Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK

Bapak ibu guru semuanya, seperti yang telah kita ketahui bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK).

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pencatatan terhadap kehadiran secara online untuk para guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK


Adapun proses pencatatan data kehadiran ini dilaksanakan oleh sekolah yang telah terhubung dengan internet secara langsung.

Untuk versi awal, proses pencatatan kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan bisa dilaksanakan secara harian dan juga dapat juga dilakukan mingguan ataupun bulanan.

Agar bisa mencatatkan kekadiran guru ke dalam sistem aplikasi, ada dua user yang bisa dipakai sebagai hak akses ke dalam Aplikasi DHGTK, yaitu:

  1. Login dengan menggunakan userid kepala sekolah 
  2. Login dengan menggunakan userid operator dapodik 

Kedua userid tersebut akan terupdate datanya secara langsung melalui data yang terdapat pada aplikasi dapodik (baik aplikasi Dapodikdasmen maupun aplikasi Dapodikpaud.)

Apabila terdapat perubahan userid dan jugapassword maka dilakukan melalui aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Perubahan userid dan juga password yang dilakukan melalui aplikasi dapodik akan terakomodir secara langsung di dalm Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan sesudah dilakukan proses syncronisasi.

Data pengguna yang diubah itu akan terupdate secara otomatis di dalam sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron dapodik.

Download Panduan Aplikasi DHGTK

Untuk bapak ibu kepala sekolah yang masih bingung mengenai cara menggunakan aplikasi DHGTK, maka alangkah baiknya anda membaca panduannya terlebih dahulu.

Saat ini Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud telah membuat buku panduan penggunaan aplikasi DHGTK.

Buku ini berisikan cara teknis pemanfaatan aplikasi presensi online. Sehingga diharapkan semua sekolah bisa memakai dan menggunakan aplikasi ini dengan baik dan benar.

Adapun Panduan Aplikasi DHGTK bisa anda unduh pada file di bawah:

SIMPAN FILE

Demikianlan informasi mengenai Panduan Aplikasi DHGTK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK"

Posting Komentar