Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP

Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP. Sobat Operator Dapodik Sekolah di Indonesia, saat ini pembahasan mengenai Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) sedang gencar-gencarnya. Wajar saja, mengingat ini merupakan sebuah aplikasi yang terbilang anyar. Sebab baru-resmi dirilis beberapa minggu yang lalu.

Karena masih sangat baru, para operarator sekolah diharapkan untuk selalu menyimak kabar terbaru terkait dengan Aplikasi PMP. Mengapa harus demikian? Karena hingga saat ini, LPMP pusat telah melakukan beberapa kali pembaruan tujuannya untuk menyempurnaan aplikasi PMP. Sehingga tidak ditemukan lagi Bug Aplikasi dalam sistem ini.

Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP secara Online
Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP secara Online.


Pembaruan Aplikasi PMP dirasa sangat penting sekali, pasalnya dalam versi awalnya aplikasi ini cukup membuat operator sekolah pusih tujuh keliling. Penyebabnya adalah kegagalan sistem yang membuat berbagai menu tidak bisa digunakan secara maksimal.

Misalnya saja, dalam kuesioner bagian C pertanyaan tidak bisa muncul seluruhnya. Tampilan kuesioner seketikan henk (eror) ketika dibuka. Akibatnya, tidak semua pertanyaan dapat dijawab dan diisi dengan benar.  Kuesioner pun tak bisa divalidasi sehingga tak dapat dikirim ke server pusat. Maka dari itulah perlu dilakukan pembaruan aplikasi.

Untuk melakukan pembaruan apliaksi PMP, anda bisa menggunakan tiga cara yaitu dengan cara cek Pembaruan secara Online, Menggunakan updater versi terbaru dan installer aplikasi PMP terbaru. Ketiga cara tersebut memiliki langkah yang berbeda-beda. Supaya lebih jelas, perhatikan penjelasan berikut ini dengan seksama.

Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP

a. Cek Pembaharuan Aplikas PMP secara Online

Untuk melakukan pembaruan aplikasi PMP secara online anda harus login ke aplikasi terlebih dahulu. Pada halaman beranda arahkah kursor ke Tombol Cek Pembaruan Online berwarna biru yang berada di sebelah kanan bagian atas.

Setelah anda klik tombol tersebut, nanti akan muncul pemberitahuan bahwa pembaruan tersedia. Pilih Tombol Lanjutkan, maka sistem akan memproses pembaruan tersebut. Ingat Pembaruan secara online ini hanya bisa dilakukan jika PC terkoneksi dengan internet.

Gunakan internet yang memiliki jaringan stabil supaya dalam proses pembaruan dapat berhasil. Usai melakukan pembaruan dan sukses, silahkan refresh PC anda dengan menekan ctril+F5 di keybord serta menghapus data penelusuran di PC. Seketika aplikasi anda akan berubah menjadi versi terbaru.

b. Menggunakan Updater PMPVersi Terbaru

setiap ada update pembaruan aplikasi PMP pasti akan diumumkan secara resmi dalam website dapodikdasmen atau PMP. File updater dapat anda unduh di kedua website tersebut. Lokasinya berada pada menu unduh. Ingat, karena ingin mengupdate maka yang harus anda unduh adalah updater bukan installer.

Usai berhasil mengunduh file updater/patch aplikasi PMP, kemudian harus anda instal. Caranya, klik dua kali pada software kemudian pilih run. Biarkan saja proses instalasi berjalan sampai selesai. Selama proses tersebut berlangsung jangan mematikan PC karena bisa berakhir dengan kegagalan.

Anda hanya perlu menekan tombol lanjut dan pasang sampai proses updater selesai dan sukses. Setelah berhasil maka akan muncul keterangan proses pembaruan berhasil dan aplikasi anda sekarang telah diperbarui.

c. Menggunakan Installer PMP Versi Terbaru

Installer PMP versi terbaru hanya diperuntukkan bagi mereka yang belum pernah menginstal aplikasi PMP di PC. Untuk langkah-langkahnya sudah pernah saya tuliskan di bab cara instalasi aplikasi PMP. Kendati demikian, agar proses instalasi berjalan dengan lancar ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yaitu:

1. Melakukan Backup dan Kirim Data PMP. Supaya jika ada kerusakan data bisa dikembalikan

2. Uninstal PMP versi sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada dua software installer PMP dalam 1 PC. Karena akan berakibar fatal yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan.

3. Lakukan instalasi Aplikasi PMP versi terbaru menggunakan file installer yang sudah anda unduh

4. Tunggu sampai proses instalasi berakhir.

Demikian informasi mengenai Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP yang bisa saya berikan. Semoga dapat membantu anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Pembaharuan Aplikasi PMP"

Posting Komentar