Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4

Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4. Sahabat Operator Dapodik di  manapun anda berada, mulai tahun pelajaran 2016 pekerjaan operator Dapodik kian bertambah banyak saja. Selain harus menyelesaikan tugas input data di Dapodik yang sangat banyak, seorang operator juga harus mengisi kuesioner Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau yang biasa disingkat PMP.

Perlu diakui, jika mengisi kuesioner PMP juga pekerjaan berat. Sebab di dalamnya terdapat 5 komponen sekolah yang meliputi Komite Sekolah, Pengawas, Kepala Sekolah, PTK dan Peserta Didik. Masing-masing komponen harus menjawab kuesioner yang jumlahnya mencapai hingga 500 pertanyaan. Bayangkan saja berapa lamanya untuk menyelesaikan semua input pertanyaan di Aplikasi PMP.

Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4
Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4.


Apalagi, selama resmi dirilis, Aplikasi PMP terdapat berbagai ketidaksempurnaan. Banyak Bug (Kesalahan) Aplikasi yang kian membuat kerja operator Dapodik menjadi terhambat. Kesalahan aplikasi tersebut misalnya ada kuesioner yang tidak keluar di aplikasi, adanya system yang heng, dan yang paling banyak dikeluhkan ialah gagl Login Aplikasi PMP.

Kali ini saya akan berbagi tips Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4. Kasus ini banyak dialami oleh para operator Dapodik. Dalam berbagai perkumpulan operator di media sosial banyak yang menanyakan penyebab gagal Login PMP 1.4 dan bagaimana Solusinya? Permasalahan ini nampaknya dialami hampir seluruh operator dapodik di seluruh Indonesia.


Penyebab Gagal Login PMP 1.4

Berdasarkan riset yang saya lakukan, Penyebab Gagal Login PMP 1.4 dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Kasus username tidak ditemukan

Kasus ini terjadi pada versi 1.3 ke bawah. Solusinya yaitu perlu dilakukan update Aplikasi menjadi versi 1.4. Anda hanya perlu melakukan updater. File updater bisa anda unduh di website dapodikdasmen pada menu Unduhan. Ingat! Yang harus anda download haruslah updater PMP 1.4 bukan Installer. Sebab anda sebelumnya sudah menginstal Aplikasi PMP.

b. Kasus tidak dapat terhubung dengan dapodik

Kasus tidak dapat terhubung dengan dapodik, bisa terjadi karena dua hal. Pertama, hal ini dapat disebabkan oleh aplikasi dapodik yang belum diupdate menjadi versi 2016b terbaru. Untuk itu, silahkan pastikan terlebih dahulu anda mengupdate Aplikasi Dapodik anda menjadi versi 2016b. Updater Dapodik versi 2016b bisa anda unduh di website dapodikdasmen.

Kedua, disebabkan karenan service dapodikDB dalam status started/running. Jika ini yang terjadi cara mengatasinya ialah sebagai berikut:

1.    Ketik service pada tombol start di PC anda, lantas mucul menu service kemudian klik menu tersebut

2.    Cari file yang bernama dapodikDB dan pastikan dalam keadaan status started/running

3.    Jika pada kolom status belum muncul keterangan started/running maka klik file dapodikDB kemudian klik tombol start yang ada di samping kiri.

4.    Setelah status berubah started/running, maka itu tandanya Aplikasi PMP anda sudah bisa digunakan dengan lancer dan tidak jadi error lagi.

Secara umum terdapat dua hal yang menyebabkan kegagalan dalam melakukan login di Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan. Kesalahan tersebut bisa berasal dari sistem yang memang belum sempurna dan kesalahan manusia dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Apabila yang terjadi karena kesalahan sistem, maka solusinya hanyalah menunggu perbaikan dan pembaruan dari pusat. Namun apabila terjadi karena kesalahan saat mengoperasikan, berati anda bisa memperbaikinya segera.

Saran saya, dalam menggunakan aplikasi PMP anda perlu membaca manual penggunaan aplikasi terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk memandu anda selama proses menggunakan PMP agar benar dan sesuai juknis yang berlaku.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4 yang bisa saya sampaikan. Segera atasi persoalan kegagalan melakukan login dengan beberapa langkah yang sudah dijelaskan tadi. Berdasarkan pengalaman saya, semua tahap tersebut terbukti bisa berjalan. Sehigga aplikasi PMP bisa digunakan secara lancar.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP 1.4"