Cara Mencari Nomor UKG di SIMPKB

Tahukah anda, bahwa di dalam Aplikasi Dapodik versi 2018 Nomor UKG harus dimasukkan ke dalam Dapodik?

Bagi anda yang masih mengingat nomor UKG-nya, tentu hal ini tidak masalah. Namun bagaimana dengan bapa/ibu guru yang lupa nomor UKG?

Cara Mencari Nomor UKG di SIMPKB


Nah jika anda lupa tentang nomor UKG, maka silahkan anda simak artikel yang berjudul Cara Mencari Nomor UKG  di SIMPKB ini dengan baik.

Namun sebelumnya, saya akan menjelaskan kepada anda semua mengenai apa itu yang dinamakan SIMPKB.

Artikel Terkait: Jadwal PKB Guru Penjas, BK dan Guru Kelas SD 2017

Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) adalah sebuah Sistem Informasi yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbus) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan (Dirjen GTK) dalam upayanya untuk peningkatan kompetensi para guru.

Maka dari itu, sejalan dengan hal itu perlu dilakukan pemetaan terhadap kompetensi guru sudah dilakukan dengan Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dan juga profesional guru pada akhir tahun 2015 yang lalu.

Guna untuk mendukung program Pengembangan terhadap Keprofesian secara Berkelanjutan bagi Guru, maka di dalam Aplikasi Dapodik dasmen v.2018 mewajibkan untuk melakukan pengentrian terhadap Nomor UKG di dalam apalikasi Dapodik.

Cara Mencari Nomor UKG  di SIMPKB


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, pengentrian nomor UKG memang hal yang mudah, masalahnya muncul ketika ada guru yang lupa berapa nomor UKG yang dia laksanakan pada tahun 2015 lalu itu.

Nah, bagi anda yang lupa nomor UKG, saat ini bisa di cek melalui SIM PKB. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuklah ke dalam website SIM PKB dengan alamat berikut ini : https://app.simpkb.id/akun/ptk, nanti akan muncul seperti gambar nomor 1 di atas
  • Klik Tombol “Cari GTK” yang berwarna biru tersebut
  • Masukkanlah data Nama Bapak/Ibu Guru dengan benar
  • Pilihlah Nama Provinsi di mana anda melakukan UKG 
  • Pilihlah Nama Kabupaten/Kota di mana anda melakukan UKG
  • Lalu Klik pada Tombol Cari GTK, sehingga akan muncul data UKG anda seperti pada gambar nomor 3 di atas
  • Setelah nomor UKG diketahui, Silahkan anda Catat baik-baik nomornya jangan sampai lupa lagi. Berikanlah nomor UKG anda kepada Operator dapaodik Sekolah supaya dientrikan ke aplikasi Dapodikdasmen.
Demikianlah informasi mengenai Cara Mencari Nomor UKG di SIMPKB yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencari Nomor UKG di SIMPKB"

Posting Komentar