Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP

Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP. Sahabat operator Dapodik di seluruh, semenjak aplikasi PMP di update menjadi versi 1.4 banyak rekan-rekan operator yang bingung mengenai Jumlah Responden yang harus mengisi kuesioner PMP. Sebab di aplikasi terbaru, pada Menu Verifikasi dan Kirim Data sudah tidak ada lagi keterangan jumlah responden yang harus mengisi.

Lantas, apakah semua unsur sekolah mulai dari Komite, Pengawas, Kepala Sekolah, semua PTK dan semua Peserta Didik harus mengisi PMP? Tentu jika hal ini wajib dilakukan menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan. Terutama bagi yang memiliki peserta didik dengan jumlah yang sangat banyak. Bayangkan saja jika dalam sekolah terdapat 1.000 siswa, apabila mereka semua wajib mengisi sungguh tidak bisa dibayangkan betapa lamanya waktu mengisi kuesioner ini.

Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP
Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP.


Untuk menjawab persoalan tersebut, saya akan menjelaskannya melalui artikel berikut ini. Yang perlu anda ketahui pertamak ali saat ingin mengisi kuesioner PMP adalah, Siapa saja unsur yang menjadi responden dalam pengisian instrumen PMP?

Unsur-unsur yang menjadi responden terdiri dari 5 yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, peserta didik, dan komite (perwakilan orang tua siswa). Semua komponen tersebut wajib mengisi data PMP, supaya data bisa diverifikasi dan dikirim. Apabila satu saja tidak mengisi, maka data tidak bisa dikirim ke server pusat.

Lalu, berapa jumlah responden yang harus mengisi pada setiap komponen tersebut?

Perlu anda fahami, setiap jenjang sekolah mulai dari dasar hingga menengah (SD, SMP, SMA/SMK). Berikut ini Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP:

1. Kepala Sekolah jumlah 1 orang, login menggunakan email dan password Aplilasi PMP

2. Pengawas Sekolah jumlah 1 orang, anda perlu menambah pengguna terlebih dahulu. Isi semua data yang diperlukan sebagai dasar pembuatan akun pengguna pengawas di sekolah anda

3. Guru SD  6 orang mewakili masing-masing tingkat kelas (kelas 1 – 6). Setiap kelas diwakili satu orang guru, sebab di SD yang dihitung hanya guru kelas.

4. Guru SMP/SMA/SMK jumlah responden minimal 1 orang / mata pelajaran mewakili keseluruhan tingkat kelas

5. Peserta didik SD jumlah responden minimal 10 orang / tingkat kelas (kelas 4,5,6)

6. Peserta didik SMP/SMA/SMK jumlah responden minimal 10 orang / tingkat kelas

7. Komite jumlah responden minimal 1 orang /tingkat kelas

Dari aturan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa jumlah minimal responden yang harus mengisi kuesioner PMP di masing-masing sekolah berbeda. Hal ini tergantung jumlah tingkat kelas dan rombongan belajar yang ada di sekolah. Semakin banyak kelas maka semakin banyak pula yang harus mengisi kuesioner. Yang terpenting adalah kelima unsur tadi terisi semua.

Kendati demikian, tidak ada salahnya juga semua siswa dan PTK dalam sebuah sekolah ikut serta mengisi kuesioner. Ini justru akan semakin baik. Hanya saja anda perlu bekerja cerdas dengan memanfaatkan banyak PC untuk mengerjakan PMP ini secara bersama-sama

Ada juga beberapa kasus sekolah yang belum memiliki Kepala Sekolah, siapa yang mengisi instrumen Kepala Sekolah? Jika sekolah anda mengalami hal ini, lantas yang harus mengisi instrumen kepala sekolah adalah PLT Kepala Sekolah yang ditunjuk oleh pihak berwenang (Sekolah negeri oleh dinas, sekolah swasta oleh ketua yayasan.

Demikian penjelasan mengenai Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP. Semoga dapat memberi pemahaman bagi para operator sehingga proses pengisian PMP dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jumlah Responden yang Harus Mengisi PMP"

Posting Komentar