Mengenal Apa itu Aplikasi MPD SMK


Apa itu Aplikasi MPD SMK - Sahabat SMK, melalui website resmi PSMK telah dirilis sebuah aplikasi baru bernama Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK.

Nah bagi anda yang belum memahami apa itu Aplikasi MPD SMK berikut ini kami akan menjelaskan secara detail.

 Mengenal Apa itu Aplikasi MPD SMK


Aplikasi MPD SMK adalah sebuah aplikasi/perangkat lunak yang berbasis pada website yang mempnyai fungsi sebagai manajemen penilaian yang menyeluruh (komperehensif) dan terpadu guna untuk menyusun suatu laporan capaian kompetensi dari para peserta didik atau yang selama ini dikenal sebagai Rapor di sebuah satuan pendidikan khusus pada di tingkat satuan pendidikan SMK.

Silahkan Klik Link Berikut: Download Aplikasi MPD SMK

Aplikasi MPD SMK ini dikembangkan dengan mengacu pada berbagai kaidah mengenai sistem penilaian pada sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dikeluarkan oleh piha Direktorat Pembinaan SMK dan juga bisa diimplementasikan pada suatu satuan pendidikan/sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Aplikasi MPD SMK diciptakan dengan maksud utama sebagai pengaya, pendukung dan juga alternatif dari aplikasi serupa yaitu Aplikasi e-Rapor SMK yang sudah dirilis oleh pihak Direktorat Pembinaan SMK sebelumnya.

Secara teknis penggunaannya, Aplikasi MPD SMK sengaja didesain agar terintegrasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen yang dikeluarkan oleh pihak Setditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Aplikasi MPD SMK ini memakai data yang berasal dari Aplikasi Dapodikdasmen sebagai sumber data atau referensi. Selain itu, aplikasi ini juga mengirimkan nilai akhir/Rapor menuju ke dalam Aplikasi Dapodik (Eksport.

Pada tahap awal Aplikasi MPD SMK yang resmi dirilis ialah versi 2017 yang bisa terintegrasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017.

Sama seperti aplikasi lainnya, Aplikasi MPD SMK akan terus dikembangkan, disempurnakan dan dilakukan berbagai penyesuian sejalan dengan perkembangan yang ada di dalam Aplikasi Dapodikdasmen.

Nah dari penjelasan tersebut secara sederhananya, Aplikasi MPD SMK sama halnya dengan e-Rapor SMK yang berfungsi untuk pembuatan rapor.

Latar Belakang Pembuatan Aplikasi MPD SMK

Aplikasi MPD SMK ini dibuat mengacu pada permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 yang membahas tentang Standar Penilaian Pendidikan. Di dalamnya telah mengamanatkan bahwa penilaian oleh Pendidik harus dilakukan melalui beberapa tahap meliputi tahap perencanaan, penilaian, dan juga laporan hasil penilaian.

Maka dari itu tugas seorang pendidik/guru  ialah melakukan berbagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi yang akan dipergunakan sebagai dasar dalam upaya mengukur pencapaian hasil belajar dari para peserta didik, dan akan dipergunakan untuk melakukan penilaian pencapaian kompetensi dari para peserta didik, sebagai bahan untuk melakukan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar serta memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan

Tugas yang sangat berat memang, maka dari itu dalam rangka untuk melaukan peningkatan kualitas mutu pendidikan dan membantu tugas dari para pendidik dalam melakukan proses penilaian maka sangat dibutuhkan sekali adanya tools/alat guna bantu mereka dalam melaukan penilaian.

Sehingga proses pengolahan dan pelaporan penilaian yang dilakukan pendidik bisa dilakukan secara cepat, transparan, dan akurat juga .

Atas dasar latar belakang tersebut I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd seorang guru yang berasal dari dari Kabupaten Karangasem Propinsi Bali beserta para timnya mengembangkan sebuah aplikasi manajemen penilaian yang selanjutnya diberikan nama Aplikasi Manajemen Penilaian Digital atau disingkat MPD untuk SMK.

Silahkan Download: Pedoman Penggunaan Aplikasi MPD SMK

Aplikasi MPD SMK dikembangkan berdasarkan dari pengalaman I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd sebagai seorang pendidik dengan membuat berbagai macam fitur yang informatif, komunikatif, dan juga komprehensif (menyeluruh) yang memberikan gambaran mengenai hasil belajar dari para peserta didik.

Mengusung sebuah moto yang luar biasa yaitu Dari guru, oleh guru, dan untuk guru, Bapak I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd beserta para timnya mendedikasikan Aplikasi MPD SMK sepenuhnya sebagai bentuk sumbangsih untuk kemajuan pendidikan khususnya jenjang pendidikan SMK di Indonesia yang bisa dipergunakan secara Gratis.

Demikianlah informasi tentang Mengenal Apa itu Aplikasi MPD SMK yang bisa kami sampaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel