian pahami. Supaya peserta didik yang memang berhak dapat memperoleh bantuan dana ini.


Penutup


Memang perlu diakui masih ada sebagian para anak usia sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya disebabkan karena tidak memiliki biaya.

Di sinilah pentingnya program Indonesia pintar. Sebab dengan adanya bantuan ini, siswa akan memperoleh dana langsung untuk keperluan pendidikannya.

Sehingga program rintisan wajib belajar selama 12 tahun yang digaungkan pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

Demikian informasi mengenai Juklak PIP Terbaru 2017 PDF yang bisa saya sampaikan untuk anda sekalian.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juklak PIP Terbaru 2017 PDF"

Posting Komentar