KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK
Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 SMA/MA/SMK.
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
Kompetensi
Inti 3 (Pengetahuan)
|
Kompetensi
Inti 4 (Keterampilan)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan
faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan
rasa ingintahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya,
dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban
terkait
penyebab fenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji
dalam ranah konkret dan
ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara
mandiri, bertindak secara
efektif dan
kreatif, dan mampu
menggunakan
metode sesuai kaidah
keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
|
3.1 Mengenal lebih dalam
integrasi antar
aplikasi office (pengolah
kata, angka,
presentasi).
|
4.1.1 Membuat laporan yang
membutuhkan integrasi objek
berupa teks, data dalam
bentuk
angka maupun visualisasi
chart/grafik, gambar/foto.
4.2.1 Memakai fitur lanjut
aplikasi office.
|
Teknik
Komputer
|
|
3.2.1 Memahami interaksi
antara
perangkat keras, perangkat
lunak
dan pengguna.
3.2.2 Mengenal jenis-jenis
persoalan
terkait penggunaan komputer
yang
lebih kompleks dari
sebelumnya.
|
4.2 Melakukan interaksi
(transfer data,
tethering) antara dua atau
lebih
perangkat yang berbeda.
|
Jaringan
Komputer/Internet
|
|
3.3 Mengenal jaringan
komputer lebih
teknis.
|
4.3.1 Menjelaskan komponen
jaringan
dan mekanisme yang terjadi
dalam
sebuah jaringan.
4.3.2 Menjelaskan
jenis-jenis jaringan
komputer
|
Analisis
Data
|
|
3.4 Memahami bahwa data
dapat
dikoleksi secara kontinyu
dan
otomatis melalui berbagai
perangkat.
|
4.4 Melakukan berbagai cara
pengumpulan data yang
dijelaskan di
kelas
|
3.5 Memahami aspek privasi
dalam
pengumpulan data.
|
4.5 Mengambil dan
mempublikasi data
dengan memerhatikan aspek
privasi.
memanfaatkan fitur
visualisasi dari
pengolah angka
|
3.6 Memahami data yang
terkumpul
dalam jumlah besar yang
dapat
ditransformasi,
digeneralisasi,
disederhanakan.
|
4.6 Memroses data dengan
fitur lanjut
pemroses angka.
|
3.7 Mengenal berbagai cara
visualiasi
data.
|
4.7 Memvisualisasikan data
dalam
jumlah besar serta
memberikan
interpretasi yang
berdasarkan
penalaran dan prediksi data
dengan
|
Algoritma
dan Pemrograman
|
|
3.8.1 Mengenal notasi
algoritma.
3.8.2 Mengenal
struktur/templates
program dalam bahasa yang
diajarkan.
3.8.3 Memahami variabel,
value,
konstanta, ekspresi dan
instruksi
input/output.
3.8.4 Memahami mekanisme
eksekusi kondisional dan loop.
3.8.5 Memahami struktur
data dasar
(array sederhana).
|
4.8.1 Menulis program
sederhana
dengan satu program utama
yang
memakai salah satu atau
gabungan
dari pengetahuan 3.8.1
sampai
dengan 3.8.5
4.8.2 Mengkombinasikan
struktur
kontrol dan mengetahui
akibatnya,
berdasarkan dengan
pengathuan
3.8.1 sampai dengan 3.8.5
|
Dampak
Sosial Informatika
|
|
3.10.1 Mengenal Aspek
sosial dari
penggunaan komputer.
3.10.2 Mengetahui bahwa
rancangan dan
penggunaan teknologi dapat
memperbaiki kualitas hidup
atau
memperburuk, bahkan
memperlebar kesenjangan
untuk
mengakses informasi.
|
4.10 Menunjukkan dan
menjelaskan
kasus-kasus sosial dari
implementasi produk TIK
yang
menimbulkan dampak positif
dan/atau negatif.
|
Berpikir
Komputasional (Tematis)
|
|
3.11 Computational Thinking
untuk
menyelesaikan persoalan
yang
lebih kompleks dari
sebelumnya,
yang membutuhkan
dekomposisi,
abstraksi dan representasi
data,
serta berpola.
|
4.11 Memecahkan persoalan
agak
kompleks yang membutuhkan
dekomposisi, abstraksi dan
representasi data serta
berpola.
|
Praktik
Lintas Bidang (Tematis)
|
|
3.12 Cross-Cut Component,
Capstone
(Integrasi pengetahuan dan
keterampilan), Praktek
|
4.12.1 Membina Budaya kerja
masyarakat
digital dalam tim yang
inklusif.
4.2.2 Berkolaborasi untuk
melaksanakan
tugas dengan tema
komputing.
4.12.3 Mengenali dan
mendefinisikan
Persoalan yang pemecahannya
dapat didukung dengan
komputer.
4.12.4 Mengembangkan dan
menggunakan abstraksi.
4.12.5 Mengembangkan
Artefak
komputasional (produk TIK):
Siswa
mampu membuat program
sederhana untuk menunjang
komputasi yang dibutuhkan
di
pelajaran lain.
4.12.6 Mengembangkan
rencana
pengujian, Menguji dan
mendokumentasikan hasil uji
artefak Komputasional
(produk
TIK).
4.12.7 Mengkomunikasikan
suatu proses,
fenomena, solusi TIK dengan
mempresentasikan, memvisualisasikan
serta
memerhatikan Hak kekayaan
intelektual.
|
Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.