Cara Verval Data di SIM PKB

Beberapa waktu yang lalu saya telah memposting sebuah artikel tentang Cara Mendaftar Komunitas SIM PKB. Bagi anda yang belum tahu, silahkan membacanya terlebih dahulu ya.

Terutama bagi anda yang mengikuti Program Guru Pembelajar (GP) Moda Daring. Sebab SIM PKB merupakan pengganti dan tindak lanjut dari program GP Moda Daring.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika mendaftar SIM PKB adala Verifikasi dan Validasi (VerVal) Data di SIM PKB. Hal ini wajib dilakukan supaya dapat melakukan registrasi ke dalam komunitas.

Cara Verval Data di SIM PKB


Bagi Bapak/Ibu Guru yang bertugas menjadi Instruktur GP Moda Daring maupun Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diharapkan supaya memberikan informasi kepada rekan-rekan guru yang lain agar segera melakukan verval data masing-masing di SIM PKB yang dulu dikenal dengan SIM GP Moda Daring.

Perlu anda ketahui bersama, supaya bisa mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PKB (yang dahulu bernama GP/Guru Pembelajar), masing-masing wajib masuk terlebih dahulu ke dalam komunitas.

Mereka harus mendaftarkan diri ke dalam komunitas melalui wesbsite www.sim.gurupembelajar.id atau juga bisa menggunakan www.simpkb.id (saya anjurkan menggunakan website simpkb saja) melalui dinas pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Adapun Komunitas yang dimaksud ialah KKG untuk guru jenjang SD, MGMP untuk para guru Mata Pelajaran (Mapel), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) untuk para guru BK.

Sesudah anda resmi terdaftar ke dalam komunitas, maka selanjutnya setiap Ketua Komunitas akan menambahkan para anggota di dalam komunitasnya. Kemudian mencetak hasil dari "Surat Pemberitahuan Akses Layanan" yang kemudian akan diserahkan kepada setiap anggota komunitas untuk digunakan login ke dalam akunnya masing-masing.

Nah maka dari itu segera saja ya, anda melakukan verval Data SIM PKB. Silahkan berkoordinasi dengan ketua komunitas guru sesuai jenjang pendidikan yang anda ampu.  Sebab program SIM PKB 2017 memang berbasis kepada Komunitas Guru/Pokja (KKG/MGMP.

Lantas, Bagaimana Cara Verval Data di SIM PKB untuk guru pembelajar?

VerVal data SIM PKB ini dilakukan dalam rangka untuk persiapan pelaksanaan PKB Guru pada Tahun 2017. Sehingga sifatnya harus dilakukan

Adapun tahap-tahap melakukan verifikasi dan validasi data SIM PKB adalah sebagai berikut:

  • Pertama bukawebsite Guru Pembelajar di alamat https://sim.gurupembelajar.id/
  • Di halaman Login Guru Pembelajar silahkan Klik Tombol Registrasi Akun yang berada di bawah Tombol Login
  • Lalu Klik Tombol “Cari No UKG” atau anda juga bisa langsung menuju link berikut ini: https://app.simpkb.id/akun/ptk
  • Pilihlah Propinsi dan Kota di mana anda mengajar, kemudian ketik nama guru
  • Bagi para Guru yang belum melakukan UKG mempunyai Nomor UKG yang diawali dengan angka 2016
  • Apabila Nomor UKG telah berhasil ditemukan, lalu klik Tombol “Kembali ke Login”
  • Klik Tombol “Registrasi Akun”
  • Masukanlah Nomor UKG dan tempat lahir, kemudian silahkan cetak akun anda
  • Selesai. Proses Verval Data SIM PKB berhasil dilakukan.

Sesudah anda memiliki akun, silahkan melakukan login dan seger perbarui data profil guru yang sesuai dengan kondisi sekarang ini.

Untuk pelaksanaan Tes Awal kemungkinan besar akan dilkasanakan pada bulan juni, namun sampai saat ini belum pasti apakah pelaksanaannya di awal atau akhir bulan.

Jadi sesudah tanggal 31 Mei anda masih tetap bisa memasukkan anggota ke dalam komunitas. Ini dilakukan untuk jaga-jaga saja lantaran jadwalnya belum pelaksanaannya belum pasti. Sehingga alangkah baiknya jika anda segera saja melakukan verifikasi dan validasi data SIM PKB. Terutama bagi anda yang belum melakukan UKG atau telah ganti Mata Pelajaran. Sebab ini ini merupakan informasi resmi dari p4tk.

Sekian informasi mengenai Cara Verval Data di SIM PKB yang benar. Ingat ya, segera saja lakukan verval data diri anda.

1 komentar so far

Bagaimana jika terlanjur verval mapel kelas atas mau ganti mapel kelas bawah SD?


EmoticonEmoticon