Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop


Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop - Dalam pembaruan aplikasi dapodik versi 2017-B terdapat fitur tambahan yaitu Fitur Nilai. Fitur ini berada di bawah Rombongan Belajar. Di dalamnya terdapat pilihan Menu Rapor dan US/USBN. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa terdapat menu tambahan Nilai Rapor dan US/USBN. Setiap sekolah wajib mengisi data nilai para peserta didik ke dalam Dapodik.

Waw, tentu ini pembaruan sistem yang sangat mengejutkan. Karena pekerjaan operator sekolah akan bertambah lagi.

Namun demikian anda tidak perlu khawatir, sebab operator dapodik hanya bertugas mempersiapkan sistem saja. Sedangkan tugas mengentri nilai adalah kewajiban masing-masing guru mapel. 

Mengenai aturan tersebut, silahkan anda baca artikel berikut Panduan Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik.

Kalau begitu entri nilai rapor, US/USBN siswa akan membutuhkan waktu yang sangat lama?

Pasti bagi sekolah dengan jumlah peserta didik yang sangat banyak akan bertanya-tanya demikian. Sebab sekolah wajib mengentri semua data nilai peserta didik di sekolah tersebut. 

Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop


Bagi sekolah dengan jumlah siswa yang relatif sedikit, tentu ini bukan menjadi persolan. Namun beda halnya dengan sekolah dengan siswa sangat banyak.

Bayangkan saja, jika di sebuah sekolah terdapat 1000 peserta didik. Sedangkan di dalam rapor memuat berbagai mata pelajaran, tentu ini akan membutuhkan waktu yang lama.

Maka dari itu, kita sebagai operator juga harus bekerja secara cerdas. Maksudnya apa?

Yang saya maksud di sini adalah, mengerjakan pendataan di dapodik yang sangat banyak dengan waktu yang cepat dan melibatkan semua pihak.


Perlu anda ketahui, bahwa Aplikasi Dapodik tidak hanya bisa diakses oleh laptop/komputer yang terinstal aplikasi saja (server). Melainkan juga bisa diakses oleh semua laptop, komputer bahkan android milik orang lan.

Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan entri secara bersama-sama dengan para guru mata pelajaran. Sehingga pekerjaan mengentri nilai yang sangat banyak bisa terselesaikan dalam satu waktu.

Lalu bagaimana caranya? Jika anda belum mengetahuinya, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop

  • Pastikanlah terlebih dahulu bahwa semua laptop/komputer yang akan digunakan memakai jaringan internet yang sama. Anda bisa memakai jaringan wifi, mifi atau theathering dari android, yang penting sinyalnya lancar.
  • Pada komputer yang menjadi sever dapodik, masuklah ke menu pencarian, ketik command prompt
  • Setelah menu command prompt ketemu, silahkan klik kiri satu kali
  • Silahkan anda ketikan “ipconfig” sesudah user (lihat lingkaran merah pada gambar di bawah)
Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop


  • Kemudian Enter, maka akan muncul ip addres laptop yang menjadi server dapodik (lihat lingkaran biru pada gambar di atas)
  • Selanjutnya, silahkan salin ip addres tersebut ke laptop atau komputer lain yang akan anda gunakan untuk mengentri nilai secara bersamaan di jendela browser anda.
  • Tambahkan titik dua dan angkan 5774 setelah ip addres (:5774 adalah alamat localhost dari Aplikasi Dapodik)
  • Selesai, Aplikasi Dapodik bisa anda akses dengan semua laptop dan kompter yang ada (Lihatlah pada gambar pertama di atas)
  • Silahkan Login ke Aplikasi Dapodik dengan menggunakan Akun PTK anda masing-masing untuk mengentri nilai peserta didik

Catatan Penting!!! Dalam beberapa kasus sesudah memperoleh ip addres komputer server dapodik namun aplikasi dapodik tidak bisa diakses. Jika anda mengalaminya, hal ini disebabkan karena Windows Firewall anda masih aktif. Maka dari itu harus segera anda nonaktifkan. Caranya Cari fitur windows firewall, klik satu kali pada tombol turn windows or on off. Kemudian silahkan pilih tombol turn off windows firewall lalu tekan OK.

Ingat juga, bahwa anda harus menggunakan satu jaringan internet. Tanpa menggunakan jaringan internet yang sama maka tidak akan bisa membuat LAN Dapodik untuk banyak komputer.

Pastikan setiap guru mapel sudah mempunya akun PTK, sehingga mereka bisa mengakses Aplikasi Dapodik menggunakan akun masing-masing.

Siapkan juga data nilai rapor, US/USBN peserta didik agar proses pengentrian nilai berlangsung dengan efektif dan efisien.

Demikianlah informasi mengenai Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Entri Nilai Rapor dan USBN di Dapodik Lebih dari 1 Laptop"

Posting Komentar