Cara Mengecek Nomor KIP

Cara Mengecek Nomor KIP. Kartu Indonesia Pintar atau yang biasa disebut dengan KIP merupakan sebuah program dari pemerintah pusat untuk membantu biaya pendidikan siswa dengan cara memberikan bantuan uang secara langsung. Adapun jumlah bantuannya di sesuaikan dengan jenjang pendidikan yang di lalui oleh siswa bersangkutan.

Melalui program PIP diharapkan semua siswa di Indonesia dapat menamatkan pendidikan minimal 12 tahun. Atau sama dengan lulus jenjang SMA sederajat. Sungguh tujuan mulia yang harus disukseskan semua pihak.

Inqury Data PIP Siswa.



Untuk bisa masuk dalam PIP siswa bersangkutan harus mendapatkan KIP dari pemerintah pusat. Nomor KIP siswa tersebut,  kemudian harus di input ke dalam apliaksi Dapodik dimana siswa tersebut sedang bersekolah.

Lantas bagaimana untuk siswa miskin yang belum dapat KIP? Di sini sekolah bisa mengusulkan siswa layak PIP melalui Dapodik. Dengan memilih salah satu alasan mengapa siswa tersebut layak PIP yang sudah tersedia di Dapodik.

Bagi siswa yang memiliki KIP dan sudah diinput ke Dapodik, anda dapat mengecek validitas data siswa bersangkutan. Hal ini penting agar data di KIP benar-benar sesuai dengan data diri siswa di Dapodik sehingga siswa bersangkutan bisa memperoleh dana PIP.

Pengecekan data ini, juga berfungsi untuk melihat apakah data siswa di KIP dengan di Dapodik sudah sama ataukah belum. Banyak kasus terjadi, ejaan nama nama siswa di KIP dan Dapodik berbeda. Hal ini kadang-kadang menimbulkan pertanyaan apakah ini tidak masalah? Jawabannya tentu tidak masalah. Jika ditemukan perbedaan ejaan nama dan lain-lain nanti akan secara otomatis disesuaikan dengan data yang ada di dalam Dapodik

Kemudian pertanyaannya adalah, bagaimana cara untuk mengecek nomor KIP siswa? Caranya anda harus online dan mengunjungi sebuah website PIP. agar lebih mudahnya silahkan pahami penjelasan di bawah ini.

Cara Mengecek Nomor KIP

1. Masuk ke Website Program Indonesia Pintar atau PIP. untuk lebih mudahnya silahkan salin url berikut ini ke jendela browser anda, bisa menggunakan Chrome, Mozila, Opera dan lain sebagainya http://pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan/index.php?wc=tabular&wm=view_iframe

2. Input Nomor KIP Siswa. Nomor KIP yang diinput berada pada bagian atas sebelah kanan kartu. Input setiap nomor KIP ke dalam kolom Nomor KIP yang telah disediakan

3. Tekan Tombol Inquiry yang berada di samping kanannya

4. Data Siswa Muncul. Usai tombol inquiry anda klik maka secara otomatis akan muncul data rinci siswa pemegang kartu KIP. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir hingga nomor KIP siswa tersebut. Perhatikan dengan benar setiap data yang dimunculkan. Apabila sudah benar maka anda bisa tenang, namun kalau ada yang keliru maka segeralah lakukan perbaikan data.

Ingat ya, dalam input data nomor KIP harus benar. Jika ada salah dalam menginput nomor meskipun satu saja, itu akan mengakibatkan data Invalid. Artinya data tersebut tidak ditemukan. Hal ini sangat wajar, mengingat setiap rangkaian digit nomor yang tertera dalam KIP tidak bisa diubah sedikitpun.

Kesalahan yang banyak terjadi adalah ketika menginput angka Nol (0) atau huruf o. Mengapa demikian? sebab penulisan keduanya di KIP hampir sama, sehingga agak menyulitkan banyak operator baik saat mengecek data atau menginputnya ke dalam dapodik. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan aplikasi scanner barcode yang bisa diinstal ke dalam gadget anda.

Demikian informasi mengenai Cara Mengecek Nomor KIP yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengecek Nomor KIP"

  1. KOQ G BISA DIBUKA Y ALAMAT URL PENGECEKAN NO. KIP NYA??

    BalasHapus